7 Langkah Simpel Belajar Koreografi Dance

Belajar koreografi emang seru, tapi pastinya bakal lebih seru lagi kalau kamu tau hal penting apa aja yang harus kamu perhatikan.

Dalam belajar koreografi, tentunya kamu nggak cuma sekedar mengingat gerakan dan praktek biar benar-benar paham dan jago dance.

Apa aja ya yang harus kamu ingat dalam belajar koreografi dance? Yuk baca artikelnya dari HAHO!

Tonton Dulu, Praktek Kemudian

Bukan hal yang aneh kalau kamu ingin langsung masuk ke tahap praktek gerakan dalam belajar koreografi. Tapi sebelum praktek, kamu sebaiknya benar-benar paham dan hapal gerakannya terlebih dahulu.

Pahami tiap gerakan dansa sebelum masuk ke tahap praktek. Sumber: Pexels.

Pelajari Secara Bertahap

Kamu bakal lebih cepet ngerti keseluruhan koreografi yang kamu pelajari kalau kamu mempelajarinya secara step-by-step. Kamu bisa melakukannya dengan mempelajari nggak lebih dari 3 bagian dance setiap kali latihan.

Pelajari koreografi secara bertahap, pahami tiap bagiannya. Sumber: The Rockettes.

Jangan Belajar dengan Buru-Buru

Belajar secara perlahan, pastikan kamu familiar dengan setiap gerakan dance yang kamu pelajari. Dengan cara ini, kamu nggak hanya sekedar tahu gerakannya, tapi juga memahami apa inti dari gerakan yang kamu pelajari.


Baca Juga: Seberapa Menjanjikan Pekerjaan Dancer di Indonesia?


Latihan Berulang Kali

Gak mungkin cukup kalau kamu hanya sekedar mengikuti apa yang koreografer instruksikan. Setelah sesi latihan selesai, ulangi sendiri apa yang sudah kamu pelajari, istirahat selama 10 menit, lalu lakukan lagi. Dengan begini, kamu bisa mengurangi potensi untuk lupa gerakan dalam dansa.

Buat Aba-Aba Personal, Bukan Eksternal

Kamu nggak selalu harus menunggu aba-aba dari koreografer, jadi buatlah aba-aba dalam pikiranmu sendiri. Hal ini bisa melatih kamu untuk tidak selalu bergantung pada acuan eksternal baik dalam sesi latihan koreografi maupun performance di atas panggung.

Biasakan diri dengan tiap gerakan dansa, dengan atau tanpa koreografer. Sumber: Pexels.

Jangan Cepat Puas dengan Hasil

Berlatih koreografi emang cenderung mengulangi hal yang sama secara terus menerus, artinya kamu nggak boleh cepet bosen dan puas dengan hasil latihan kamu. Teruslah berlatih dengan atau tanpa koreografer, buat dirimu memahami tiap gerakan koreografinya di luar kepala.

Terus latihan dan jangan terlalu cepat puas dengan hasilnya. Sumber: Pexels.com

Beri Tantangan pada Dirimu Sendiri

Dengan memberi tantangan pada diri sendiri, kamu bisa mempelajari dan memahami koreografi yang kamu mau dengan cepat. Misalnya, kamu bisa menantang diri sendiri untuk mempelajari tiga bagian dance dalam waktu satu hari, atau seluruh bagian dalam waktu satu minggu.

***

Gimana, #DoGeneration? Setelah tau kiat-kiatnya, makin semangat buat latihan koreografi dong.

Kalau kamu ngerasa jago nge-dance atau ingin memperkenalkan diri di dunia koreografi, ayo gabung di HAHO.CO.ID!


Baca Juga:

Ini Dia 5 Sekolah Dance Terbaik di Jakarta!

danceDancerentertainmentkoreograferkoreografikreatif
Comments (0)
Add Comment