7 Hal Penting untuk Menjadi YouTube Gamer

Markiplier, contoh YouTube Gamer yang sukses. Sumber: YouTube.

Mungkin beberapa dari kamu menyangka kalau menjadi YouTube Gamer terkenal hanyalah keberuntungan semata.

Nggak juga, lho, ternyata ada banyak langkah dan cara untuk mempopulerkan nama kamu sebagai YouTube Gamer.

Apa aja, ya, cara-caranya? Nggak perlu bingung, HAHO bakal bantu kamu buat jadi YouTube Gamer di sini!

 

Temukan Tema Utama Channel Gaming Kamu

Apapun kontennya, sebuah channel YouTube akan lebih efektif jika video-video di dalamnya memiliki tema yang selaras. Apa kamu adalah YouTube Gamer yang me-review video game? Apa kamu akan memainkannya dan bereaksi pada setiap hal yang kamu temukan di dalamnya? Jika kamu bermain, apa kamu akan memainkan genre video game yang spesifik? Temukan tema dan format yang spesifik, hingga nantinya kamu akan lebih mudah menentukan video selanjutnya dan memberikan keyword untuk konten kamu.

 

Bayu Skak, salah satu YouTube Gamer Indonesia. Sumber: YouTube.

Jadikan Interaksi Penonton sebagai Prioritas

Untuk mengundang penonton agar semakin loyal pada gaming channel yang kamu buat, gunakan call-to-action pada setiap akhir video yang kamu upload untuk memancing penonton, misalnya seperti meminta mereka untuk subscribe ke channel kamu dan memberikan feedback melalui kolom comment. Jangan lupa hal yang penting, yaitu, lakukan juga interaksi dengan feedback tersebut, bicaralah pada penonton kamu, tunjukkan kalau kamu adalah YouTube Gamer yang menghargai penontonnya.

 

Buat Intro yang Singkat Namun Ikonik

Tingkatkan ketertarikan penonton dengan mengucapkan salam yang unik dan mudah diingat oleh penonton kamu. Cukup dengan durasi intro sepanjang 2-5 detik, kamu sudah bisa memberikan branding pada channel kamu tanpa harus terkesan membuang durasi total video kamu.

 


Baca Juga: Tips Oke Memulai Channel YouTube Kamu!


 

Hardware untuk Merekam Audio dan Video Game yang Kamu Mainkan

Menggunakan PC maupun Konsol, kamu sangat disarankan untuk berinvestasi pada game capture card agar kamu bisa merekam video game kamu ke format berkualitas tinggi. Kualitas video yang baik (HD) tentunya akan membantu kamu dalam menarik perhatian penonton dan membantu kamu terlihat lebih profesional dibandingkan gamer lainnya. Untuk audio, kamu sebaiknya menggunakan headset yang dibuat khusus untuk gaming, terutama jika kamu berfokus pada video tipe “Let’s Play” yang mendorong kamu untuk berkomentar sepanjang permainan.

 

Game Capture HD dan Logitech G533 Wireless, contoh hardware penting untuk pembuatan video gaming kamu. Sumber: The Zone Gamer/Logitech.

Software Video Editing

Jika kamu ingin menampilkan video dengan kualitas konten yang baik kepada penonton, tentunya kamu butuh software video editing yang tepat untuk mengolah materi. Misalnya, untuk membuat video kamu lebih menarik, kamu bisa menambahkan musik atau aspek lainnya seperti gambar atau ikon. Untuk membantu tahap ini, kamu bisa menggunakan program-program seperti Adobe After Effects, Adobe Premiere, Final Cut Pro atau Sony Vegas.

 

Perluas Networking di YouTube

Setelah mengklaim sebagai YouTube Gamer, secara tidak langsung kamu otomatis sudah menjadi bagian dari komunitas gamer di seluruh jaringan YouTube, jadi jangan pernah merasa malu untuk meminta support atau kolaborasi dengan YouTube Gamer lainnya. Hubungi mereka, dan mintalah pelajaran juga saran dari yang lebih berpengalaman. Jika ada kesempatan, unggahlah video kolaborasi antara kamu dan gamer lainnya sehingga kamu bisa lebih cepat mengundang audience lebih banyak lagi.

 

Promosikan Channel Kamu

Baik menggunakan media sosial yang kamu miliki atau melalui promosi yang diutarakan oleh para gamer di lingkungan kamu, sebarkanlah berita kepada audience kalau kamu memiliki channel gaming. Lebih bagus lagi, buatlah portal utama seperti website pribadi untuk mengumpulkan audience di satu tempat.

 

Nggak susah, ‘kan, persiapan untuk jadi gamer ngetop di YouTube?

Kamu punya ketertarikan untuk menjadi terkenal dengan cara main game? Gabung di HAHO.CO.ID buat memperlihatkan keahlian kamu!

 


Baca Juga: Hal-Hal yang Harus Dihindari Jika Ingin Bertahan di YouTube!


 

 

channel YouTubecontent youtubegamegamingvlogVloggeryoutube
Comments (0)
Add Comment