Hari Konsumen Nasional: Semua Harus Dilindungi!

Selamat Hari Konsumen Nasional! Hari ini HAHO akan membahas mengenai keamanan data konsumen.

Keamanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh penggiat startup. Pasalnya, saat ini big data menjadi hal berharga. Selain berisi tentang informasi lengkap, juga bisa kita temukan user behaviour.

Seringkali fokus Developer adalah bagaimana mengembangkan atau melengkapi fitur-fitur pada web app atau mobile app, namun mengesampingkan keamanan dari fiturnya sendiri.

Contoh kasusnya pada Agustus 2016 lalu, Yahoo! pernah mengalami kebocoran data sebanyak 500 user yang akhirnya membuat mereka kebingungan dan mengalami kerugian. Dilansir dari TechinAsia, Yahoo! segera melakukan antisipasi dengan meningkatkan keamanan agar user mengubah password dan menganjurkan untuk menggunakan Yahoo Account Key.

Hal ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Apalagi data konsumen adalah hal krusial yang harus dijaga kerahasiaannya agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Sistem penyimpanan data cloud memang memudahkan, namun di sisi lain tingkat keamanannya pun harus ditingkatkan.

Sylvi Gautama-Beauty Enthusiast HAHO
Sylvi Gautama, contoh Talent user di aplikasi HAHO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hal ini membuat HAHO serius dalam meningkatkan keamanan data user. Mengingat business model HAHO yaitu B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer), maka merekalah konsumen HAHO yang tentu tingkat keamanannya menjadi prioritas.

 

Backend Developer HAHO, Surya Eko Indrawan mengemukakan perihal keamanan yang dikembangkan baik pada web app atau mobile app HAHO. “Bentuk keamanannya adalah report account, password dan apply job yang terintegrasi dengan email, serta verifikasi akun dengan menggunakan kartu identitas.”

Diharapkan dengan adanya optimalisasi keamanan yang berkesinambungan pada aplikasi HAHO, dapat memberikan rasa aman serta kepercayaan kepada para pelaku industri kreatif dan entertainment. Melalui hal ini juga validitas data dapat ditingkatkan, sehingga para konsumen merasa aman saat menggunakan aplikasi HAHO.


Untuk segera menggunakan aplikasi HAHO, klik di sini!

 

 

You might also like