Kaleidoskop 2016: Prestasi Indonesia di Kancah Internasional

Prestasi Indonesia di kancah Internasional sepanjang tahun 2016 turut disumbang oleh anak muda.

Tahun 2016 ini anak-anak muda Indonesia semakin terlihat memaksimalkan kemampuan mereka di kancah Internasional. Hal itu didukung juga dengan fasilitas medium di ranah internet, salah satunya adalah YouTube. Promosi dan dukungan yang terus viral di internet seolah menjadi lecut semangat bagi anak muda untuk terus berkarya lebih baik lagi.

Siapa saja anak muda yang turut menyumbang prestasi Indonesia di kancah Internasional? Simak rangkuman HAHO berikut ini:

Indonesia Juara 2 PIala AFF 2016

Sumber foto: Tempo

Penampilan timnas Indonesia besutan pelatih Alfred Riedl tidak bisa dipandang sebelah mata. Thailand sempat terpuruk oleh kekalahan di laga final leg pertama di stadion Pakansar, Bogor, oleh Indonesia. Sumbangsih timnas yang turut mendongkrak prestasi Indonesia di kancah internasional patut diacungi jempol meskipun belum memboyong piala kemenangan, timnas berhasil keluar sebagai juara 2 Piala AFF 2016.

Rich Chigga, rapper Indonesia yang dilirik masyarakat dunia
Setelah merilis single “Dat $tick”, nama Brian Imanuel alias Rich Chigga jadi heboh sampai kebelahan benua lain. Kurang dari tiga minggu dirilis video Dat $tick menarik perhatian 600.000 penonton. Kepiawaiannya nge-rap banyak dipuji oleh musisi-musisi internasional diantaranya adalah Ghostface Killah, Tory Lanez, Desiigner, dan lainnya. Sampai majalah TIME juga melirik dan menulis sosok Rich Chigga, TIME menyebut lagu yang dibawakan Brian Immanuel “lumayan bagus”.

Rio Haryanto berlaga di F1

Rio Haryanto menjadi satu-satunya pebalap asal Indonesia yang mausk ajang F1 dan ini merupakan prestasi Indonesia yang baru dalam dunia balap. Meskipun pada pelaksanaannya, Rio banyak terkendala masalah uang dan berujung hanya mampu berpartisipasi dalam setengah musim, namun perjuangan Rio Haryanto luar biasa. Pujian dan dukungan mengalir deras untuk Rio.

Ariska Putri Pertiwi, Pemenang Miss Grand International 2016

Ariska Putri Pertiwi atau yang biasa disapa Ika merupakan perwakilan Indonesia dalam kontes Miss Grand International 2016 di Las Vegas pada 26 Oktober 2016. Pertama kali mengikuti ajang ini, Ika langsung dinobatkan sebagai pemenang. Sebelumnya cewek yang menekuni dunia modeling ini sejak usia 14 tahun ini terpilih sebagai runner-up 3 dalam ajang Puteri Indonesia 2016.

Joey Alexander kembali masuk nominasi Grammy Awards

Joey Alexander, kembali menjadi nomine Grammy Awards 2017 untuk kategori improvised jazz solo. Joey yang kini berusia 13 tahun disebut-sebut sebagai nomine terkuat untuk menyabet piala Grammy Awards 2017, lewat lagu Countdown. Joey Alexander adalah satu-satunya musisi Indonesia yang berhasil masuk nominasi Grammy Awards.

Baca Juga: Lagi! Joey Alexander Masuk Nominasi Grammy Awards 2017

Eka Kurniawan, mencatat sejarah di dunia penulis Indonesia

Novel berjudul Lelaki Harimau (Man Tiger) karya Eka Kurniawan, masuk dalam nominasi penghargaan buku terkenal Inggris, The Man Booker Prize 2016. Eka menjadi orang Indonesia pertama yang masuk dalam ajang yang disebut-sebut setingkat di bawah Nobel Sastra tersebut. Sederet penghargaan dikancah internasional berhasil dimenangkan Eka beberapa diantaranya adalah World Reader’s Award, Emerging Voice 2016 kategori fiksi.

Tantowi dan Liliyana sumbang medali emas di Olimpiade 2016

Pasangan ganda campuran asal Indonesia, Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir menyumbang emas untuk Indonesia dalam gelaran Olimpiade Rio 2016.

 

Semoga di tahun 2017, giliran kalian #DOgeneration yang menyumbang salah satu karya agar prestasi Indonesia terus lebih baik lagi di mata dunia.

You might also like