Ryan Ogilvy: Flawless Makeup dan New York Fashion Week

Ryan Ogilvy, sebuah nama yang saat ini sedang menarik perhatian karena prestasinya yang berhasil menjadi makeup artist Indonesia pertama di New York Fashion Week (NYFW) 2017.

Siapa menyangka bahwa Ryan Ogilvy, seorang putera negeri asal Pontianak, Kalimantan Barat berangkat dari latar belakang status sosial yang sangat sederhana.

Ryan OgilvyRyan Ogilvy adalah salah satu penata rias terkemuka di kalangan selebriti yang dikenal dengan riasan alami, tanpa cela, dan segar melalui akun instagramnya @ryanogilvy. Konsep yang ia usung terbilang beda dengan makeup artist lainnya, dan ia berhasil mengaplikasikan konsepnya pada setiap wajah yang ia rias. Konsep ini terinspirasi dari wajah cantik saat bangun tidur, segar ketika habis mandi, dan merona seperti sedang jatuh cinta.

Ryan Ogilvy

Profesi yang ia geluti saat ini berawal dari ketertarikannya dengan tabloid dan majalah terutama pada bagian cover, membuat keingintahuannya semakin mendalam untuk menggeluti setiap pekerjaan yang berada di balik pembuatan tabloid dan majalah seperti stylist, makeup artist, fotografer, dan model. Yang menarik adalah, semua prestasinya ia capai dengan tidak mudah dan penuh perjuangan.

Meniti Karir Sebagai Model Hingga Makeup Artist

Ryan Ogilvy

Ryan mengawali perjalanannya, saat dia masih duduk di bangku SMA. Pada tahun 2001, dia mengikuti pemilihan coverboy sebuah majalah remaja di Jakarta. Ryan pun lolos dan terpilih sebagai yang terfavorit, setelah itu dia kembali ke Pontianak untuk menyelesaikan pendidikannya.

Pada tahun 2003, Ryan menjejakkan kakinya kembali di Jakarta dan memutuskan untuk mengambil kuliah D1 dengan jurusan Public Relation. Setelah lulus, Ryan memerlukan biaya untuk kehidupannya. Dia mencoba melamar pekerjaan di sebuah butik desainer terkemuka.


Baca Juga: 6 Langkah Jadi MakeUp Artist Profesional!


Ryan Ogilvy

Dari tempat inilah Ryan berinteraksi dengan para selebriti sehingga terbesit pemikiran, “Mengapa selebriti perempuan sudah cantik, masih tetap memakai makeup yang begitu tebal?” hal tersebut yang membuatnya ingin merias wajah perempuan namun tetap terlihat tetap natural.

Ryan Ogilvy

Pada tahun 2005 Ryan mengikuti kursus tata rias. Saat tengah menjalani pendidikannya, salah satu perusahaan makeup asal Australia tengah mencari penata rias dia pun lolos tes. Keberuntungan pun masih setia melekat padanya, ia sempat dikirim ke Hongkong untuk mendalami ilmunya selama 3 tahun.

Ryan Ogilvy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama Ryan Ogilvy pun mulai dikenal setelah merias artis Dian Sastrowardoyo pada tahun 2006. Dari saat itulah ia mulai bekerja sama dengan artis papan atas lain seperti Sandra Dewi, Acha Septriasa, Shireen Sungkar, Shandy Aulia, dan artis papan atas lainnya.

Pada tahun 2007, Ryan berhenti bekerja dari perusahaan kosmetik asal Australia. Namun, ia tetap menjadi freelance makeup artist. Keinginannya untuk mendapatkan penghasilan tetap, membawanya pada beberapa pekerjaan seperti bagian pemasaran perusahaan celana jins, brand ambassador kosmetik, dan wartawan di salah satu tabloid selebriti.

Ryan Ogilvy

Selama 3 tahun dia menjalani sebagai wartawan dan freelance makeup artist, menjadikan jaringannya dengan artis semakin luas. Di tahun 2010 Ryan pun berhenti menjadi wartawan dan memutuskan untuk menekuni karier sebagai penata rias. Sehingga membuahkan prestasi bagi dirinya. Selain dikontrak eksklusif oleh salah satu brand kosmetik terbesar di dunia yaitu Maybelline, dia pun menjadi makeup artist Indonesia pertama yang ikut serta di NYFW 2017.

Know Your Passion, Follow It Through

Ryan Ogilvy adalah salah satu contoh figur yang berhasil mengikuti passion-nya dan gak menyerah di satu titik. Ia tahu persis bahwa untuk meraih kesuksesan tidaklah mudah. Banyak jalan yang ia tempuh dengan berbagai profesi yang berbeda, hingga akhirnya ia tiba di tujuan, dengan karir yang gemilang. Tapi tidak semerta-merta mengambil setiap kesempatan yang ada, langkah yang Ryan ambil sangat strategis. Ia menyelesaikan sekolahnya sebagai bekal untuk menunjang karirnya secara optimal, dan mempelajari jalur profesi yang bisa ia lalui untuk mencapai tujuan. Networking juga menjadi satu langkah yang ia pergunakan dengan sangat baik. Berkenalan dengan orang-orang yang tepat –yang menjadi calon kliennya kelak, adalah langkah yang strategis. Selain itu, ia berhasil mengembangkan ide dan konsepnya yang tidak biasa diambil rekan seprofesinya dan menjadikan hal itu ladang uang baginya.

Ryan Ogilvy

Sangat inspiratif! Kamu ingin berhubungan langsung dengan Ryan Ogilvy dan meng-hire ia sebagai makeup artist kamu, atau sekedar mengetahui biodata lengkapnya? Klik di tautan ini dan temukan inspirasi lainnya di HAHO.CO.ID.


Baca Di Sini:

Cara Raline Shah Belajar MakeUp dari Youtube

MakeUp Cantik dalam 60 Detik!

You might also like