Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati seni itu asyik! Lewat beragam karya seni, kita bisa melihat dan memahami dunia dari perspektif yang berbeda.

Salah satu cara mengagumi karya para seniman adalah dengan mengunjungi galeri seni. Di tempat ini, berbagai karya seni dikurasi dengan baik dan dipamerkan kepada pengunjung.

Tertarik untuk datang ke tempat yang memamerkan benda bernilai seni tinggi? Berikut HAHO rangkum enam galeri seni di Jakarta yang wajib kamu kunjungi di akhir pekan!

Cemara 6 Galeri

Galeri seni dengan fasilitas ruang serba guna, café, homestay, tempat parkir dan wifi bisa kamu temukan di Cemara 6 Galeri. Galeri seni yang satu ini dibangun oleh Prof. Dr. Toeti Heraty N Roosseno, seorang mantan rektor Institut Kesenian Jakarta, pada tahun 1993. Lokasi galeri yang berada di daerah Menteng ini sangat strategis karena terletak di tengah kota.

Cemara 6 Galeri di Menteng memiliki karya seni lukisan dari pelukis Indonesia. Sumber: Blogspot

Dari segi koleksi, galeri ini fokus menampilkan lukisan dari pelukis-pelukis nasional. Karya dari nama-nama besar seperti Mochtar Apin, Affandi, Popo Iskandar, dan Basuki Abdullah menghiasi galeri yang juga sering mengadakan pameran seni di berbagai negara ini. Luangkan akhir pekanmu untuk mengunjungi galeri keren ini, ya!

Gardu House

Berada di Jalan Ciputat Raya, Gardu House adalah galeri seni yang asyik kamu kunjungi. Di sini kamu bisa menemukan graffiti store, art space, serta gallery shop dalam satu tempat. Kunjungi galeri ini setiap hari pada pukul 13.00-22.00 WIB dan temukan dinding besar berhiaskan grafiti di tembok halaman depan mereka!

HAHO - Gardu House galeri seni
Tempelan stiker dari para pengunjung sebagai pengganti buku tamu. Sumber: Wadezig

Galeri yang satu ini memang mengkhususkan diri merambah dunia seni jalanan. Salah satu kegiatan penting yang diadakan oleh Gardu House adalah Street Dealin. Kegiatan rutin tahunan ini merupakan acara seni jalanan terbesar di Jakarta yang mengundang para bomber atau penggiat seni grafiti dari seluruh dunia!

Hadiprana Art Centre

Berlokasi di Kemang, galeri seni ini diinisiasi oleh Puri Hadiprana, seorang arsitek, pada 1998. Kala itu, Puri punya niat untuk menyembuhkan trauma para korban kerusuhan yang terjadi di bulan Mei tersebut. Maka dibuatlah galeri seni yang berisi lukisan, patung, artefak yang bergenre dekoratif, realis, impresif, ekspresif, absrtrak hingga kontemporer.

HAHO - Galeri seni hadiprana
Kelas menggambar, salah satu kegiatan yang ada di Hadipranata Art Center. Sumber: Hadipranata Art Center

Selain menampilan karya seni, Hadiprana Art Centre juga membuka beberapa kelas yang bisa kamu ikuti. Kelas tersebut dari mulai Crayon Class untuk anak-anak berusia 2-3 tahun, hingga Fine Art Class untuk dewasa. Kamu bisa pilih sendiri program yang sesuai untukmu!


Baca Juga: 6 Skatepark di Jakarta yang Harus Kamu Coba!


Bartele Gallery

Bartele Gallery bisa dibilang satu-satunya galeri seni di Indonesia yang mengkhususkan diri untuk memamerkan peta, cetakan, foto, buku, dan benda-benda antik lainnya. Ketertarikan Bartele Santema terhadap benda antik dimulai ketika dia membeli peta Nusantara pada sebuah lelang seni. Lantas pada 2009, ekspatriat yang sudah tinggal dan bekerja di Indonesia selama 25 tahun ini membuat ruang galeri yang ia dedikasikan khusus untuk peninggalan sejarah yang unik.

HAHO - Bartele Gallery
Interior dari Bartele Gallery, galeri seni yang menampilkan peta, artefak, dan peninggalan sejarah unik lainnya. Sumber: Bartele Gallery

Kamu bisa datang dan melihat-lihat galeri yang berada di Hotel Mandarin Oriental ini secara gratis, lho! Galeri ini terbuka untuk umum dan dapat kamu kunjungi setiap hari dari pukul 11.00-20.00 WIB. Silakan datang dan nikmati karya seni yang dikurasi oleh kurator galeri dan ahli peta (kartografer), David E. Parry.

Dia.Lo.Gue

Galeri yang satu ini pasti sudah banyak dikenal sama remaja Jakarta yang suka seni. Yup, Dia.Lo.Gue emang punya konsep unik di mana galeri seni, studio desain, kafe dan toko pernak pernik bergabung jadi satu!

HAHO - tangga Dia Lo Gue
Jika main ke Dia.Lo.Gue, jangan lupa untuk berfoto di tangga hits ini ya! Sumber: Ayu Pratiwi

Dengan desain bangunan yang sophisticated ala anak muda kekinian, galeri seni ini ramai dikunjungi setiap hari. Soal event, Dia.Lo.Gue seakan enggak pernah kehabisan acara yang diramaikan oleh banyak seniman berbakat lho. Kalau kamu mampir ke sini, jangan lupa sempatkan foto di tangga melayang yang terkenal itu ya!

ruangrupa

Hadir berkat keresahan anak-anak muda yang haus berkarya, lahirlah ruangrupa. Berdiri sejak tahun 2000, ruangrupa adalah organisasi seni kontemporer yang sering membuat kegiatan seni seperti pameran, diskusi film, nonton bareng, sampai festival membaca.

HAHO - Ruangrupa Gudang Sarinah
Gudang Sarinah Ekosistem, tempat Ruang Rupa berkantor. Sumber: Goersapp

Bertempat di Gudang Sarinah Ekosistem, ruang seni mereka bisa dikunjungi setiap Senin-Sabtu pukul 09.00-21.00 WIB. Lewat usaha ini, ruangrupa memang berusaha untuk mendorong kemajuan kebudayaan melalui pameran, festival, laboratorium seni rupa, lokakarya, penelitian, serta penerbitan buku, majalah, dan jurnal. Yuk, intip kegiatan mereka melalui HAHO untuk selalu tahu event terdekat, ya!

***

Sudah siap menjelajah galeri seni di Jakarta, #DoGeneration? Yuk, cek jadwalnya di HAHO dan kunjungi mereka di akhir pekan kamu!


Baca Juga: Mengenal Pertunjukan Seni Teater Tradisional Indonesia