Sekolah Gitar di Jakarta yang Bisa Kamu Ikuti

Siapa sih yang enggak kenal Dewa Budjana? Maestro gitar yang juga personil band Gigi ini dikenal dengan permainan gitarnya yang oke punya. Kalau melihat beliau bermain gitar, pasti ada rasa ingin untuk bisa jago bermain gitar juga, ya kan?

Jangan salah, semua gitaris beken dunia juga perlu belajar dulu kok! Ingin jadi seperti mereka? Kamu mesti mulai mencari tahu sekolah gitar yang cocok buat kamu!

Nah, berikut ini adalah sekolah-sekolah musik di Jakarta yang punya program latihan gitar yang oke! Disimak, yuk!

Purwacaraka Music Studio

Siapa sih yang enggak kenal Purwacaraka? Pria kelahiran Belgrade, Serbia, ini dikenal sebagai musikus, komponis, dan pencipta lagu yang oke. Nah, untuk membagikan ilmunya, Purwacaraka mendirikan sebuah sekolah musik dengan program yang beragam, termasuk belajar gitar!

HAHO - Sekolah Gitar Purwacaraka
Belajar gitar di Purwacaraka Music Studio bisa menjadi pilihan bagus untuk kamu yang bercita-cita menjadi gitaris handal. Sumber: Blogspot.com

Yup, salah satu program kursusnya adalah kursus gitar. Di sini, kamu bisa belajar finger technique, membaca notasi nada, pengetahuan kunci gitar, dan teknik improvisasi. Selain itu, kamu pun bisa mempelajari beragam tipe musik seperti rock, blues, hingga jazz. Oh ya, setiap tahunnya akan ada ujian musik yang diakreditasi oleh Kementerian Pendidikan. Seru, kan?

Sekolah Seni JakArt

Sekolah Seni JakArt punya visi untuk membangun musik klasik di Indonesia. Dibangun pada 1992, sekolah ini awalnya bernama Yayasan Musik Internasional. Kemudian, pada 2008 YMI bekerjasama dengan Yayasan JakArt untuk memperluas bidang pendidikannya ke bidang seni yang lain seperti teater, tari, fotografi, dan seni rupa. Kerjasama tersebut menghasilkan Sekolah Seni JakArt yang kini memiliki lima departemen pengajaran.

HAHO - Sekolah Gitar Sekolah Seni JakArt
Sekolah Seni JakArt menawarkan kursus gitar klasik dengan kurikulum internasional. Sumber: Sekolah Seni JakArt

Salah satu departemen itu adalah departemen musik di mana kamu bisa belajar bermain gitar klasik! Di sekolah gitar ini, kamu akan bertemu dengan dua pelatih gitar yang mumpuni. Mereka adalah Rico Somala dan Abdi Supriono. Dua kakak ini bakal melatih kamu lewat kurikulum pengajaran berstandar internasional dari ABRSM (The Associated Board of the Royal Schools of Music). Semua itu dilakukan dalam 20 kali pertemuan berdurasi 40-60 menit dalam satu semester. Pokoknya, terjamin oke deh!


Baca Juga: 3 Sekolah Musik di Jakarta yang Bikin Kamu Jadi Musisi Beken


Sekolah Musik Cantata

Ingin jago main gitar? Sekolah Musik Cantata barangkali bisa kamu jadikan pilihan! Sekolah ini punya visi menjadikan generasi penerus yang lebih baik di masa mendatang melalui pendidikan musik. Berdiri di tahun 1991, SMC kini punya 18 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Keseriusan sekolah ini terlihat dari kesanggupan mereka menyediakan ujian sertifikasi internasional yang langsung didapatkan dari Trinity College London, sekolah musik beken asal Inggris!

HAHO - Sekolah Musik Cantata
Sekolah Musik Cantata menyediakan sekolah gitar dengan sertifikasi internasional. Sumber: Sekolah Musik Cantata

 

Khusus untuk kursus gitar, kamu bisa memilih level pengajaran pre-basic, basic, hingga intermediate yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan. Kamu pun bisa memilih kelas berdurasi 30 atau 40 menit setiap pertemuannya. Di program belajar gitar ini, kamu akan dilatih oleh Martin Renathus Nadapdap, seorang ahli gitar lulusan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Yuk, segera daftar!

GesanG Music Course

Berlokasi di Cipulir, Jakarta Selatan, GesanG Music Course bisa menjadi pilihan kamu untuk belajar bermain gitar. Di sini, kamu bisa belajar gitar akustik maupun elektrik. Jadwal latihan pun sangat fleksibel, disesuaikan dengan kegiatan yang kamu punya.

GesanG Music Course menawarkan paket kursus gitar dengan harga yang terjangkau. Sumber: GesanG Music Course

 

Dibanding sekolah gitar yang lain, GesanG Music Course menawarkan paket harga yang cukup terjangkau. Dengan rentang harga 290-550 ribu rupiah, kamu bisa memilih tiga jenis paket dari mulai Normal, Super Ngebut 1, dan Super Ngebut 2. Di setiap akhir periode, sekolah gitar ini mengadakan tes kemampuan yang akan menguji kemahiran kamu bermain gitar.

***

Jadi, sekolah mana yang kamu pilih untuk jadikan tempat belajar gitar? Jika sudah jago nanti, jangan lupa bikin akun di HAHO ya!

 


Baca Juga: Ayo Belajar Public Speaking di 4 Sekolah Presenter Ini