Tips Belajar Sand Illusionist Secara Otodidak

Belajar sand illusionist secara otodidak? Bisa kok!

Ilusionis adalah seni sulap yang memperlihatkan kemahiran menggunakan perlatan illusi untuk membuat susuatu yang mustahil seolah benar-benar terjadi. Di Indonesia sudah banyak sekali yang menekuni ilusionis, salah satunya yang terkenal adalah Demian Dematra.

Tidak hanya Demian ada juga yang menggabungkan antara ilusi magic dengan sand animation. Dia adalah Abel Brata. Pria yang akrab disapa Abel ini tidak sengaja menemukan genre baru dalam dunia sulap ini.

“Basicnya memang suka gambar sama motion graphic, tapi tertarik juga sama trik ilusi, Terus pas saya lihat belum ada nih yang memadukan ilusi sama animasi. Kalau sand animator udah banyak contohnya di Indonesia ada Niar Lazza dia yang pertama menekuni sand animation. Terus di luar negeri yang menggabungkan digital media dan sand animation udah ada beberapa misalnya Esther Yap dari Malaysia. Jadilah saya bikin genre baru sand illusionist ini,” terang Abel saat berbincang dengan HAHO, Selasa (20/12/2016).

Abel Brata, Sand Ilusionis

Sebelum menciptakan genre baru ini, Abel banyak meriset pesulap-pesulap di seluruh dunia dengan berselancar di internet dan juga mencari tahu lewat komunitas. “Setelah cari-cari saya lihat belum ada yang belum bikin genre ini. Akhirnya tahun 2014 mulai menekuni sand illusionist ini,” imbuhnya.

Saat ia mulai fokus menekuni sand illusionist, Abel mengaku melakoninya secara otodidak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menekuni dunia ini, berikut beberapa tips mempelajari sand illusionist secara otodidak dari Abel Brata yang bisa kamu contek:

  1. Belajar dari internet atau DVD tutorial

Di era serba canggih ini, banyak sekali informasi atau tutorial tentang sulap bertebaran di internet kamu bisa mulai berlatih lewat YouTube. Selain itu, kamu juga bisa membeli DVD tutorial sulap.

“Saya awalnya juga berlatih lewat DVD tutorial magician. Enaknya belajar dari DVD dibanding internet adalah bisa diulang-ulang dan fokus. Kalau di internet kan jadi gatel mau nonton yang lain atau buka sosmed,” papar Abel.

  1. Ikut komunitas sulap

Selain belajar sendiri di rumah, kamu juga harus rajin mengikuti komunitas-komunitas sulap. “Dulu kalau saya ikutan forum yang dipelopori sama Deddy Corbuzier namanya MINDS, Magician’s Indonesian Society. Kita bisa nanya-nanya sama orang-orang yang udah lebih dulu menekuni dunia sulap terutama genre ilusionis ini. Terus sering juga ketemuan, nah pas ketemu yang nggak kita ngerti saat belajar online atau lewat YouTube itu bisa kita tanya ke mereka,” jelas Abel.

  1. Latihan menggambar

Kebetulan Abel memang sudah suka menggambar sejak kecil, jadi dia tidak begitu kesusahan saat memulai. “Tapi buat kalian yang mau memulai nggak perlu jago gambar untuk menekuni sand painting yang penting kemauan buat berlatih terus. Gambar di pasir itu nggak perlu bagus karena kan nggak detail. Kalau kita berlatih terus lama-lama juga jadi jago gambar,” pesannya.

Setidaknya sehari sekali, Abel selalu menyempatkan diri untuk berlatih sand painting yang dipadukan dengan trik ilusionis.

4. Sering tampil di depan umum

Tampil di depan umum selain melatih kepercayaan diri juga melatih keterampilanmu saat melukis di atas pasir sambil mengeluarkan trik ilusionis.

“Kalau saya langsung tampil langsung belajar. Karena saat kita tampil kita terus belajar. Mungkin pertamanya masih grogi dulu tapi lama-kelamaan kita bakal lebih kreatif lagi apalagi udah mengenal audience,” terang Abel yang baru-baru ini tampil di acara KOCCA 2016.

So, gimana #DOgeneration cukup membantu kan tips belajar sand illusionist dari Abel Brata?

You might also like