Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ingin Menjadi Manajer Band Sukses!

Siapa sangka? Manager band bisa bertindak sebagai pebisnis, pakar musik, sekaligus babysitter dalam satu waktu.

Skill bermusik sudah jadi modal utama yang tidak bisa ditawar jika sebuah band ingin sukses. Tapi ada faktor lain yang juga menunjang kesuksesan sebuah band, yaitu campur tangan seorang manager band.

Manager band dituntut bisa memahami bisnis di industri musik sekaligus mengerti area kreatif di dunia musik. Di luar dari itu ia juga harus menguasai komunikasi dengan baik. Karena lingkungan kerja manager band ini sangat luas tidak terbatas pada komunikasi kepada band dan kru saja. Sekilas pekerjaan manager band ini memang menuntut seseorang menjadi “serba bisa”.

manager band

Tapi seperti apa sih skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi manager band? Simak nih, tips menjadi manager band yang bisa membuat sebuah band sukses!

1. Komunikasi yang baik

Kalau kamu berminat ingin menjadi manager band, skill dasar yang harus dilatih adalah kemampuan berkomunikasi. Tidak hanya mengurusi keperluan anak band, seorang manager band dituntut untuk menciptakan peluang-peluang kegiatan offline seperti manggung dan terlibat dalam sebuah kerjasama iklan atau event. Untuk mendapatkan peluang tersebut tentu seorang manager harus memiliki link pertemanan yang luas dan teknik negosiasi yang bagus.

manager band
Beberapa Talent Manager yang ada di HAHO. Mau hire mereka? Click here!

2. Pintar mengatur waktu

Manager memastikan semua jadwal, kerjaan sampai masalah dapat terselesaikan dengan baik. Jika terjadi krisis atau konflik dalam band ia bisa menjadi pemberi solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Tidak hanya itu, seorang manager juga harus memastikan interview, konser, soundchecks, load in apapun yang menjadi keperluan band berjalan dengan baik. Untuk urusan jadwal kadang manager band harus “berperang” dengan si artisnya sendiri, karena tidak bisa dipungkiri urusan waktu sering kali molor atau kadang malah si artis mangkir dengan alasan urusan pribadi. Nah, tugas manager lah yang memastikan semuanya berjalan sesuai jadwal.


Baca Juga: 4 Cara Promosi Band Tanpa Budget Mahal


3. Mengerti industri musik

Sekarang mungkin kalian tidak merasa punya kemampuan atau pemahaman tentang industri musik. Tapi kalau kalian serius ingin menjadi manager band kalian bisa memulainya dengan pengetahuan musik yang cukup. Karena untuk bisa mengerti dan memahami industri musik secara baik adalah dengan terjun langsung ke industrinya.

Jangan malas belajar dan malu bertanya kepada orang-orang yang lebih berpengalaman di bidangnya. Apalagi di era digital sekarang ini kita bisa “berguru” dari materi-materi yang ada di internet. Ingat ketidaktahuan bisa terus dikurangi dengan belajar.

4. Multitasking

Seorang manager dituntut bisa melakukan semua kegiatan dalam satu waktu secara benar. Untuk itu fokus dibutuhkan banget di sini. Misalnya follow-up label rekaman, atur jadwal ketemu media cetak dan elektronik, dan booking studio untuk anak band latihan.

Masing-masing manager pasti punya caranya sendiri menaklukan hari-hari hectic-nya. Kalau kamu sekarang merasa tidak bisa multitasking tapi pengen banget jadi manager band, bisa kok dilatih dengan cara-cara sederhana seperti mencatat semua agenda-agenda penting dan memasang alarm pengingat. Jadi tidak ada jadwal yang kelewat.

5. Bersikap netral

Di dalam sebuah band pasti ada perbedaan-perbedaan yang memicu pertengkaran kecil sampai pertengkaran besar. Sebagai manager, tugas kamu adalah tidak terjebak diantara yang bertengkar. Kamu harus memposisikan dirimu sebagai seorang yang netral, karena kembali lagi tugas kamu adalah membuat semua berjalan dengan semestinya. Jika kamu memiliki “anak kesayangan” dari salah satu personel band akan sangat tidak baik untuk profesionalitas kerja. Seorang manager band harus membuang jauh perasaan-perasaan personal dari masalah internal yang sering terjadi dalam band.

Gimana #DoGeneration, semakin terinspirasi nggak jadi manager sebuah band? Kalau kalian sekarang sedang meniti karir sebagai manager band, yuk gabung di HAHO. Temukan peluang-peluang kamu mendapatkan proyek kerjasama untuk bandmu di HAHO.


Baca Juga:

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Band Baru

Additional Player dalam Band, Kenapa Nggak?

You might also like