6 Tips Berlatih Menjadi Dubber yang Nggak Bikin Repot!

dubber
Dubbing Studio Suatu Film Kartun. Sumber: Studio Harmonie

Berlatih menjadi dubber nggak cuma berbicara di depan mikrofon, lho.

Agar kamu bisa mencapai keahlian menjadi aktor atau aktris dubber secara maksimal, kamu harus berusaha keras untuk menemukan dan “membentuk” keunikan suaramu.

Apa aja, ya, cara buat latihan menjadi dubber? Yuk, cari tahu lewat bahasan di artikel ini!

 

Berbicara dengan Jelas

Ini adalah satu dari banyak hal yang penting dalam latihan menjadi dubber. Setiap kata harus terdengar dengan jelas oleh pendengarnya. Usahakan jangan sampai suaramu terdengar mendengung, dan berbicaralah dengan pengejaan dan lafal kata yang sesuai.

dubber
Jangan Sampai Suaramu Terdengar Mendengung. Sumber: World Beat Group

Tingkatkan Kepercayaan Diri

Percaya dengan dirimu sendiri, buat dirimu terdengar meyakinkan di telinga audience. Hilangkan keraguanmu dalam mengutarakan kata-kata, terutama jika diharuskan berseru seperti “wow” atau “wah” di mana kata-kata tersebut harus diucapkan terkesan memiliki ekspresi tersendiri.

 

Percaya dengan Ucapanmu

Buat dirimu memiliki koneksi dengan peran yang kamu mainkan dan skrip yang tertulis supaya kamu percaya dengan kata-kata yang keluar dari mulutmu. Ketika kamu berbicara secara antusias, audience bisa mendengar perbedaannya. Jadi, jangan lupa untuk membuat suaramu terdengar meyakinkan.

 

Latihan Berbicara dalam Posisi Berdiri

Biasakan latihan bicara dalam posisi berdiri supaya kamu bisa lebih mudah mengatur napas. Posisi ini juga memudahkan kamu untuk berbicara dengan nada suara yang jelas dan konsisten. Dalam posisi berdiri, kamu juga bisa lebih mudah latihan menjadi dubber dan melakukan berbagai gerakan dalam waktu bersamaan, sehingga kamu bisa membuat suaramu lebih ekspresif.

dubber
Kamu Lebih Mudah Berekspresi dalam Posisi Berdiri. Sumber: Wikimedia Commons


Baca Juga: Pengisi Suara dalam Industri Kreatif dan Konten Digital!


 

Buang Ego Jauh-Jauh

Untuk berhasil dalam hal ini, kamu disarankan untuk lebih aktif berinteraksi dengan orang-orang yang kamu anggap lebih baik dari dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan saran atau bahkan bentuk latihan baru. Kamu juga bisa mengikuti berbagai dubbing workshop untuk meningkatkan keahlian mengolah suara kamu.

 

Anggap Suaramu sebagai Aset Berharga

Tidak seperti seorang gitaris, drummer, atau pemain keyboard, suaramu adalah instrumen musikmu. Nah, bagaimana caranya merawat suaramu agar selalu dalam kondisi oke? Kamu bisa menjaga suara dengan tetap terhidrasi sepanjang hari, melakukan latihan pengaturan nafas dengan teratur, mengurangi berkomunikasi dengan cara berteriak, dan tidur yang cukup (minimal 7 jam) setiap malam.

 

Ternyata cukup gampang, ‘kan, untuk berlatih sendiri menjadi dubber? Kalau kamu adalah aktor atau aktris dubber dan ingin memperdengarkan suaramu, ayo join di HAHO.CO.ID!


Baca Juga: Mitos dan Fakta Dubbing yang Harus Kamu Tahu!


 

You might also like