Ingin menjadi Aktor Komedi? Baca Dulu 4 Tips Berikut!

Warkop DKI HAHO aktor komedi
Aktor komedi legenda Indonesia, Warkop DKI. Sumber: Tempo.co

Menjadi seorang aktor dan bisa akting? Itu sudah biasa. Kali ini, HAHO akan membahas aktor komedi. Selain bisa akting, kamu juga harus bisa menjadi aktor yang lucu dan menghibur.

Tidak banyak aktor yang memiliki kemampuan berakting sekaligus membuat orang tertawa. Di Indonesia sendiri kita memiliki aktor komedi legenda yaitu Dono, Kasino, dan Indro yang bahkan filmnya pun juga di-remake. Nyatanya film ber-genre komedi memang disukai banyak orang. Bahkan aktor yang berbakat pun belum tentu dapat menjadi aktor komedi.

Nah, bagi kamu yang ingin mendalami skill tersebut, nggak ada salahnya nih untuk lihat tipsnya. Scroll terus untuk lebih lengkapnya!

Perkenalkan diri kamu sebagai seorang komedian

bacun hakim - HAHO tips aktor komedi
Bacun Hakim, aktor komedi yang juga terkenal di media sosial dengan memenya. Sumber: HAHO

Nah, kalau hal ini bisa dilakukan di mana saja nih #DoGeneration. Banyak media sosial yang mampu menampung keahlian melucu kamu agar diketahui orang-orang. Sebut saja Bacun Hakimdia aktif membuat short video dan meme di Instagram untuk para 214 ribu followersnya. Bacun pun juga pernah bermain dalam film Bajaj Bajuri (2014). Coba deh dari sekarang, buat konten video maupun meme yang lucu di media sosial yang kamu punya. Cara ini cukup ampuh untuk memperkenalkan diri kamu sebagai komedian dan merupakan jalan untuk menjadi aktor komedi. Selain sebagai brand awareness bagi diri kamu sendiri, dengan membuat video lucu, kamu bisa sambil belajar akting juga, lho!

Berawal dari komedian, berlanjut ke dunia perfilman

Ernest Prakasa - HAHO Tips aktor komedi
Ernest Prakasa yang menjadi aktor komedi di Film Ngenest. Sumber: Storibriti

Untuk bagian ini, pada dasarnya kamu telah memiliki skill sebagai komedian. Sebut saja Sule, yang pernah tergabung dalam grup komedi bernama SOS. Hingga akhirnya Sule sempat bermain dalam beberapa judul film. Lalu ada Raditya Dika, Ernest Prakasa, dan Pandji Pragiwaksono. Mereka dikenal sebagai seorang komika yang akhirnya ikut terjun ke dunia perfilman. Kelebihannya adalah kamu hanya perlu memoles kemampuan akting, karena kamu telah memiliki kelebihan untuk melucu.

 

Totalitas dan Memiliki Jiwa sebagai Seorang Penghibur

Menjadi seorang komedian nggak bisa setengah-setengah. Kamu pun harus terus berlatih dan berlatih. Baik untuk urusan akting dan melucu, karena penonton bisa saja bosan dengan komedi yang itu-itu saja. Lalu, kamu juga jangan ragu dengan materi komedi yang akan kamu gunakan.

Tips HAHO Aktor komedi
Ilustrasi Komedian. Sumber: Events Pro

Asal kamu percaya diri dan lelucon yang kamu buat tidak mengandung hal-hal sensitif. Selain itu, kamu juga harus memiliki jiwa sebagai seorang penghibur. Sehingga saat melakukan lelucon, kamu merasa senang dan memicu kamu untuk terus membuat orang tertawa. Coba saja kamu berlatih lelucon dengan teman-teman sekitarmu, dengan cara itu kamu tahu bahwa lelucon kamu itu mampu diterima oleh orang lain atau tidak.

Rajin tonton video atau film bergenre komedi

Tidak ada alasan untuk tidak belajar! Materi pun bisa kita dapat di mana saja dengan adanya internet. Kamu juga perlu update mengenai gaya melucu, teknik melucu, hingga bahasa tubuh yang biasa digunakan para aktor komedi. Nama-nama seperti Adam Sandler, Jim Carrey, Robin Williams, Rowan Atkinson, dan Eddie Murphy adalah aktor komedi yang bermain di banyak judul film komedi dan sukses di pasaran.Di negeri sendiri kamu juga punya Warkop DKI, Kang Ibing, Ateng & Iskak, hingga Benyamin Sueb. Bahkan film mereka masih sering ditonton lho melalui YouTube.

Ternyata banyak cara ya untuk menjadi seorang aktor komedi? Nah, bagi kamu yang sudah menjadi stand up comedian dan ingin mencoba masuk ke dunia akting, jangan lupa sign up di HAHO.CO.ID dan upload portfolio di profilmu. Share and make it viral!

 

You might also like