Stunt Coordinator, Jagoan Koreografi dalam Film

Ciaaat! Dhuarrr!” Pasti kamu pernah menonton film yang berisi adegan penuh ledakan, loncatan, dan pertarungan yang menegangkan, bukan? Untuk melakukan adegan itu, peran stunt performer dibutuhkan sebagai aktor pengganti pemeran utama. Nah, koreografi yang mereka lakukan itu diatur oleh seorang stunt coordinator.

Semua aksi berbahaya itu harus dipraktikkan dengan aman! Maka, peran stunt coordinator sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa semua aktor dan stuntman melakukan gerakan dengan benar dan tidak ada yang terluka karena kecelakaan!

Meski banyak bekerja di balik layar, profesi yang satu ini sangat krusial dalam produksi sebuah film. Kenalan sama profesi stunt coordinator ini yuk!

Sang pengatur gerakan

Seorang stunt coordinator biasanya adalah seorang stunt performer yang sudah punya banyak pengalaman. Mereka dipekerjakan oleh perusahaan atau studio produksi film untuk merancang sebuah koreografi gerakan dan special effects tertentu. Gerakan-gerakan itu beragam; dari mulai pertarungan di sebuah bar, pahlawan super yang terbang di udara, sampai aksi melompat dari sebuah kendaraan yang sedang berjalan. Intinya, stunt coordinator bakal bikin semua gerakan itu terlihat ‘keren’ dengan efisien dan lewat biaya produksi yang terjangkau, serta tentu saja: aman!

Dihargai di dunia akting

Meski perannya banyak berada di belakang layar, profesi ini sudah diakui dalam penghargaan-penghargaan insan perfilman dunia. Contohnya nih ya, Screen Actors Guild Award for Outstanding Performance membuat kategori Stunt Ensemble in a Motion Picture sebagai salah satu kategori penghargaannya.

HAHO - stunt coordinator hackshaw ridge awards
Aksi perang yang memukau membuat film Hackshaw Ridge dianugerahi penghargaan Taurus World Stunt Awards 2017. Sumber: Vulture

Selain itu, ada Primetime Emmy Award yang punya kategori Outstanding Stunt Coordination untuk para stunt performers. Bahkan, ada Taurus World Stunt Awards yang secara khusus mengapresiasi karya para stunt performers dan stunt coordinators yang berprestasi. Prestasi tinggi memang layak diapresiasi!

Punya resiko kerja yang tinggi

Untuk membuat adegan yang berisi ledakan, hantaman, pertarungan fisik, sampai aksi-aksi ekstrem tentu saja tidak mudah. Makanya, profesi stunt coordinator tidak lepas dari resiko pekerjaan yang tinggi. Jika salah kalkulasi, beragam macam cedera sampai bahkan kematian bisa mengintai. Oleh karena itu, seorang stunt coordinator mesti sangat teliti dan berhati-hati dalam merencanakan, menyiapkan, sampai melatih setiap gerakan yang akan dilakukan.


Baca Juga: 7 Serba-Serbi Pekerjaan Concept Artist Film


Kolaborasi adalah kunci!

Stunt coordinator enggak bisa kerja sendirian. Mereka akan selalu bekerja sama dengan banyak pihak seperti Special Effects TechniciansMakeup Artists, sampai Property Masters. Pertama, mereka mesti mempelajari naskah film bersama-sama untuk menentukan gerakan apa yang mesti dilakukan. Setelah itu, mereka akan menimbang seberapa besar resiko dan bahaya yang akan dihadapi. Resiko ini termasuk resiko kebakaran, penggunaan senjata api, kecelakaan ketika mengoperasikan alat dan kendaraan, dan lain sebagainya.

HAHO - stunt coordinator top image
Tom Cruise adalah salah satu dari sedikit aktor Hollywood yang enggan menggunakan stunt performer. Maka, arahan dari stunt coordinator mesti ia perhatikan dengan seksama. Sumber: Stunt English

Jika semua sudah siap, mereka akan mengukur tata cara evakuasi keselamatan, termasuk bagaimana apabila terjadi situasi darurat dan bagaimana melakukan rencana evakuasi. Mereka harus benar-benar mempertimbangkan peralatan keaman dan zona bahaya yang akan digunakan.

Serahkan pada ahlinya!

Sebuah koreografi dalam setiap adegan perlu dipikirkan secara teliti! Terutama jika itu menyangkut hal-hal yang kompleks dan butuh keahlian yang spesifik. Jika itu terjadi, seorang stunt coordinator perlu berkonsultasi dengan orang yang tepat.

HAHO - stunt coordinator consultation
Tak jarang, stunt coordinator perlu merancang adegan yang rumit. Konsultasi dengan para ahli adalah solusi yang bisa dipilih. Sumber: Cision

Sebuah adegan pertempuran pesawat di udara, misalnya, membutuhkan saran dan masukan dari para penerbang berpengalaman. Selain itu, seorang stunt performers yang terlatih juga mesti direkrut. Semuanya dengan mempertimbangkan bahwa pemeran pengganti tersebut punya keandalan untuk memeragakan aksi-aksi berbahaya tersebut.

Buat semuanya menyenangkan!

Di balik semua keruwetan, seorang stunt coordinator semestinya menyenangkan! Kapan lagi bisa terlibat dalam profesi di mana kamu bisa mengatur orang yang lompat dari atas gedung, atau melayang dari atas pesawat terbang, bahkan menyelam di laut yang dalam. Semua itu menyenangkan dan jangan lupa untuk selalu waspada dan hati-hati!

***

Menjadi seorang stunt coordinator tentu punya jalan karier yang panjang! Kamu bisa memulainya dengan ikut berbagai project seru di HAHO.CO.ID, lho! Yuk gabung dan bikin profilmu di sana!


Baca Di Sini: 

Kamu Seorang Screenwriter? Ayo Bentuk Sifat-Sifat Ini!

Pemeran Pengganti Nggak Cuma Adegan Berbahaya, Ini Juga Bisa!

You might also like