Belajar Jadi Cosplayer yang Keren dengan 7 Langkah Ini

Semua orang bisa menjadi cosplayer! Yup, enggak peduli siapa dan bagaimana bentuk fisik kamu, semua orang bisa bermain peran menggunakan kostum selayaknya tokoh yang kamu idolakan.

Meski demikian, ada beberapa hal mendasar harus kamu ketahui sebagai cosplayer. Persiapan yang matang, pilihan tema yang tepat, serta perhatian pada detail teknis kostum akan semakin memperkuat karakter yang kamu tirukan.

Mau tahu bagaimana cara menjadi cosplayer yang kece? Simak artikel berikut ya!

Rencanakan dengan matang

Menjadi cosplayer harus punya persiapan yang panjang. Kamu perlu luangkan waktu untuk memikirkan segalanya. Tiga sampai enam bulan adalah waktu yang cukup untuk merencanakan sebuah penampilan cosplay yang baik. Semua tergantung tingkat kerumitan karakter yang akan kamu perankan.

HAHO - Cosplay detail
Menjadi cosplayer untuk karakter yang rumit membutuhkan persiapan yang matang agar tampil sempurna. Sumber: Gamer Fragger

Jika kamu memutuskan untuk menyewa kostum yang kamu inginkan, pastikan kostum itu cocok di tubuhmu. Aksesoris tambahan juga harus diperhatikan. Semuanya demi kelengkapan kostum yang sempurna. Tapi jika kamu berniat membuat kostum sendiri, waktu yang disiapkan harus lebih matang lagi, ya!

Siapkan budget yang terjangkau

Jika kamu memilih untuk menyewa atau membuat kostum, budget pun harus kamu siapkan. Berapa sih budget yang mesti kamu siapkan? Well, jawabannya adalah relatif. Semua tergantung seberapa rumit kostum dan seberapa banyak aksesoris yang kamu pakai. Jika dirata-rata, biaya sebuah kostum cosplay berkisar dari 1 juta sampai 10 juta rupiah. Namun, tak menutup kemungkinan biaya tersebut lebih murah atau bahkan lebih mahal, semua tergantung jenis kostum yang kamu rencanakan. Satu hal yang perlu kamu lakukan: jangan sampai mengeluarkan budget di luar kemampuanmu, ya!

Pilih karakter yang kamu suka

Memilih karakter adalah hal utama yang mesti kamu lakukan. Well, enggak harus terkenal kok, kamu cuma butuh menentukan karakter mana yang paling ingin diperankan. Memilih karakter yang kamu kenal baik akan mempermudah dalam banyak hal. Misalnya, dalam persiapan kostum; kamu akan dengan senang hati menghabiskan waktu berlama-lama untuk memperbaiki kostum kamu. Selain itu, jika sudah mengenal banyak tentang karakternya, memerankan karakternya pun akan semakin menyenangkan, bukan?

Beri perhatian pada detail

Sebagai seorang cosplayer, ketelitian dalam memperhatikan detail menunjukkan tingkat keseriusan kamu. Jika kamu memerankan tokoh Captain America, maka baju bermotif bendera Amerika Serikat dan topeng setengah muka yang ikonik itu harus kamu pakai. Perisai berbentuk lingkaran yang selalu sang kapten gunakan juga jangan kamu tinggalkan! Intinya: semakin detail, semakin oke!

HAHO - Cosplayer Captain America
Seorang cosplayer mesti memerhatikan detail kostum yang ia gunakan. Sumber: Deviantart

Baca Juga: Serba-serbi Makeup Character dan Special Effect yang Perlu Kamu Tahu


Perhatikan kualitas kostum

Kualitas yang baik harus kamu kedepankan. Sebisa mungkin, buatlah kostum cosplay dengan bahan dasar terbaik. Dengan begitu, tampilanmu bakal lebih cemerlang dan kostum kamu pun akan lebih awet dan bertahan lama. Terlepas dari itu semua, bahan yang baik akan membuat tubuhmu nyaman dalam menggunakannya.

Bekerjasama dengan rekan cosplayer

Bekerjasama itu perlu! Apalagi jika tokoh yang kamu perankan punya partner dengan karakter yang khas. Jika kamu memutuskan menjadi Naruto Uzumaki, maka akan seru jika kawan-kawanmu ikut memerankan tokoh yang lain seperti Sasuke Uchiha, Hinata Hyuga, hingga Kiba Inuzuka. Punya partner cosplaying juga akan meningkatkan rasa percaya dirimu, lho!

HAHO - Cosplay Naruto bersama teman
Mengajak kawan terdekat untuk berpartner bisa kamu lakukan agar kegiatan cosplaying-mu semakin seru! Sumber: Deviantart

Bersenang-senanglah

Jika semua persiapan sudah kamu lakukan, tugas yang tersisa hanya satu: berbahagia! Bergembiralah dan mainkan karaktermu dengan lepas dan santai. Percaya atau tidak, perasaan bahagia akan semakin membuat kamu percaya diri dan berani untuk berekspresi. Bersenang-senanglah, karena pada akhirnya, memang itu tujuan kamu melakukan cosplay, bukan?

Apakah kamu punya keinginan menjadi cosplayer yang handal? Kamu bisa gabung di HAHO.CO.ID untuk menjadi bagian dari industri kreatif yang tak terbatas!


Baca Juga:

5 Jagoan MakeUp Character Indonesia yang Karyanya Gak Main-main!

You might also like