Bagaimana Cara Bermain Skateboard untuk Pemula?

Skateboard pertama kali ditemukan pada pertengahan 1950, pada saat yang sama perkembangan era surfing juga terjadi di Amerika.

Awalnya skateboard terbuat dari papan kayu yang digabungkan dengan roda dan trucks dari sepatu roda dan yang tebal dan berat. Pada saat itu skateboard lebih dikenal sebagai sidewalk surfing.

Model Skateboard pertama
Skateboard dengan papan kayu dan sambungan roda dan trucks dari sepatu roda

Awalnya skateboard pernah digunakan oleh Marty McFly dalam film “Back To The Future” sebagai alat transportasinya, hingga kegiatan skateboarding mulai menjadi tren di Amerika khususnya. Sehingga pada tahun 1960an muncul 2 brand ternama Hobie dan Makaha, lalu mereka membuat skateboard lebih mudah digunakan.

Bagi kamu yang memiliki hobi skateboarding, HAHO punya beberapa tips bagaimana cara bermain skateboard untuk pemula yang dilansir dari WikiHow. Simak yuk!

  1. Pilih board yang sesuai dengan keinginan kamu! Banyak style dan merk board yang tersedia, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan tingkat skill kamu.Longboards
    Pilihan tepat untuk pemula, karena mudah digunakan untuk bermanuver. Namun, longboard kurang tepat digunakan untuk melakukan banyak trik.

    Jenis Longboard untuk pemula
    Longboard lebih mudah digunakan oleh pemain pemula

    Skateboards
    Jenis board ini bagus digunakan saat berseluncur dengan cepat. Desainnya pun dibuat sedemikian rupa untuk melakukan manuver, lompatan, dan banyak trik lainnya. Meskipun bagi pemula kamu akan butuh keseimbangan lebih untuk menggunakannya.

    Skateboard biasa digunakan oleh para Pro
    Skateboard lebih leluasa untuk melakukan banyak trik, manuver dan lompatan

     

    Coba kamu datangi local skate shop dan bertanya mengenai jenis board apa yang cocok untuk pemula.

  2. Pastikan board yang kamu miliki sudah diatur sedemikian rupa untuk digunakan pemula. Maka dari itu kamu belum membutuhkan papan dengan desain melengkung dan trucks yang longgar, karena biasanya hal itu digunakan saat kamu sudah bisa melakukan trik. Jaga keseimbanganmu dahulu dengan papan yang datar dan trucks yang kencang.
  3. Jangan sampai salah pilih sepatu, merk seperti Vans, Airwalk, DC, dan Etnies adalah yang berpengalaman untuk para skaters. Kamu nggak mau kan saat latihan, sepatu kamu justru malah membuat kaki kamu cedera?
  4. Keselamatan itu lebih baik! Gunakan pengaman saat bermain, karena kamu pemula maka potensi kamu untuk cedera dan jatuh saat bermain skateboard akan lebih tinggi. Gunakanlah helmet, knee pads, dan elbow pads.
  5. Temukan tempat bermain skateboard yang aman bagi pemula. Pastinya kamu membutuhkan tempat yang mulus tanpa retak agar bisa berseluncur dengan lancar 😀

Baca juga: Tragedi La La Land di Academy Awards 2017


Nah, 5 hal itu penting banget #DOgeneration ketahui sebagai pemain skateboard pemula! Oiya jangan lupa harus rajin berlatih, lupakan dulu trik-trik yang penting kamu harus seimbang dulu di atas board. Selanjutnya apa yang perlu kamu perhatikan?

Kamu nggak perlu khawatir, sekarang di Jakarta ada tempat berseluncur yang asik, yaitu Kalijodo Skatepark. Kamu bisa datang ke kawasan Tambora, Jakarta Barat, salah satu seniman mural The Popo pun berkontribusi menjadikan Kalijodo Skatepark semakin hidup.

Temapat bermain skateboard Kalijodo Skatepark di Jakarta Barat
Seniman mural The Popo berkontribusi menjadikan Kalijodo Skatepark lebih berwarna!

 

Bagi kamu yang memiliki skill skateboarding, jangan putus asa dan terus berlatih. Kamu juga bisa gabung ke HAHO.CO.ID atau dengan download aplikasinya di Google Play Store.

Psst! Siapa tahu talenta kamu bisa menghasilkan uang! Be productive karena kamu adalah #DOgeneration!

You might also like