5 Kesalahan dalam Menulis yang Bisa Kamu Hindari

Menulis memang seru, tapi tau nggak kalau ada kesalahan dalam menulis yang mungkin gak disadari bisa menghambat proses menulis kamu?

Kadang kamu emang bisa keasyikan sampai lupa waktu ketika menulis. Tapi dalam prosesnya yang lumayan panjang, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan biar terhindar dari kesalahan dalam menulis.

Apa aja, sih, kesalahan dalam menulis yang harus dihindari? Tenang, HAHO bakal jelasin ke kamu supaya kamu bisa membuat karya tulis yang sempurna.

Pengeditan yang Kurang Mendalam

Menghindari kesalahan dalam menulis nggak hanya sebatas mengkoreksi kesalahan pengejaan. Bahkan, dengan proses pengeditan yang mendalam, kamu bisa saja menambah atau menghilangkan bagian dalam cerita.

Proses ini emang makan waktu dan butuh kesabaran ekstra, tapi kamu bisa meningkatkan kualitas karya tulis kamu, juga kesempatan untuk dicari oleh agen atau penerbit.

kesalahan dalam menulis
Terus Perbaiki Tulisan Kamu Hingga Sempurna. Sumber: Education Career Articles.

Dialog yang Kurang Sempurna

Kadang, penulis melupakan fakta kalau dialog adalah sarana untuk menyampaikan informasi penting dan memperkuat karakter. Ketika membaca sebuah novel atau karya tulis lainnya, mungkin kamu pernah ngeliat dialog yang terdengar kurang natural atau beberapa karakter memiliki gaya bicara yang serupa.

Untuk melatih hal ini, kamu bisa membawa notebook ke manapun kamu pergi dan melakukan observasi terhadap orang-orang di sekitar kamu. Perhatikan dan catat topik yang dibicarakan, cara bicara, dan ekspresi mereka.

Isi Cerita yang Janggal

Isi cerita adalah inti dari karya tulis kamu, jadi kejanggalan di dalamnya bisa ngurangin kualitas secara keseluruhan. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa membuat planning untuk tiap bab dan juga membuat timeline jalan cerita kamu.

kesalahan dalam menulis
Jangan Sampai Ada Kejanggalan dalam Isi Cerita Kamu. Sumber: Per Capita.

Baca Juga: 8 Langkah untuk Menerbitkan Buku!


Kurang Menunjukkan, Terlalu Menjelaskan

Bagus atau enggaknya sebuah karya tulis terlihat pada kemampuan menulis untuk memperlihatkan dunia buatannya pada pembaca. Mendeskripsikan cerita memang terbilang gampang, tapi sebenarnya kamu harus membuat cerita kamu bisa dirasakan oleh pembaca. Dengan begitu, kamu bisa memperkuat isi cerita kamu sehingga pembaca benar-benar berada di dalamnya.

kesalahan dalam menulis
Tunjukkan, Bukan Menjelaskan. Sumber: The Millions.

Pengulangan

Ketika menulis, mungkin kamu pernah berkali-kali memakai “kalimat andalan” meski kamu nggak sadar. Pengulangan kata atau kalimat emang nggak diharamkan dalam sebuah karya tulis, tapi kamu sebaiknya jangan berlebihan menggunakannya. Nah, kamu bisa menemukan adanya pengulangan kata dalam proses editing.

***

Sekarang #DoGeneration udah tau apa aja yang harus dihindari ketika menulis, dong.

Kalau kamu adalah penulis dan ingin karya kamu dilirik penerbit, ayo join di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga:

6 Tips Buat Kamu yang Ingin Jadi Penulis Novel!

 

You might also like