Bikin Baper Lewat Lirik? Ini 5 Tips yang Patut Kamu Coba!

Tutorial – HAHO Media. Kamu udah ngabisin waktu buat bikin aransemen musik yang ciamik, terus tinggal mikir kata-kata puitis di tahap menulis lirik?

Kadang memang sulit buat memikirkan lirik yang sesuai dengan aransemen musik kamu. Bahkan, penulis lirik profesional juga sering mengalami kebuntuan dalam menulis lirik sepanjang karirnya.

Jangan khawatir, karena kali ini HAHO bakal ngasih tips yang bisa bikin proses menulis lirik kamu jadi lebih gampang!

 

Pilih “Momen” yang Spesifik

Untuk menentukan “cerita” utama lirik, kamu bisa menggunakan potongan momen baik nyata ataupun karangan. Pilihlah momen yang spesifik, dan mulai menulis lirik sesuai dengan apa yang kamu rasakan, sentuh, lihat, dan hirup. Kamu nggak perlu membuat lirik kamu seperti sajak, yang penting tuangkan apa yang kamu rasakan.

menulis lirik
Buatlah lirik dengan momen yang spesifik. Sumber: Pexels.

Sampaikan Pesanmu

Hampir setiap lagu memiliki unsur pengulangan, bahasa yang simpel, dan pesan utama yang disampaikan lewat bagian chorus atau reff. Pesan apa yang ingin kamu utarakan ke pendengar? Momen apa yang bisa menggambarkan pesan kamu? Temukan kedua hal itu, dan kamu udah punya kesempatan bikin lagu yang catchy.

 

Tulis Lirik yang Orisinil

menulis lirik
Jangan sampai lirik ciptaanmu terlihat sama dengan lirik lagu lain. Sumber: Pexels.

Ingat, unsur paling penting dalam menulis lirik adalah orisinalitas. Kamu pastinya nggak mau dibilang copycat cuma karena kamu menulis lirik yang mirip lagu lain ‘kan? Untuk bikin proses ini lebih gampang, kamu bisa coba menulis lirik yang sesuai dengan pengalaman kamu.

 

Hindari Memilih Kalimat yang Kepanjangan

menulis lirik
Buat lirik kamu mudah dinyanyikan oleh pendengar. Sumber: Pexels.

Kamu disarankan membuat verse yang simpel dan nggak kepanjangan, misalnya empat sampai lima baris. Hal ini emang bisa bikin kamu lebih pusing memilih kata buat lirik, tapi bisa ngurangin potensi pendengar kebingungan ketika dengerin lagu kamu.

 

Kolaborasi dengan Penulis Lirik Lainnya

Kamu bisa membangkitkan kreativitas menulis kamu dengan mencari partner menulis lirik. Selain bisa menemukan ide baru buat lirik kamu, kamu juga mempelajari hal lainnya seperti pemilihan kata yang sesuai dengan mood lagu kamu atau membuat lirik yang sesuai dengan target audience tertentu.

***

Udah nggak pusing lagi kan untuk bikin lirik yang oke?

Kalau kamu adalah penulis lirik atau musisi yang pengen ngetop, ayo gabung di HAHO.CO.ID!

 

You might also like