Menerbitkan Buku Sendiri, Kenapa Enggak?

Menulis buku dan menerbitkan buku adalah proses yang sama sekali berbeda. Setelah menulis buku yang bagus, pasti kamu kepengen, dong, buku kamu dibeli dan dibaca sama orang banyak.

Satu-satunya cara adalah dengan menerbitkan buku kamu hingga bisa sampai ke khalayak yang kamu inginkan. Tapi supaya tulisan kamu masuk ke kategori buku layak terbit pun, kamu harus tau tipsnya!

Berikut adalah langkah-langkah dasar dari HAHO yang bisa kamu contek untuk menerbitkan buku kamu:

Lakukan Riset

Bahkan sebelum kamu menyelesaikan draft buku kamu, kamu sebaiknya melakukan riset dan pahami pasar yang tepat untuk menerbitkan buku kamu. Lihat ide utama buku kamu, termasuk genre, kategori (fiksi atau nonfiksi), dan subgenre-nya (misteri, fantasi, thriller, dsb.) Kalau kamu udah tau genre tulisan kamu, maka kamu akan lebih mudah menentukan karakter calon pembacanya dan gimana cara menjualnya.

Selesaikan Draft

Kamu harus menyelesaikan draft buku kamu, yang mana merupakan proses yang cenderung panjang. Artinya, kamu harus benar-benar bekerja keras dalam proses yang satu ini. Untuk membantu prosesnya, kamu bisa meminta saran dari pembaca, forum online, atau bahkan penulis profesional.

menerbitkan buku
Selesaikan dan sempurnakan draft karya tulis kamu. Sumber: Entrepreneur.

Cari Editor

Setelah draft kamu selesai, carilah editor konten dan copy profesional yang sesuai dengan keinginan kamu. Selain bisa mendapatkan saran dan kritik yang berguna, editor yang baik juga memastikan karya tulis kamu bebas dari kesalahan penulisan dan jalan cerita yang melenceng.

Bentuk Sebuah Tim

Bakal susah kalau kamu mencoba untuk menerbitkan kamu sendirian. Untuk memastikan karya tulis kamu memenuhi kriteria buku yang baik, kamu akan membutuhkan bantuan orang-orang yang ahli dalam mengedit tulisan, mendesain, menggambar ilustrasi, mengurus manajemen copyright gambar dan teks dan mengurus pemasaran buku kamu.


Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menulis yang Harus Dihindari!


Buat Desain Cover yang Menarik

Untuk menarik perhatian calon pembeli dan membuat mereka membeli buku kamu, kamu harus membuat desain cover yang terlihat menarik dan berbeda dengan buku lainnya. Selain menarik, cover buku kamu juga harus bisa menyampaikan isi atau cerita utama karya tulis kamu.

menerbitkan buku
Pastikan desain cover buku kamu memiliki keunikan tersendiri. Sumber: The Wise Ink Blog.

Dapatkan Review dari Para Profesional

Hasil ulasan yang baik adalah kunci kesuksesan buku kamu. Ulasan ini nantinya akan ditampilkan pada cover belakang buku atau website tempat buku kamu didistribusikan. Carilah reviewer yang sesuai dengan genre buku kamu melalui berbagai organisasi dan kenalan personal.

Penerbitan Buku

Ini adalah tahap di mana kamu menerbitkan hasil akhir buku kamu untuk calon pembeli. Di sini kamu akan menentukan cara penerbitan buku yang cocok untukmu, apakah melalui publisher tradisional atau menerbitkan buku kamu sendiri. 35% penulis kini memilih untuk menerbitkan bukunya sendiri karena mereka bisa lebih banyak mengontrol dan mendapatkan royalti lebih besar. Jangan lupa, kamu juga harus menentukan output seperti apa yang akan kamu pakai. Apakah di-print, berbentuk eBook, atau bahkan audiobook.

menerbitkan buku
Tentukan output buku kamu sesuai keinginan. Sumber: Huffington Post.

Promosi, Pemasaran, dan Distribusi

Begitu buku kamu masuk ke pasar, kamu harus memastikan buku kamu terjual. Dalam proses distribusi, pastikan buku kamu bisa didapatkan dari berbagai tempat, baik online maupun melalui toko buku konvensional.

Setelah buku kamu masuk ke jaringan distribusi, kamu bisa menentukan cara memasarkan dan mempromosikan buku kamu.

***

Nah, sekarang udah tau langkah-langkah dasar menerbitkan buku, ‘kan?

Kalau kamu adalah seorang penulis dan ingin memamerkan karya tulis kamu ke penikmat buku, ayo gabung di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: 6 Tips Buat Kamu yang Ingin Jadi Penulis Novel!


 

You might also like