6 Tips Buat Kamu yang Ingin Jadi Penulis Novel

Ingin jadi penulis novel tapi nggak tau mulai dari mana? Jangan panik, itu bukanlah hal yang aneh.

Menulis novel pertama kamu emang penuh tantangan, tapi prosesnya bisa dibilang menyenangkan juga, lho. Sebagai penulis novel, nantinya kamu bisa jadiin karya pertama kamu sebagai panduan struktur, gaya menulis, dan metode riset kamu.

Apa aja, ya, yang penting bagi penulis novel dalam menggarap karya pertamanya? Ayo simak di sini!

Pencarian Ide yang Sesuai

Sebelum mulai menulis novel, kamu disarankan untuk menemukan ide yang kuat, menarik, dan bisa membuatmu tetap terdorong untuk menyelesaikan novel pertama kamu. Hal-hal tersebut tentunya sangat membantu seorang penulis novel menyelesaikan karyanya secara maksimal.

Buatlah karakter, dialog, dan setting yang memorable, juga tambahkan konflik agar cerita yang kamu buat tidak terkesan monoton. Selain itu, kamu juga sebaiknya buat daftar cerita yang sekiranya menarik bagi pembaca dan untuk ditulis, lalu bandingkan satu per satu. Jangan lupa juga untuk mencari referensi yang kamu anggap unik untuk membantu proses penulisan kamu.

Jadwal Menulis yang Teratur

Jika kamu ingin serius dalam menulis novel pertama kamu, buatlah jadwal yang nantinya bisa mendorong kamu untuk menulis secara teratur. Misalnya, kamu bisa mencoba untuk menulis 500 kata per hari pada jam-jam yang sesuai dengan waktu senggang kamu.

penulis novel
Penjadwalan yang Baik akan Membantu Proses Menulis Kamu. Sumber: Pexels.

Jangan Lupakan Outline

Sebenarnya kamu bisa menulis novel pertama kamu tanpa outline, tapi kamu nantinya berpotensi untuk menghadapi writer’s block, atau kebuntuan ide yang menghambat proses menulis kamu. Jadi, buatlah outline untuk setiap bab yang telah kamu tentukan, sesuai dengan keinginan dan metode menulis kamu. Jika perlu, buatlah summary untuk setiap bab.


Baca Juga: 8 Langkah untuk Menerbitkan Buku!


Cari Partner Menulis

Ketika menulis novel pertama, kamu harus memiliki planning dan fokus yang baik. Nah, yang lebih penting lagi adalah kamu harus memiliki motivasi yang besar untuk menyelesaikan novel kamu dan membuatnya terlihat sempurna di mata pembaca, Ya, kamu bisa meraih hal-hal di atas dengan mencari partner menulis. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi dan mendapatkan feedback yang berguna.

Kumpulkan dan Atur Sumber dan Referensi Kamu

Saat menulis karya pertama kamu, akan sangat membantu jika kamu memiliki storage tempat berkumpulnya elemen-elemen yang kamu butuhkan. Misalnya jika kamu menulis kisah tentang seseorang yang bekerja sebagai petugas medis, kumpulkanlah data-data seputar dunia medis untuk digunakan pada bagian-bagian tertentu dalam karya tulis kamu.

penulis novel
Kumpulkan Sumber dan Referensi di Satu Tempat. Sumber: Pexels.

Jangan Takut Kalau Draft Pertama Kamu Belum Sempurna

Ingat, ini adalah novel pertama kamu. Jadi, jangan khawatir kalau ternyata ada hal-hal teknis atau bahasa yang terlihat keluar dari harapan kamu. Tapi, kamu bisa melakukan beberapa hal untuk menghindari masalah-masalah tersebut, misalnya seperti memberi tanda pada kata-kata yang kamu anggap meragukan.

***

Dan jangan lupa, jadikan proses penulisan novel pertama kamu sebagai sesuatu yang menyenangkan, bukan memberatkan.

Kalau kamu adalah penulis dan ingin memperlihatkan porfolio kamu, ayo join di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga:

5 Kesalahan dalam Menulis yang Harus Dihindari!

 

You might also like