Tips Menulis Biografi yang Berfaedah dan Enak Dibaca

Buat kamu yang doyan nulis, pernah nggak kepikiran untuk menulis biografi?

Baik tentang selebriti tertentu, penulis lain, atau idola kamu yang lainnya, menulis riwayat hidup seseorang bisa memberi sudut pandang baru tentang untuk pembacanya lho, bisa dari kesehariannya maupun apa saja achievement yang telah ia raih sepanjang hidupnya.

Nah gimana caranya menulis biografi yang oke? Darimana kita bisa mulai? Jangan bingung, HAHO punya artikelnya buat kamu!

Pahami Subjek dan Pembaca

Emang banyak yang harus kamu lakukan sebelum menulis riwayat hidup seseorang. Kamu harus mendapatkan informasi cukup soal subjek kamu, cari tahu apa udah ada tulisan tentang dirinya di pasaran, menentukan gaya bahasa yang pas buat pembaca kamu, dan yang paling penting, apa yang membuat kamu tertarik dengan subjek kamu sehingga ia pantas untuk dibuatkan biografi.

menulis biografi
Kenali subjek dan calon pembaca kamu sebelum mulai menulis biografi. Sumber: Pexels.

Rencanakan dan Bentuk Materi Tulisan

Planning sebelum mulai menulis riwayat hidup seseorang adalah tahap yang penting untuk menghindari berbagai kesalahan saat proses menulis dimulai. Misalnya seperti penulisan yang tidak sesuai kronologi dan kurangnya hal yang menarik untuk disampaikan pada pembaca.

menulis biografi
Buat planning yang sempurnya untuk biografi kamu. Sumber: Pexels.

Pentingnya Riset

Tentukan dari mana saja kamu akan mendapat informasi. Untuk tahap ini, sebaiknya kamu mencari data dari sumber-sumber terpercaya dan punya relasi tertentu dengan subjek kamu. Karena riset membutuhkan banyak energi dan uang, kamu harus membuat perencanaan yang detil.

menulis biografi
Cari dan manfaatkan data yang sesuai untuk biografi. Sumber: Pexels.


Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menulis yang Bisa Kamu Hindari!


Buat Awal yang Menarik

Dalam karya tulis biografi, kamu bisa saja jadiin paragraf pertama berisi cerita tentang sejarah kelahiran subjek kamu. Masalahnya, hal itu bisa bikin pembaca ngerasa bosan. Padahal penulisan biografi itu lebih dari fakta-fakta sesuai kronologi, lho.

Jangan lupa, biografi yang baik harus menggambarkan kehidupan subjek, achievement yang didapat, dan perjuangan dalam hidup subjek kamu.

menulis biografi
Beri first impression yang bagus untuk pembaca kamu. Sumber: Marketing Donut.

Interaksi dengan Subjek

Kalau kamu dapat kesempatan buat wawancara dengan subjek kamu, pastikan kamu benar-benar siap. Tentukan pertanyaan apa saja yang paling menarik buat pembaca, hal apa yang akan kamu paparkan, dan hal apa aja yang paling berpengaruh dalam hidup kamu.

***

Itu dia hal-hal penting buat nulis biografi yang oke buat kamu!

Kalau kamu penulis dan punya portfolio yang oke buat dipamerin, atau mau cari profil yang menarik untuk kamu biografikan, yuk gabung di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga:

Ini Dia Tips Menerbitkan Buku Sendiri

You might also like