Culinary Art: Setiap Chef adalah Artist!

Jika kamu pernah menonton program Master Chef, pasti kamu tahu bagaimana rumitnya proses menyajikan makanan dengan oke. Nah, apa yang ditampilkan di sana kurang lebih adalah gambaran dari culinary art.

Tahu gak, bidang ini tuh sudah dirintis sejak akhir abad 18, lho! Kini, culinary art sudah jadi disiplin ilmu yang bisa kamu pelajari di institusi-institusi pendidikan kuliner.

Tertarik mengetahui tentang culinary art? HAHO sudah merangkum beberapa serba-serbi tentang dunia seni memasak di artikel ini. Dibaca, yuk!

Seni dalam memasak

Secara sederhana, culinary art adalah seni dalam menyiapkan makanan. Nah, orang-orang yang bergerak di bidang ini adalah para culinarians atau biasa juga disebut chef. Mereka adalah orang-orang yang paham mengenai teknologi pangan, nutrisi setiap bahan makanan, serta tentu saja rasa masakan.

HAHO - culinary arts chef
Seorang chef memiliki peran untuk mengolah bahan makanan dan menyajikannya lewat seni kuliner untuk menjadi masakan yang enak. Sumber: Pathway to Aus

Seorang juru masak punya kebebasan dalam menentukan cara, metode, dan teknik dalam memasak. Bahkan, seorang chef dapat membuat perpaduan antara dua atau lebih makanan yang berbeda menjadi satu masakan yang unik! Itulah yang kemudian membuatnya menjadi sebuah seni yang terus berkembang.

Dikenal sejak akhir abad 18

Sejarah culinary art sudah dimulai sejak akhir abad 18. Tepatnya tahun 1879, Boston Cooking School didirikan khusus untuk para perempuan muda yang memiliki minat dalam seni masak memasak. Sekolah yang kini bernama Simmons College tersebut menjadi pionir dalam hal institusi pendidikan yang bergerak di bidang kuliner.

HAHO - culinary art ACF
Sejak berdiri di tahun 1929, American Culinary Federation semakin membuat culinary art berkembang. Sumber: American Culinary Federation

Selang 50 tahun kemudian, American Culinary Federation (ACF) didirikan dan menjadi wadah untuk para juru masak terkemuka di Amerika Serikat. Salah satu misi mereka adalah untuk membantu para koki profesional dalam mengembangkan keahlian, menyebarkan pendidikan, serta menurunkan keahlian ke generasi muda.


Baca Juga: 6 Sekolah Culinary Art yang Bikin Kamu Viral seperti Gordon Ramsay!


Punya beragam jenis spesifikasi

Seiring berkembangnya studi mengenai bidang ini, kini muncul beragam jenis culinary arts yang lebih spesifik. Dari mulai butchery, pemrosesan makanan, presentasi visual makanan, keamanan makanan, nutrisi dan fisiologis, sejarah kuliner internasional, sampai pembuatan atau manufakturing di bidang kuliner. Jadi, banyak sekali yang bisa kamu pelajari!

Dipopulerkan oleh acara masak

Apa sih penyebab booming-nya bidang culinary art? Well, salah satunya adalah karena maraknya program televisi yang menyiarkan dunia masak-memasak. Kamu pasti kenal Chef Rudy dan Chef Sisca Soewitomo yang menyapa kita lewat program masak mereka yang legendaris, ada pula Chef Juna yang terkenal dengan gaya galaknya di program Master Chef Indonesia. Kalau di luar negeri ada Chef Gordon Ramsay dan Chef Jamie Oliver yang ngetop lewat program serupa.

HAHO - culinary arts Gordon Ramsay
Gordon Ramsay, mempopulerkan dunia culinary arts lewat program tv Hell’s Kitchen. Sumber: Gordon Ramsay

Kehebohan culinary art juga merambah ke YouTube. Kini semakin banyak channel YouTube yang mengkhususkan diri di bidang kuliner. Sebagai contoh, ada Bon Appetit yang khusus menyajikan tips dan tricks dalam dunia memasak. Sekarang, mereka sudah punya hampir 700 ribu subscribers dan video mereka sudah ditonton lebih dari 91 juta kali. Apakah kamu tertarik membuat program serupa?

***

Sudah kenal dengan dunia culinary art, kan? Jika kamu punya minat dan ingin menumbuhkan bakat di bidang kuliner, belajar mengenai culinary art adalah langkah yang tepat! Oh ya, jangan lupa untuk bikin akun di HAHO dan jadi bagian jejaring penggiat creativetainment di Indonesia!


Baca Juga: Chef Andrian Ishak Popularkan Molecular Gastronomy Masakan Indonesia


 

You might also like