Sekolah Chef Tanpa Biaya? Bisa, kok!

TutorialHAHO Media. Sekolah chef menjadi banyak peminatnya dengan maraknya kompetisi masak yang bermunculan belakangan ini. Apakah kamu salah satunya?

Sekolah chef adalah salah satu jalan untuk menjadi seorang koki handal. Di sini kamu akan diperkenalkan dengan dunia kuliner mulai dari cara preparation makanan hingga manajemen dapur. Banyak orang yang terkejut saat baru memasuki dunia kuliner, dikarenakan profesi ini menuntut orang untuk menguatkan fisik dan mental.

Namun sekolah chef bukanlah satu-satunya jalan untuk memuluskan karir sebagai seorang chef handal, Salah satu contohnya adalah Celebrity Chef Juna Rorimpandey.

Berikut HAHO punya tips untuk kamu yang berminat untuk meniti karir menjadi seorang juru masak profesional, namun tidak berminat untuk sekolah chef, yuk disimak.

 

1. Sering Berolahraga

Profesi ini sangat membutuhkan kekuatan fisik, karena kamu akan mengangkat pot air yang berat, berdiri nonstop, lembur dan kegiatan fisik lainnya. Tahan akan udara panas juga menjadi syarat utama jika kamu ingin survive di dunia kuliner.

2. Sabar

Jika kamu ingin menempuh karir ini dengan tanpa jalur sekolah, pastinya kamu akan memulai dari posisi paling bawah di dapur, yaitu menjadi seorang Steward. Tugas utama seorang Kitchen Steward adalah menjaga kebersihan dapur dan mencuci peralatan masak. Jika kamu sanggup untuk melewati fase ini, kamu siap untuk menempuh fase selanjutnya.

3. Cepat dan Kreatif

Setelah naik jabatan menjadi seorang Cook, kamu akan dihadapkan dengan tugas yang menuntut kamu untuk bergerak cepat. Tamu restoran pasti akan kesal jika makanan yang mereka pesan tidak kunjung datang karena proses masak yang lama. Kreativitas kamu pun akan diuji di sini dalam hal penyajian makanan, karena makanan yang disajikan bukan saja harus enak rasanya, tapi juga harus cantik penampilannya.

 

Sekolah chef

 

4. Pelajari Administrasi Dapur

Banyak orang yang mengabaikannya, padahal hal ini sangat penting untuk dikuasai jika kamu sudah berada di jajaran eksekutif dapur. Kemampuan dalam penghitungan cost belanja, makanan dan gaji harus sangat baik, karena ‘mati dan hidup’ suatu restoran sangat ditentukan oleh manajemen.

Sekolah Chef

 

5. Bereksperimen

Sekolah Chef

Sering-seringlah bereksperimen dalam membuat menu-menu baru jika kamu ingin menjadi seorang chef yang handal. Tidak hanya menu yang terus berkembang pesat, namun cara memasak pun terus berkembang mengikuti teknologi baru.

6. Perkenalkan Diri Kamu Sebagai Chef

Untuk mempercepat karir kamu menjadi chef, perkenalkan profesi dan keahlianmu kepada audience yang tepat. Dengan mendaftarkan diri di HAHO, kamu dapat membuka kesempatan yang lebih luas untuk berkarir di bidang kuliner sesuai keinginan kamu. Kamu dapat mencari perusahaan creativetainment atau restoran yang membutuhkan jasamu, juga membuka kesempatan di bidang creativetainment sebagai TV Personality atau bahkan aktor dan bintang iklan (seperti misalnya Gordon Ramsey dan culinary artist lainnya).

 

So #DoGeneration, jika kamu mengikuti cara-cara di atas, HAHO yakin perlahan tapi pasti kamu akan mampu bersaing dengan para juru masak lulusan sekolah kuliner. Banyak yang telah membuktikannya. Apakah kamu calon chef sukses berikutnya?

You might also like