Tips untuk Jadi Pastry Chef yang Sip

Siapa suka kue? Sedapnya rasa dessert dan kue-kue pastry membuatnya disukai banyak orang. Maka gak heran kalau profesi koki di bidang pastry atau biasa disebut pastry chef kian banyak bermunculan!

Kamu mesti tahu nih, menjadi seorang pastry chef harus punya banyak keahlian! Selain kehandalan dalam mengolah bahan makanan, pastry chef mesti jago mendekorasi, memberi bumbu, sampai cermat dalam menentukan waktu pemanggangan.

Ingin tahu tips untuk profesi yang ternyata membutuhkan tenaga fisik dan konsentrasi prima ini? Scroll down ke bawah, yuk!

Perlu kreatif bikin menu-menu baru

Kreativitas tuh penting banget buat pastry chef. Bahkan jika dibandingkan dengan jenis cara masak yang lain, profesi yang satu ini paling mesti memutar otak setiap kali memasak. Kenapa begitu? Well, hal itu karena koki pastry didorong untuk terus menciptakan menu baru yang belum pernah dibuat sebelumnya. Jadi, ide segar harus selalu bermunculan!

HAHO - Roland Mesnier, Pastry Chef di White House
Sebagai seorang koki pastry di White House, Chef Roland Mesnier selalu bisa menyajikan hidangan pastry yang baru. Presiden Bill Clinton adalah presiden yang sempat merasakan masakan sang koki ini. Sumber: Erinbakes

Kita bisa lihat contohnya dari Chef Roland Mesnier. Beliau adalah Executive Pastry Chef untuk White House yang telah berkarir selama lebih dari 25 tahun. Nah, asal tau aja nih, Chef Roland enggak pernah menghidangkan menu desserts yang sama di setiap event. Padahal ada banyaaak banget makan malam kepresidenan yang menyajikan hidangan pastry di sana. Itulah kreativitas!

Memperhatikan detail dengan telaten

Seorang pastry chef mesti terorganisir dan bekerja dengan detail. Membuat sebuah dessert terkadang butuh bahan makanan yang spesifik. Nah, bahan makanan itu mesti dikumpulkan dan diolah menjadi satu. Jadi, setiap bahan makanan harus diukur secara akurat dan dicampurkan dalam jumlah dan urutan yang tepat. Makanya nih, sifat yang detail-oriented dan telaten harus dimiliki setiap pastry chef untuk memastikan tak ada bahan makanan yang terlewat dimasukkan!

Untuk membuat pastry yang cantik, sang koki mesti punya perhatian terhadap detail dan telaten dalam menghias. Sumber: Pexels

Mesti sabar, sabar, dan sabar

Sebagian dari pekerjaan profesi pastry chef adalah: menunggu! Menyajikan dessert membutuhkan persiapan panjang. Menunggu adonan mengembang, menunggu mesin pemanggang selesai memasak, sampai menunggu kue siap untuk dihias terkadang menguji kesabaran. Well, enggak cuma sabar menunggu masakan, koki pastry juga mesti sabar dalam menghadapi tekanan pekerjaan dan pelanggan yang selalu ingin pesanan mereka cepat diselesaikan.

Memanggang cupcakes membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Menunggu adalah hal biasa bagi seorang pastry chef. Sumber: Pexels

Baca Juga: Queen of Pastry: Chef Karen Carlotta, Es Teler Cakenya Paling Populer!


Berpengetahuan luas

Untuk menjadi pastry chef yang baik, kamu mesti memahami prinsip ilmu dari apa yang kamu kerjakan. Misalnya nih ya, kamu mesti paham mana bumbu yang sedap, jenis makanan apa yang tidak bisa berlama-lama disimpan, sampai pada hal kandungan nutrisi dan kalori dalam menu yang sedang kamu masak.

Pengetahuan yang luas mesti dimiliki seorang pastry chef agar mampu menyajikan makanan dengan cantik. Sumber: Pexels

Enggak hanya soal makanan, kamu perlu memupuk sense of art juga, lho! Seenggaknya, kamu tahu bagaimana caranya menyajikan hasil masakanmu dengan cantik dan enak dipandang. Presentasi hasil makanan adalah bagian dari pekerjaan yang mesti kamu pelajari sungguh-sungguh. Nah, dengan memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam, kamu bakal jadi chef yang beda sama yang lain. Percaya, deh!

Pertajam soft skills yang relevan

Seperti yang sudah dibilang di awal, kamu mesti menguasai banyak keahlian untuk menjadi pastry chef yang andal. Ada banyak sekali soft skills yang bisa kamu asah secara terus menerus. Misalnya nih ya, bagaimana menakar dan mengukur bahan masakan dengan benar, mengombinasikan dan mencampur bumbu agar serasi, sampai dengan membuat hidangan terlihat lezat dan mengundang selera makan. Selain itu, skill manajemen dan bisnis juga penting kamu miliki agar menjadi pastry chef yang serba bisa!

Masuk sekolah kuliner

Jika kamu benar-benar menyukai profesi pastry chef, kamu perlu mempertimbangkan masuk sekolah kuliner! Di Indonesia, sudah banyak sekolah kuliner yang menawarkan program kuliner yang secara akademik diakui oleh lembaga pendidikan. Jadi, selulusnya dari sana, kamu punya sertifikasi yang sah dan diakui sebagai seorang koki!

HAHO - sekolah kuliner untuk pastry chef
Jika ingin mendalami lebih jauh dunia pastry, sekolah kuliner bisa menjadi pilihanmu. Sumber: Pexels

Pada akhirnya, apapun level pendidikan kuliner yang ditempuh, kamu mesti memilih program yang paling cocok untukmu. Barangkali di dalam perjalanannya nanti, kamu akan bimbang dalam menentukan pilihan. Jika itu terjadi, kamu mesti berhenti sejenak dan memikirkan goals apa yang ingin kamu tuju di awal. Dengan demikian, cita-citamu sebagai koki pastry pun bisa terwujud.

***

Siap bikin sajian dessert pertamamu? Mulai semuanya dengan bergabung di HAHO.CO.ID dan bikin profilmu di sana!


Baca di Sini: 6 Sekolah Culinary Art yang Bikin Kamu Viral seperti Gordon Ramsay!

You might also like