Tips Latihan Capoeira yang Bikin Kamu Makin Luwes!

Buat kamu yang antusias dengan dunia bela diri dan seni tari, pernah kepikiran buat mendalami Capoeira?

Buat ningkatin keahlian kamu dalam seni bela diri dan dance asal Brazil ini, banyak hal yang harus perhatikan, lho. Selain menjaga kondisi fisik diri biar selalu oke setiap latihan Capoeira, kamu juga harus memperhatikan apa yang kamu konsumsi.

Nah, apa aja yang harus kamu lakukan di proses latihan Capoeira biar lebih cepet jago? Tenang, HAHO punya kumpulan tipsnya buat kamu!

Pemanasan

Latihan seni bela diri yang lagi hits ini akan mendorong kamu untuk bergerak dinamis, akurat, dan sesuai dengan irama. Dengan melakukan pemanasan yang cukup, tentunya akan mengurangi resiko cedera ketika latihan gerakan yang fleksibel dan menggunakan kekuatan otot, misalnya seperti hand stand.

latihan capoeira
Pemanasan bakal bikin kamu lebih fleksibel tiap latihan. Sumber: Havaianas.

Jangan Sampai Dehidrasi

Latihan yang intens bisa dengan cepat mengurangi cairan tubuhmu. Pastikan kamu mengonsumsi air yang cukup saat latihan Capoeira, begitu pun dalam keseharianmu.

Tidur dan Istirahat yang Cukup

Kamu sebaiknya menyempatkan diri untuk istirahat setelah tiap sesi latihan. Kalau kamu latihan setiap hari, pastikan setiap sesi latihan memiliki panjang waktu yang sama. Selain itu, tidur malam selama 6 hingga 8 jam akan sangat membantu menjaga kebugaran dalam latihan.

latihan capoeira
Latihan Capoeira emang seru, tapi jangan sampai kamu nggak istirahat. Sumber: Vice Sports.

Baca Juga: Tips Bermain Skateboard untuk Pemula


Latih Otot Tangan dan Kaki

Biar lebih gampang melakukan gerakan yang akrobatis, kamu harus punya otot tangan dan kaki yang kuat. Dengan weight training, kamu akan memperkuat otot tangan dan kaki sehingga kamu bakal bisa lebih cepat dalam melakukan improvisasi teknik Capoeira.

Jangan Lupakan Latihan Otot Dada, Perut, dan Punggung

Kalau kamu punya otot dada, perut, dan punggung yang kuat, kamu bisa jadi lebih fleksibel menyempurnakan gerakan di mana kamu harus melakukan hand stand atau flip. Latihan sit up dan weight training sangat membantu tahap ini.

latihan capoeira
Otot yang luwes dan kuat adalah inti Capoeira. Sumber: Asian Itinerary.

Cermin dan Rekaman Bakal Membantu

Dengan berlatih di depan cermin atau menonton video sesi latihan kamu sendiri, kamu bisa lihat di bagian mana dan kapan gerakanmu membutuhkan improvisasi. Kalau perlu, catat bagian gerakan mana saja yang kamu pikir butuh perbaikan.

Cari Teman Latihan

Karena membutuhkan dua orang atau lebih dalam setiap aksi Capoeira, kamu disarankan untuk mencari teman latihan. Dengan begitu, kamu bisa saling memotivasi dan mendapatkan feedback langsung dari teman latihan kamu.

latihan capoeira
Cari teman latihan untuk melatih skill Capoeira kamu. Sumber: Abada Capoeira School.

***

Gimana #DoGeneration? Udah siap jadi jagoan Capoeira yang bisa menginspirasi?

Kalau kamu pengen terjun di dunia creativetainment dalam seni bela diri yang berasal dari Brasil ini, atau ingin bergabung dengan salah satu komunitasnya di kota kamu, ayo bikin profile di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga:

Seberapa Menjanjikan Pekerjaan Dancer di Indonesia?

You might also like