5 Skill Wajib Untuk Jadi Event Planner yang Pro!

Menjadi seorang event planner itu banyak tantangannya lho.

Baik kamu seorang event planner di sekolah, kampus, atau bahkan yang bercita-cita punya perusahaan sendiri, ada beberapa skill yang harus kamu punya biar bisa jadi seorang event organizer yang oke.

Apa aja sih skill yang harus dimiliki seorang event planner sukses? Yuk baca bahasannya di artikel dari HAHO!

Kamu Harus Jadi Orang yang Terorganisir

Dalam perencanaan sebuah event, kamu harus ahli dalam banyak hal, misalnya seperti memantau jalannya berbagai proses di dalamnya, vendor, dan menjaga hubungan dengan klien. Nah, beberapa skill ini bisa dipelajari dengan cepat kalau kamu memulainya dari hal personal, misalnya seperti membuat daftar aktivitas yang kamu jalani sehari-hari.

event planner
Latih dirimu menjadi orang yang teroganisir. Sumber: The Balance.

Suka Berinteraksi dengan Orang Lain

Seorang event planner yang sukses mudah berinteraksi dengan orang lain, tak pernah kehabisan topik, dan jago negosiasi. Salah satu dari inti sebuah event mengumpulkan pengunjung sebanyak-banyaknya, jadi kamu harus punya skill bagus dalam berinteraksi dengan teman, bahkan dengan dengan orang yang belum dikenal.

event planner
Skill sosialisasi adalah pendukung kesuksesan seorang event planner. Sumber: Pexels.

Pembicara dan Pendengar yang Baik

Skill komunikasi yang baik sebenarnya sangatlah penting di berbagai profesi. Dalam event planning, miskomunikasi bisa jadi masalah bagi klien dan event kamu sendiri lho. Jadi, kamu harus jadi orang yang bisa menyampaikan pikiran dan ide kamu dengan jelas, baik verbal dan nonverbal.

event planner
Setiap event planner harus memiliki skill komunikasi yang baik. Sumber: Pexels.

Baca Juga: Doyan Traveling? Ini Dia Kerja Kreatif yang Pas Buat Kamu!


Kreativitas Sangatlah Penting

Punya banyak ide itu salah satu skill yang harus dimiliki seorang event planner sukses. Nggak cuma itu, tapi kamu juga harus bisa bikin ide kamu jadi kenyataan. Mulai dari membuat tema acara hingga menentukan dekorasi yang sesuai. Kreativitas juga punya peran penting dalam mengatasi masalah yang bisa mempengaruhi kesuksesan event kamu.

event planner
Gunakan kreativitasmu secara maksimal dalam membuat event. Sumber: Pexels.

Multitasker

Dalam proses event planning kamu, pasti ada banyak hal harus kamu kelola. Kamu akan negosiasi soal lokasi, bertemu klien, hingga memilih host dan guest speaker yang sesuai acara. Seorang planner sukses harus tahu bagaimana menjalani multitasking yang efektif dan memastikan event kamu berjalan dengan lancar.

event planner
Sebagai event planner, kamu harus bisa multitasking. Sumber: Pexels.

***

Nah, itulah beberapa skill yang harus kamu punya kalau ingin jadi event planner yang sukses.

Kalau kamu adalah seorang event planner atau tertarik dengan dunia event organizer, yuk gabung di HAHO.CO.ID!


Baca Juga:

Tips Dapet Kerja di Dunia Creativetainment!

You might also like