Bikin Pameran Seni yang Hits Cukup dengan 5 Tips!

Tutorial – HAHO Media. Bikin pameran seni yang rame pengunjung emang gak gampang. Di luar ngumpulin para seniman dan memastikan seni yang ada di pameran seni kamu bisa stand out, banyak hal lain yang harus diperhatikan, apalagi kalau kamu bikin pameran untuk yang pertama kali.

Mau tau gimana cara bikin pameran seni yang bisa diingat oleh orang banyak? Yuk kita baca artikelnya dari HAHO!

 

Media Sosial

Sekarang jaman udah berubah, jadi bakal agak susah kalau kamu mau ngumpulin pengunjung cuma pake media konvensional seperti poster. Dengan media sosial, kamu bisa ningkatin jumlah calon pengunjung bahkan jauh sebelum pameran seni kamu benar-benar digelar.

Buat poster digital yang menarik, lengkap dengan setiap informasi penting soal acara yang akan digelar, lalu post di setiap media sosial yang potensial digunakan sama calon pengunjung kamu.

pameran seni
Tarik perhatian pengunjung melalui media sosial. Sumber: UMBC Arts & Culture Calendar.

Perhatikan Logistik

Karya seni bukan sekedar objek yang bisa kamu perlakukan sembarangan. Kamu harus punya sarana transportasi dan ruang penyimpanan yang sesuai; pastikan karya seni pameran kamu bisa sampai dalam kondisi oke. Selain itu, kamu juga sebaiknya membuat tim yang bisa kerja maksimal dan paham soal penjagaan karya seni.

pameran seni
Pastikan setiap karya seni dalam pameran kamu terlihat oke. Sumber: Minghui.

Buat Dirimu Dikenal Para Seniman

Sebelum bikin pameran seni, kamu sebaiknya memperkenalkan diri dan aktif dulu di berbagai komunitas seni di sekitarmu. Datangi pameran para seniman lain, dan sebisa mungkin gali informasi sebanyak-banyaknya juga bangun hubungan baik dengan mereka. Dengan begini, seniman lain akan lebih senang hati buat berpartisipasi di acara kamu.

pameran seni
Biar makin gampang bikin pameran, kamu harus aktif di komunitas seni. Sumber: Royal Academy of Arts.

 

First Impression adalah Segalanya

Kalau nantinya kamu mengadakan sesi presentasi karya-karya seni di pameran kamu, kamu harus bisa memilih mana saja yang paling menarik untuk dibahas. Selain itu, kamu juga sebaiknya menempatkan karya-karya yang paling oke pada spot yang pasti dilalui oleh pengunjung.

pameran seni
Posisikan karya-karya yang paling menarik pada spot utama. Sumber: Art Blart.

Jadi Orang Humble dan Friendly

Jangan pernah lupa buat ngucapin terima kasih pada pengunjung dan juga para seniman yang berpartisipasi di pameran kamu. Dengan begini, kamu bisa terus menjaga hubungan baik dengan mereka dan mendapat kesempatan untuk mengundang lebih banyak pengunjung dan seniman di pameran selanjutnya.

pameran seni
Buat pengunjung dan seniman di acara kamu merasa diapresiasi. Sumber: Pexels.

Nah sekarang #DoGeneration udah tau dong gimana caranya bikin pameran seni yang hits.

Kalau kamu suka bikin event atau aktif di dunia seni, yuk gabung di HAHO.CO.ID sekarang juga!

You might also like