Yuk, Kenalan dengan Pekerjaan Show Director!

Di balik konser ataupun pertunjukan yang memukau penonton ada orang-orang di balik layar yang bertanggung jawab akan kesuksesan acara tersebut. Ada satu peran kunci dalam sebuah pertunjukan dan tidak pernah tersorot kamera, yaitu show director.

Show director atau sutradara pertunjukan adalah orang yang mengatur semua kerja antara talent, para kru dan juga klien dalam sebuah event.

Show director dituntut untuk bisa memiliki keahlian seperti di antaranya memiliki pengetahuan seputar dunia produksi, mampu berkoordinasi yang baik, memiliki kemampuan sebagai pemimpin, memiliki wawasan yang luas dan up to date dan mampu menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Karena sutradara pertunjukan erat kaitannya dengan event management. Ia mengatur dan sekaligus membawahi banyak kru yang terlibat dalam sebuah event.

Show director biasanya membawahi Multimedia Manager, Sound Manager, Lighting Manager, Music Director, Show Manager, dan Koreografer.


Baca Juga: Talent Manager: Maestro Di Balik Suksesnya Sang Bintang


Selain berhadapan dengan tim pertunjukan, sutradara pertunjukan juga berhadapan dengan klien untuk memastikan pertunjukan berjalan lancar dan sesuai dengan hasil briefing bersama klien sebelumnya. Untuk itu soft skill seperti mampu berkomunikasi dengan baik, jiwa kepemimpinan yang tinggi dan bisa bertindak sebagai problem solver sangat dibutuhkan jika seseorang ingin serius menekuni profesi ini.

Sama seperti keahlian lainnya, sutradara pertunjukan merupakan keahlian yang bisa dilatih lewat pengalaman-pengalaman yang sudah ia lewati. Show director berpengalaman dapat terlihat dari hasil karyanya yang mampu membawa acara sederhana menjadi sebuah pertunjukan yang memorable bagi penikmat dan ataupun penyelenggaranya.


Baca di sini:

Tips Dapet Kerja di Dunia Creativetainment Buat Pemula

You might also like