Fashion Designer Vs. Fashion Stylist: Kamu yang Mana?

Kamu pasti pernah denger profesi fashion designer dan fashion stylist kan?

Meski keduanya bernaung di dunia fashion, ternyata profesi fashion designer dan fashion stylist punya tipe pekerjaan yang sama sekali berbeda, lho.

Nah, selain dari namanya, apa aja ya yang bikin fashion designer dan fashion stylist berbeda? Ga perlu bingung, karena HAHO punya artikelnya buat kamu yang penasaran!

Kalau kamu suka fashion, punya sifat artistik dan kreatif dalam merancang dan menata busana, kamu punya dua pilihan untuk meniti karir kamu dan menjadi yang terbaik di dunia fashion. Tapi sebelum mulai, yuk kita kenalan dulu sama profesi fashion designer dan fashion stylist!

Fashion Designer

fashion designer dan fashion stylist
Sebagai fashion designer, kamu nggak boleh kelewatan tren. Sumber: The Balance.

Fashion designer adalah profesi di balik tren fashion yang kamu ikuti setiap saat. Fashion designer bekerja dengan menganalisa tren konsumen, kemudian menjadikan hasil risetnya sebagai acuan desain pakaian, sepatu, dan aksesoris lainnya yang sesuai dengan keinginan target audience.

Seorang fashion designer bekerja dengan alur menggambar sketsa dasar desain yang akan ditunjukkan ke klien, hingga menentukan bahan dasar apa yang sesuai dengan desain buatannya.

Para fashion designer bekerja “dekat” dengan produsen supaya mereka bisa langsung mendapatkan bahan dan hiasan yang sesuai keinginan. Artinya, mereka terlibat dalam setiap tahap produksi.

fashion designer dan fashion stylist
Nggak cuma mendesain, fashion designer juga menaungi dunia pemasaran. Sumber: Tulsa World.

Di era komersil ini, fashion designer bahkan juga terlibat dalam pemasaran dan periklanan produknya. Nggak cuma itu, mereka juga menggelar fashion show sebagai sarana memperkenalkan produknya kepada calon pembeli.


Baca Juga: Sosok Para Fashion Stylist Ternama Indonesia


Fashion Stylist

Nah, fashion stylist bisa dibilang punya pekerjaan yang lebih fokus ke gaya pakaian dibandingkan fashion designer, misalnya seperti membuat list pakaian dan aksesoris yang bisa bikin gaya klien jadi sempurna.

fashion designer dan fashion stylist
Menata gaya klien adalah pekerjaan utama fashion stylist. Sumber: Ask Miss A.

Fashion stylist akan memiih pakaian dan aksesoris yang terlihat oke buat model, aktor dan banyak tipe klien lainnya. Jadi, bukan hal yang aneh kalau seorang fashion stylist banyak menghabiskan waktunya untuk membuat kombinasi pakaian dan aksesoris terlihat selaras dan sejalan dengan tren.

 

fashion designer dan fashion stylist
Skill mengombinasikan pakaian dan aksesoris harus dimiliki seorang fashion stylist. Sumber: Fashion Lady.

Selain menyediakan pakaian, props, dan aksesoris untuk klien, seorang fashion stylist juga punya peran penting dalam sesi foto, misalnya seperti memilih lokasi foto dan memastikan modelnya mengenakan pakaian serta makeup yang sesuai.

***

Nah #DoGeneration, itu dia bedanya fashion designer dan fashion stylist!

Kalau kamu pengen punya profesi sebagai fashion designer atau fashion stylist, kamu bisa kerja di rumah produksi fashion lokal, publikasi majalah fashion dan masih banyak lagi.

Nggak perlu ribet, kamu bisa memperkenalkan diri di dunia fashion dan dengan gampang nyari company yang sesuai dengan profesi fashion kamu di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: 6 Sekolah Fashion Terbaik di Indonesia


 

You might also like