Tips Wajib Untuk Jadi Fashion Blogger Ajib

Memulai karier sebagai seorang fashion blogger kini bisa dilakukan tanpa harus lelah. Tetapi, menjadi fashion blogger dengan karya yang keren, itu baru susah!

Menjadi fashion blogger keren mesti stand out dengan gaya yang oke dan berbeda dari yang lainnya. Selain mengurusi urusan desain baju dan detail dunia tata busana lainnya, seorang fashion blogger juga mesti membangun identitas yang unik di social media!

Suka dunia fashion? HAHO sudah rangkum enam tips untuk memulai karier sebagai seorang fashion blogger yang super kece!

Jadilah beda dari yang sudah ada

Dibandingkan dulu, kini sudah ada banyak sekali fashion blogger bermunculan. Mereka tampil dengan masing-masing karya dan gaya mereka sendiri. Nah, kamu mesti hadir dengan ciri khas kamu sendiri. Dengan begitu, kamu akan semakin stand out dari yang yang sudah ada.

HAHO - Fashion Blogger Mispapilecos
Di usianya yang sudah setengah baya, Sacramento tetap bisa tampil dengan gayanya yang segar dan unik. Sumber: Mis Papelicos

Untuk melakukan ini, kamu perlu bertanya kepada diri sendiri: apa hal berbeda yang bisa kamu tawarkan dari blog fashion yang kamu buat? Pikirkan jawabannya secara matang ya! Lewat cara ini, kamu akan dipaksa untuk menjadi unik ketimbang mengikuti tren yang sedang berkembang.

I do not get dressed, I paint my days with clothes and compose with them as a mean of art and self-expression.” – Sacramento, fashion blogger

Ketahui dan tentukan siapa audiensmu

Menentukan siapa audiens itu penting. Dengan begitu, kamu akan tahu kepada siapa kamu ‘berbicara’. Kamu bisa lakukan ini dengan mengingat apa alasan kamu menulis blog dan bagaimana kamu ingin dilihat oleh publik. Jika kamu menargetkan remaja seusiamu untuk datang ke blog kamu, maka pastikan gaya penulisan dan cara penyampaian kamu sesuai dengan usia mereka ya!

Bangun profil Instagram yang menawan

Instagram itu media sosial wajib buat seorang fashion blogger! Ibarat kata, Instagram itu bagai etalase untuk karya-karya kamu di blog. Kamu bisa lho menata feeds Instagram dengan rapi dan terkonsep. Aplikasi seperti Planoly dan Plannthat bisa membantumu merancang foto-foto di Instagram sesuai selera. Lewat cara ini, identitas fashion blogger kamu akan semakin terlihat keren!

HAHO - Fashion Blogger Xuzzi
Xuzzi, salah satu fashion blogger yang menata akun Instagramnya lewat warna merah muda yang menawan. Sumber: Instagram

Well, banyak yang menganggap blog sudah ketinggalan zaman dan kini Instagram lebih oke digunakan. Meski begitu, sebenarnya dua medium ini bisa dikombinasikan kok! Blog adalah tempatmu untuk menampilkan gaya secara detail dan mendalam sementara diskusi dan interaksi kamu dengan pengunjung blog akan terjadi di Instagram. Pastikan kamu melakukan cross sharing di masing-masing platform media sosial ya!


Baca Juga: Ini Dia 5 Film Fashion yang Harus Kamu Tonton!


Konten ajib itu wajib

Konten adalah raja. Apapun mediumnya, konten harus juara! Fokuslah membuat konten dengan konsisten dan pastikan bahwa setiap foto, gaya, dan tulisan di blog kamu adalah yang terbaik yang bisa kamu buat. Konten kamu mengagumkan akan menjadi tukang promosi yang paling bisa kamu andalkan!

Kenali dirimu sendiri

Apa yang bagus untuk orang lain belum tentu bagus untuk semua orang, termasuk untukmu. Ingat, kamu harus benar-benar menemukan apa identitas diri kamu sebagai fashion blogger. Selain itu, kamu juga perlu memahami bentuk fisik tubuhmu. Well, semua jenis bentuk tubuh itu indah kok! Kamu hanya perlu mencari desain baju dan gaya apa yang cocok untukmu. Selain itu, kamu pun bisa buat proyek Do-It-Yourself jika kamu pikir itu bisa membantumu dalam menyampaikan gaya fashion yang kamu mau.

 

HAHO - Fashion Blogger Plus Size
Nadia Aboulhosn, desainer dan fashion blogger yang tampil cantik dengan model baju plus size. Sumber: Nadia Aboulhosn

Bangun kepribadian

Di dunia fashion blogger, kamu mesti menjaga kepribadian yang baik. Jujurlah kepada diri sendiri dalam berkarya dan jangan terlalu mengejar materi dan popularitas ketika membangun kariermu. Sukses tidak datang dalam satu malam dan salah satu kunci kesuksesan yang panjang adalah melakukan hal yang kamu cinta. Dengan begitu, materi dan popularitas akan mengikuti. Sudah siap menjadi fashion blogger, #DoGeneration?

***

Sudah baca tips di atas? Segera aplikasikan di Kunjungi dan buat akun di HAHO.CO.ID yuk, siapa tahu ada project fashion seru yang bisa kamu ikuti!


Baca Juga:

Sosok Para Fashion Stylist Ternama Indonesia

You might also like