Jangan Meremehkan Pemeran Tambahan

Dalam dunia Hollywood, keberadaan pemeran tambahan atau juga disebut extras sudah dimulai dari era silent movie hingga era modern.

Pemeran tambahan biasanya tidak memiliki dialog, meskipun ada, pasti tidak terlalu signifikan dan hanya muncul sesekali saja. Tidak hanya dalam dunia film, namun mereka juga ada dalam pertunjukkan teater, opera, hingga tayangan televisi.

Namun, jangan anggap remeh kontribusi dari para pemeran tambahan dalam sebuah film, teater, atau tayangan televisi. Berkat jasa mereka, scene dalam sebuah film bisa menjadi lebih hidup dan terlihat natural.

Contohnya saja war movie dan epic movie yang membutuhkan banyak orang dalam banyak scene. Lihat saja film-film seperti The Lord of The Ring, The Kingdom of Heaven, hingga Titanic.

Epic movie The Lord of The Ring yang memerlukan pemeran tambahan
Film The Lord of The Ring yang hampir pada setiap scene membutuhkan pemeran tambahan

Tak hanya itu, mereka juga dibutuhkan misalnya, pada saat scene menjadi tamu di restoran, orang-orang yang berlalu lalang di jalan raya, pengunjung mall atau taman bermain. Tapi tampaknya hampir setiap scene dalam sebuah film dapat dipastikan ada pemeran tambahan.

Biasanya pemeran tambahan disediakan oleh Production House ataupun Agency. Terkadang peran mereka masih dianggap sebelah mata. Mungkin hal ini dikarenakan peran mereka yang less dialog bahkan tidak memiliki dialog dan dianggap tidak terlalu penting.


Baca juga : Tips Jadi Penulis Skenario Dari Para Profesional


Dalam dunia bollywood maupun hollywood keberadaan mereka merupakan bagian dari jenjang karir menuju supporting actor hingga ke main talent. Bisa disebut juga merupakan batu loncatan bagi karir seorang aktor di dunia perfilman.

Sebut saja artis-artis hollywood seperti Sylvester Stallone, Brad Pitt, serta Ben Affleck dan Matt Damon, mereka berdua menjadi pemeran tambahan dalam film Field of Dreams (1989).

Penulis asal Birminghan, Inggris, Anthony Slide pernah menulis buku berjudul “Hollywood Unknowns: A History of Extras, Bit Players, and Stand-Ins”, berisi tentang bagaimana kehidupan pemeran tambahan atau “unknown actor” di hollywood, eksploitasi, hingga artis hollywood yang berawal dari seorang pemeran tambahan.

"Hollywood Unknowns", buku tentang pemeran tambahan
“Hollywood Unknowns”, buku tentang pemeran tambahan di dunia Hollywood

Keberadaan mereka sebenarnya sangat penting untuk pendukung film dan acara televisi, karena jika tidak ada mereka mungkin saja film yang kamu tonton akan terlihat kurang natural.

Nah, bagi kamu yang punya passion di dunia akting, nggak ada salahnya untuk mencoba peran ini. Nilai plusnya adalah kamu bisa lebih banyak waktu untuk belajar, karena porsi peran tambahan tidak terlalu banyak, kamu justru lebih punya banyak waktu untuk belajar bagaimana proses pembuatan film, opera, teater ataupun acara televisi!

Join yuk di HAHO.CO.ID atau kamu bisa download aplikasi HAHO di Google Play Store kamu dan temukan para Production House dan Talent Agency yang terpercaya di HAHO!

Good luck #DOgeneration!

 

 

You might also like