Langkah-Langkah Menjadi Fotografer Model Profesional

fotografer model
Fotografer Model Profesional. Sumber: Pexels.

Buat kamu yang suka foto teman-teman sendiri atau bahkan selfie, pernah kepikiran untuk menjadi fotografer model profesional?

Meskipun kamu menggunakan talent yang cantik, kualitas hasil akhir tetap ada di tangan fotografer model, lho. Selain itu, banyak hal lain yang juga harus diperhatikan jika kamu mau fokus di dunia fotografi model.

Apa aja, ya? Tenang, HAHO punya tips untuk fotografer model yang pastinya bakal membantu kamu!

 

Peralatan dan Keahlian Fotografi Profesional yang Mencukupi

Kamera dengan resolusi tinggi, lighting kit, dan software pengeditan foto adalah bagian-bagian penting yang harus kamu miliki. Kalau kamu merasa belum memiliki skill untuk menjadi fotografer model yang cukup, mulailah mengikuti kursus fotografi atau bekerja menjadi asisten fotografer agar nantinya kamu bisa mendapat ilmu lebih banyak dari yang ahli.

Lighting Kit, alat penting yang harus dimiliki seorang fotografer mode. Sumber: B&H.

Mulailah Membuat Portfolio yang Menarik

Untuk memberi kesan dan gambaran seperti apa kemampuan fotografi kamu pada modeling agency, mulailah membuat portfolio. Kamu bisa menambah konten portfolio dengan foto-foto teman kamu sebagai model, tapi jangan lupa untuk membuatnya terlihat profesional.

fotografer model
Portfolio kamu berperan penting dalam karir kamu sebagai fotografer model. Sumber: Pinterest.

 

Buat Dirimu Mudah Dicari

Menggunakan portfolio yang sudah dibuat, kamu bisa memamerkan karya-karya kamu di website dan media sosial pribadi, atau ke dalam format .pdf jika kamu diharuskan untuk menampilkan portfolio melalui email. Dengan menonjolkan dirimu di industri fotografi model, kamu bisa lebih cepat mendapatkan pekerjaan nantinya.

 


Baca Juga: Fotografi Jurnalistik Ala Ilham Anas


 

Hubungi atau Kunjungi Tempat di Mana Para Model Mencari Fotografer

Hal ini sangat krusial untuk memperluas networking kamu sebagai fotografer model. Kunjungi variasi situs modeling agency, atau datanglah ke berbagai event modeling. Ketika kamu menemukan model yang berpotensi untuk menjadi klien, tunjukkan portfolio kamu dan jangan lupa memberi kontak lengkap.

fotografer modelPose Model dalam Sebuah Sesi Foto. Sumber: Improve Photography.

 

Jangan Menolak Pekerjaan Tak Berbayar

Sesi foto gratisan seperti ini merupakan satu dari banyak media untuk melatih dirimu, bukan sekedar untuk meraup keuntungan. Hal ini sangat memungkinkan untuk mendorong kreativitas dan pengalaman profesional kamu. Malah, jika kamu terlalu fokus pada pekerjaan berbayar, kamu akan memakan waktu lebih lama untuk membangun portfolio yang sesuai dengan karakter dan gaya fotografi kamu.

 

Konsistensi adalah Kunci

Dunia fotografi model sangatlah kompetitif, jadi kamu nggak cukup hanya dengan menunjukkan bahwa kamu percaya diri dan memiliki passion yang kuat di dunia fotografi model. Ketika kamu berkompetisi dengan ratusan fotografer lainnya, kamu harus terlihat paling menonjol. Tunjukkan, dan jangan hanya berjanji kalau kamu akan menghasilkan karya yang disukai oleh klien.

 

Itulah tips memasuki dunia fotografi model versi HAHO! Kalau kamu ingin menunjukkan portfolio dan kemampuan kamu dalam memotret model, ayo gabung di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: Kerja Kreatif yang Cocok untuk Traveler!