Talent Manager: Maestro Di Balik Suksesnya Sang Bintang

Kamu punya keinginan membantu karir seorang talent untuk mencapai potensi maksimal mereka? Mungkin karir sebagai Talent Manager patut kamu coba.

Pada hakikatnya, seorang Talent Manager (atau juga dikenal sebagai Artist Manager, Music Manager atau Band Manager) bertugas untuk membantu menyelesaikan urusan sehari-hari seorang talent. Contohnya, membantu memilihkan skrip untuk aktor, atau mencarikan agensi baru, membantu seorang penyanyi memproduksi album rekaman dan mengatur waktu tur mereka. Mereka juga dapat mengidentifikasi seseorang yang memiliki bakat tertentu untuk diarahkan langsung kepada pihak-pihak yang dapat mengembangkan talenta mereka lebih baik lagi.

Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Talent Manager?

talent manager
Istri dari legenda rock Ozzy Osbourne ini, juga menjadi salah satu Talent Manager yang sukses (sumber: Wikipedia)

Punya pengalaman dalam dan kecintaan terhadap industri Entertainment.

Banyak talent manager yang sebelumnya menekuni profesi sebagai performer, atau memang pernah berkecimpung dalam dunia entertainment. Jika kamu memang punya pengalaman seperti di atas, mungkin kamu adalah orang yang tepat untuk menjadi Talent Manager.

Talent Manager
Di balik kesuksesan The Beatles, ada seorang Brian Epstein yang menjadi maestro yang membawa The Beatles dikenal di seluruh dunia. (Sumber: The Ranker)

 

Pilih tipe talent yang ingin kamu tekuni.

Jika kamu punya passion dalam akting, menjadi Talent Manager seorang aktor adalah pilihan tepat. Jika kamu menyukai atau berpengalaman di banyak bidang entertainment, adalah tepat untuk kamu memilih seseorang yang multi-talenta.

Jangan lupakan kepribadian yang nyaman untukmu diajak bekerja sama. Jika agensi talent biasanya bekerja sama dengan banyak klien, maka seorang manager hanya mewakili satu atau beberapa orang saja. Bisa dibilang bahwa talent yang kamu wakili adalah sahabat terbaikmu.

 


 Baca di sini: Mau Memasarkan Musik Secara Digital? Pakai Cara Ini!


 

Kembangkan keahlian dan pengetahuan sebagai manager untuk talents.

Tidak ada sekolah khusus menjadi manager untuk talent, namun kamu dapat belajar keahlian khusus melalui sekolah formal. Misalnya Ilmu Marketing, Komunikasi, Public Relations, dan HRD akan membantumu menjadi manager yang mumpuni. Bahkan sekolah seni kreatif dapat memberi pemahaman lebih untuk bekerja sama dengan orang-orang kreatif.

Tanpa sekolah formal, kamu dapat menambah wawasan umum mengenai tipe talent dengan melihat berita dan ulasan mengenai entertainment dan mempelajari tren yang ada.

 

Bekerja dengan talent manager yang sudah berpengalaman

Bekerja di dalam sebuah talent management dapat memberi pengalaman berharga bagimu. Atau kamu dapat mempelajari bisnis entertainment dengan bekerja sama dengan produser, sutradara atau casting director.

Mulailah dengan bekerja di kota besar dimana kamu dapat terjun langsung dalam industri dengan lebih mudah.

talent manager
Joe Jackson, sebagai ayah dan talent manager The Jackson 5. (sumber: The Phawker)

 

 

 

 

 

 

Lihat kesempatan untuk melakukan lebih.

Sambil melakukan tugas sehari-hari, kamu dapat perlahan belajar untuk mengevaluasi skrip, merencanakan tur atau mengembangkan promo.

 

Bergabung dengan organisasi profesional

Contohnya dengan asosiasi talent yang ada di kotamu, atau join ke platform profesional yang khusus bergerak di bidang kreatif dan entertainment seperti HAHO, di mana talent manager seperti kamu bisa connect dengan calon talent yang menurut kamu potensial. Hal ini berguna untuk mengembangkan network kamu sebagai Talent Manager.

 

Menarik, kan? Memang selalu ada cara untuk terus berkreasi di dunia creativetainment. Terutama kamu dengan managing skill tinggi, punya konsep impian akan seorang figur talent ideal dan punya networking skill yang cukup, yuk, siapkan diri kamu untuk jadi talent manager!

 

You might also like