5 Hal tentang Synthesizer yang Perlu Kamu Tahu

Jika kamu dengar lagu-lagu dari Pee Wee Gaskins, Goodnight Electric, hingga Scaller pasti kamu akan dengar alat musik yang bunyinya terdengar seperti mesin elektronik. Well, nama alat musik tersebut adalah synthesizer!

Synthesizer sering digunakan di musik-musik bergenre pop electronic, dance, trance, dan juga EDM. Suara dari alat musik ini emang bikin musik tersebut tambah seru, #DoGeneration!

Tapi tahukah kamu sejarah dan cara kerja synthesizer? Jangan khawatir, HAHO sudah rangkum 5 hal seputar alat musik yang satu ini. Dibaca yuk!

Diciptakan oleh tukang listrik

Tahu enggak, ternyata alat musik ini dibuat pertama kali oleh seorang tukang listrik, lho! Namanya adalah Robert Moog. Jadi sekitar tahun 1960-an, dia membuat mesin yang bisa mengeluarkan suara sesuai dengan voltase listrik yang digunakan. Nah, listrik tersebutlah yang menciptakan tekanan dan gesekan beraturan pada synthesizer yang disebut ‘oscillation‘.

Proses oscillation ini kemudian menghasilkan gelombang suara yang bisa dibuat dalam beraneka jenis ukuran, kecepatan, dan juga strukturnya. Akhirnya, beragam gelombang suara ini yang terdengar menjadi musik di telingamu. Dari sini, synthesizer atau biasa disebut juga synth semakin dikembangkan.

HAHO - Robert Moog, penemu synthesizer
Robert Moog, penemu alat musik synthesizer. Sumber: History

Enggak semuanya berbentuk piano

Sebagai alat musik, bentuk synth mirip dengan piano. Meski begitu, enggak semua synthesizer adalah piano dan enggak semua piano adalah synthesizer. Synthesizer sendiri awalnya adalah alat khusus yang mengatur gelombang elektronik. Alat tersebut memerlukan controller agar bisa memproduksi suara. Nah, untuk memudahkan dalam memainkannya, produsen alat musik kemudian menyatukan piano dan synth dalam satu alat yang samaItulah yang kemudian membuat synthesizer erat kaitannya dengan piano.

HAHO - Yamaha DX7, salah satu jenis synthesizer paling legendaris
Yamaha DX7, salah satu jenis synthesizer berbentuk piano yang paling legendaris.

Baca juga: 5 Arranger Musik Terbaik di Indonesia


Punya empat komponen utama

Untuk memproduksi suara, synth punya empat komponen utama. Mereka adalah oscillator, filteramplifier, dan modulation. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, fungsi oscillator adalah untuk menciptakan gelombang suara. Nah, si gelombang suara ini kemudian mengubah timbre atau warna suara melalui komponen filter. Di bagian ini, suara bisa dibuat dalam banyak karakter alat musik, seperti terompet, sampai suara yang menyerupai robot!

Kanye West gunakan suara-suara seperti robot menggunakan synthesizer dalam intro lagu On Sight. Sumber: Hastac

Dari komponen filter, gelombang suara dialihkan ke komponen amplifier. Di sini, gelombang suara akan diatur besar kecil sampai durasi volume setiap nada. Proses ini penting untuk membentuk karakter suara, lho! Nah, semua proses itu diakhiri di komponen modulation, di mana beragam gelombang suara dikombinasikan dan menghasilkan suara menjadi satu frekuensi yang kemudian diolah musisi menjadi musik yang enak didengar!

Bisa dimainkan di laptop

Dengan perkembangan teknologi, saat ini kamu dapat memainkan synthesizer di laptop kamu, lho! Ada banyak perangkat lunak yang bisa kamu gunakan. Jika kamu pengguna Mac, maka Main Stage 3 adalah software tepat. Untuk pengguna Windows, SynthMaster adalah salah satu yang terbaik. Cara menggunakannya pun enggak terlalu rumit, tinggal unduh, install, dan laptopmu pun akan berubah menjadi alat musik. Lewat laptop, kamu bisa memproduksi, merekam, sampai mengedit audio dalam satu aplikasi yang sama. Bahkan kamu juga bisa menyambungkan synth berbentuk piano ke laptop kamu. Simpel, kan?

Untuk pengguna Mac, salah satu software yang sering digunakan untuk memainkan synthesizer di laptop adalah Main Stage 3. Sumber: Apple

Toko yang menjual synthesizer tersedia di Jakarta

Sudah tertarik menjadi seorang pemain synthesizer? Kamu bisa membeli alatnya di Jakarta, lho! Silakan datang, melihat, mencoba, dan membelinya di berbagai toko alat musik seperti Legato, Wahana Musik, dan Trijaya Musik. Beragam jenis dan tipe synth tersedia dari mulai Arturia Matrixbrute, Moog Sub 37, sampai model synth analog seperti Minimoog Model D. Kamu tinggal pilih saja!

Lokasi toko:

Legato Music Center

Senayan, LG no.127 Jl.Asia Afrika. Pintu IX Gelora Senayan Jakarta Pusat 10270 +62-21-57932303 (11.00am – 19.00pm)

Wahana Musik Serenata

ITC Permata Hijau Ruko Emerald No., Jl. Arteri Permata Hijau No.29, RT.7/RW.10, Grogol Utara, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

Trijaya Musik

Jl. Al Barkah Gg. Mulia No. 35A, RT.009/ RW.05 Tebet, Manggarai Selatan, RT.10/RW.5, Manggarai Sel., Jakarta Selatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

***

Nah itu dia beberapa hal seputar alat musik elektronik yang satu ini. Jika kamu sudah jago bermain synthesizer, yuk join ke HAHO.CO.ID untuk bergabung di media sosial bagi para pelaku industri creativetainment!


Baca juga:

Apa Saja Sih Pekerjaan Produser Musik?

You might also like