Cara Bikin Video Cover Lagu yang Oke Punya!

Di zaman sekarang, semua orang bisa terkenal. Lewat media sosial, bakat dan talentamu bisa diketahui seluruh dunia. Salah satunya adalah dengan cara bikin video cover lagu!

Lihat saja Boyce Avenue, Sabrina, dan Hanin Dhiya. Mereka berhasil ngetop karena rajin upload video cover musik mereka di YouTube maupun Instagram. Kini, mereka punya ribuan sampai jutaan penggemar di seluruh dunia!

Mau seperti mereka? Enggak susah kok! Percaya gak, kamu hanya butuh smartphone, niat yang kuat, serta baca artikel ini untuk tahu cara bikin video cover lagu yang kece!

HAHO - Boyce Avenue cara bikin video cover lagu
Boyce Avenue, salah satu musisi yang ngetop lewat video cover musik mereka. Sumber: The Royal Alberthall

Rekam pakai kamera ponselmu

Cara bikin video cover lagu itu mudah kok! Cuma tinggal keluarkan ponsel pintar dan tekan tombol rekam di smartphone-mu. Enggak perlu pusing dengan bagaimana cara mengedit videonya nanti, cukup gunakan satu kamera dan semua bisa jadi! Tapi, jangan lupa untuk mempelajari dasar-dasar komposisi dan angle kamera agar tampilan video cover lagu kamu enggak terlihat membosankan.

Telepon genggam pintar kini bisa menjadi sahabat kamu untuk merekam video cover musik. Sumber: Linkedin

Beberapa tips dasar komposisi kamera mudah dilakukan kok. Kamu bisa mulai dengan membeli mini tripod untuk meletakan kamera, lantas kamu perlu mengatur arah kamera ke arah dada kamu. Terakhir, tempatkan diri kamu di tengah kamera dan pastikan bahwa setengah badanmu masuk ke dalam frame gambar. Kalau itu dilakukan, gambarmu pasti aman!

Posisikan tubuh dengan nyaman

Enggak semua orang nyaman berada di depan kamera. Tapi untuk cover musik sebuah lagu, kamu mesti membiasakan diri untuk berekspresi secara lepas. Enggak mesti tampil berlebihan kok, kamu cukup tersenyum dan percaya diri tampil di depan kamera. Jangan lupa untuk menonton kembali video yang kamu rekam, barangkali kamu bisa mengevaluasi diri sendiri dan tentu saja mengulangi pengambilan gambar apabila tubuhmu masih terlihat kaku!

Ada beberapa cara agar tubuhmu tidak tegang di depan kamera. Kamu bisa duduk dengan santai, menatap ke arah kamera, menggunakan pakaian yang nyaman, serta memilih ruangan yang tenang. Anggap saja kamu sedang bernyanyi di hadapan kawan dekatmu, dijamin semua rasa tegang bisa menghilang. Dicoba, ya!


Baca Juga: 3 Sekolah Musik di Jakarta yang Bikin Kamu Jadi Musisi Beken


Maksimalkan kemampuan bermusik

Sebagai seorang penyanyi yang membawakan lagu orang lain, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, kamu bisa memilih lagu yang cukup populer. Hal ini agar videomu bisa mengikuti tren yang lagi ada saat ini. Kedua, latih vokalmu agar bisa bernyanyi dengan nada yang tepat. Terakhir, jangan lupa untuk tunjukin gaya unik kamu sendiri ketika bernyanyi ya! Dan yang paling penting, jangan lupa minta izin untuk menggunakan lagu tersebut ke musisi aslinya ya, #DoGeneration! Mari hargai hak cipta dan karya sesama musisi!

HAHO - alat musik cover musik
Punya kemampuan memainkan alat musik adalah poin plus. Sumber: Total Jobs

Kemampuan bermusik tuh enggak cuma bernyanyi, tetapi juga bermain alat musik! Apa alat musik yang bisa kamu mainkan? Gitar? Piano? Ukulele? Well, apapun alat musiknya, kamu bisa menggunakannya untuk mengiringi kamu bernyanyi. Kemampuan bermusik adalah nilai plus yang bisa kamu manfaatkan. Tapi jangan khawatir jika kamu belum bisa memainkan alat musik, ya. Kamu bisa mengajak sahabat dekatmu untuk berkolaborasi meng-cover lagu bersama-sama.

Jangan lupa share!

Setiap habis bikin video cover, kamu perlu sering-sering membagikan hasilnya di media sosial! Banyak akun seperti @indomusikgram, @vokalplus, termasuk @hahotv dan akun-akun musik lainnya yang bersedia untuk repost video kamu kepada followers mereka yang kini jumlahnya sudah puluhan ribu orang. Artinya, jika video cover musik kamu sudah oke banget, mereka bakal bersedia untuk mempromosikannya ke khalayak ramai. Semakin banyak share, semakin banyak pula orang yang menonton kamu! Seru, kan?

***

Sudah siap bikin video cover pertama kamu, #DoGeneration? Kamu bisa bikin akun di HAHO.CO.ID dan bergabung di media sosial bagi para pelaku industri creativetainment!


Baca Juga:

Yang Perlu Diperhatikan Saat Memasarkan Musik Secara Digital