Yo, Yo, Yo! Ini Dia Cara Menyusun Rima Musik Hip Hop

Siapa sih yang enggak pernah denger musik hip hop? Genre musik yang satu ini emang enggak pernah gagal bikin kita goyang asyik!

Salah satu yang bikin hip hop seru buat didengar adalah kemampuan para musisinya untuk membuat lirik dengan suku kata yang berima. Teknik rima ini enggak mudah lho, mereka harus memiliki pengetahuan kata yang luas agar liriknya terdengar unik dan menarik!

Di artikel ini, HAHO bakal jelasin cara menyusun rima yang sering dipakai musisi hip hop untuk nge-rap! Yuk kita simak, #DoGeneration!

Suku kata yang sama

Dalam Bahasa Indonesia, rima memiliki arti pengulangan bunyi yang ada di dalam larik sajak maupun pada akhir larik sajak yang berdekatan. Artinya, bunyi suku kata terakhir di satu kalimat harus sama dengan kalimat berikutnya. Nah, kalau di musik hip hop, suku kata yang sama ini dibuat untuk menciptakan lirik lagu yang menarik.

HAHO kasih contoh di lirik lagunya Saykoji yang berjudul ‘Pengen Kurus’, ya!

Aku pengen kurus
Punya badan seksi dan terurus
Aku pengen kurus
Perut six pack tanpa selulit dan mulus

gue ngaku gue gendut pengen kurus
badan penuh selulit udah kagak mulus
tapi kagak kuat cuma makan ayam kukus
olahraga suka males harapan pun pupus

Lihat kan? Di lirik tersebut, Igor menggunakan suku kata dengan rumus ‘huruf konsonan+us’. Dengan rumus ini, lirik lagu ‘Pengen Kurus’ terdengar keren dengan kesinambungan pelafalan suku kata yang sama di setiap akhir kalimat.

Sebuah bentuk musikalitas tingkat tinggi

Seperti yang kita sudah tahu, teknik rima sering digunakan pada musik hip hop. Sejak awal mula musik ini ditemukan di era 1970-an, lirik berima dipakai pada bagian di mana si musisi bernyanyi sambil nge-rap.

HAHO - Buku yang membahas Teknik Rima pada Hip Hop
How to Rap, buku tentang segala hal yang mesti kamu tahu tentang hip hop. Sumber: Genius

Paul Edwards dalam buku How to Rap: The Art & Science of the Hip-Hop MC bilang bahwa lirik rima digunakan untuk menunjukan kualitas musikalitas yang kompleks. Hal itu karena para rapper harus membuat kata-kata yang bervariasi dengan tetap memperhatikan hubungan antar lirik. Terbukti ‘kan, ternyata nge-rap itu harus pintar merangkai kata juga lho, #DoGeneration!


Baca Juga: Usung Budaya Jawa, Hip Hop Indonesia Sukses Mendunia


Punya banyak tingkatan

Berapa banyak sih level rima ketika nge-rap? Satu? Dua? Jawabannya adalah: tujuh! Yup, kamu enggak salah dengar. Seorang rapper bisa merangkai sampai dengan tujuh suku kata yang sama di setiap kalimatnya. Enggak percaya? Masih bingung cara mempraktikannya? Kamu mesti tonton video dari Igor Saykoji ini untuk lihat bagaimana ia beratraksi dengan kata-kata! Di video ini, Igor nunjukin bahwa teknik rima bisa diterapkan pada satu, dua bahkan tujuh suku kata.

(Sumber: Youtube)

Sudah lihat bagaimana teknik rima pada rap kan?  Setelah baca artikel ini, apakah kamu berminat menjadi musisi hip hop? Well, jangan lupa daftarkan diri kamu di HAHO.CO.ID untuk bergabung di creativetainment marketspace kece di Indonesia!


Baca Juga:

Cek 5 Tempat Kursus Dance Terbaik di Jakarta!

 

You might also like