Food Photographer Jagoan Gak Akan Bikin 5 Kesalahan Ini

Tutorial – HAHO Media. Menjadi seorang food photographer itu menarik! Siapa sih yang gak pengen punya profesi yang pekerjaannya mengambil gambar makanan agar terlihat semakin menggiurkan?

Meski begitu, seorang food photographer terkadang melakukan kesalahan dalam mengambil foto. Kesalahan tersebut bisa membuat foto makanan yang ia ambil menjadi kurang maksimal.

Yuk baca lima kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang food photographer agar kamu tidak melakukannya.

Angle yang tidak tepat

Salah satu kesalahan umum seorang food photographer adalah mengambil sudut pengambilan gambar yang tidak tepat. Pengambilan angle mereka bukan berarti salah, tetapi tidak tepat apabila dilihat dari jenis makanan yang mereka potret.

HAHO - food photography bad angle
Apabila memotret burger lewat angle vertikal, itu akan menghilangkan bentuk keseluruhan makanan yang satu ini. Sumber: Dmagazine

Salah satu contohnya adalah ketika memotret makanan secara vertikal. Umumnya, angle kamera yang mengambil dari sudut atas makanan bukan sesuatu yang salah. Meski begitu, apabila makanan yang menjadi objek foto memiliki bentuk tiga dimensi yang khas, penggunaan angle vertikal tidaklah tepat. Hal itu karena akan menghilangkan tekstur, bentuk, serta bagian-bagian makanan yang gagal ditampilkan di gambar.

 

Pencahayaan yang gelap

Cahaya adalah kebutuhan utama dalam fotografi. Begitu pula dengan fotografi makanan. Seringkali, food photographer mengambil tempat foto di sebuah restoran yang kondisi pencahayaannya minim. Masalah lain adalah apabila arah cahaya terlalu frontal sehingga sulit untuk mengambil gambar dengan pencahayaan yang baik. Hasilnya, foto makanan pun terlihat kurang tampil menawan karena cahaya yang buruk.

HAHO - food photographer bad lighting
Cahaya yang minim akan sangat mengganggu penampilan makanan yang dipotret. Sumber: Flickr

Apa solusinya? Well, tidak ada cara lain selain mengambil gambar di tempat dengan cahaya yang memadai. Apabila memotret gambar di restoran, maka kamu harus pintar-pintar memilih tempat yang layak, ya!

Penggunaan lampu flash

Salah satu solusi yang kerap diambil food photographer ketika menemui pencahayaan gelap adalah dengan menggunakan lampu flash. Namun sayangnya, solusi tersebut bukanlah solusi yang paling tepat. Penggunaan lampu flash akan menimbulkan cahaya yang memantul pada objek foto yang kamu ambil. Imbasnya, foto akan menjadi terganggu oleh pantulan cahaya serta gambar pun tidak dikenai cahaya secara merata dan alami.

HAHO - food photographer direct flash
Menggunakan lampu flash bisa mengganggu objek foto akibat cahaya yang memantul. Sumber: Spicie Foodie

Styling yang berlebihan

Bagaimana kamu ingin menghias tampilan makananmu? Kesalahan lain seorang food photographer adalah terlalu memaksakan tampilan makanan yang akan ia potret. Biasanya kesalahan ini timbul bila dalam satu meja bisa ada banyak piring, hiasan, serta aksesoris yang sebenarnya tidak perlu.

Menentukan tema makanan adalah cara ampuh menghindari over styling pada sebuah foto. Sumber: Alphacoders

Salah satu cara menghindarinya adalah dengan membuat tema yang unik di setiap foto. Misalnya, kamu bisa menentukan tema makanan dessert, maka objek foto tersebut akan berkaitan dengan makanan penutup seperti puding, ice cream, atau buah-buahan.

Filter yang macam-macam

Biasanya seorang food photographer pemula merasa kurang lengkap bila tidak menggunakan filter pada foto makanannya. Nah, kesalahan mereka adalah menggunakan filter yang berlebihan sehingga mengurangi esensi dan warna asli dari makanan itu. Terkadang, warna makanan menjadi kemerahan, kekuningan, atau bahkan kebiruan. Yang jelas, warna tersebut sudah beda dari aslinya.

Filter bisa berguna untuk memperkuat warna pada makanan. Jangan gunakan secara berlebihan, ya! Sumber: Rainbow Photography

Well, sebenarnya penggunaan filter sah-sah saja kok! Namun, kamu mesti menggunakannya dengan porsi yang cukup. Filter bisa sangat dimanfaatkan untuk menambah efek dramatis atau bahkan membuat makanan menjadi lebih menggoda. Makanan yang banyak mengandung cabai, misalnya, bisa kamu tambahkan efek warna yang merona sehingga warna merah menjadi lebih menyala. Jangan takut bereksperimen, ya!

***

Nah, itu dia lima kesalahan yang kerap dilakukan oleh food photographer. Ingat baik-baik semua itu dan jadilah fotografer makanan yang kece dengan bergabung di HAHO.CO.ID!

You might also like