Cara Bikin Studio Foto Sendiri dengan Budget Minim!

Apakah kamu sering merasa terlalu boros dengan keharusan sewa studio foto setiap ada job?

Sebenarnya buat dapetin hasil foto yang bagus tanpa harus banyak ngeluarin uang, kamu harus punya studio foto sendiri. Selain hemat biaya, kamu juga akan lebih familiar berkreasi dalam sesi foto.

Gimana caranya ya? Tenang aja, di artikel HAHO kali ini, kita bakal bahas cara bikin studio foto sendiri dengan budget minim!

Pilih Ruang dengan Ukuran yang Sesuai

Hal pertama yang harus kamu pikirin adalah di mana space tempat tinggal kamu yang pas buat dijadiin studio. Bisa jadi kamar yang nggak terpakai, ruang tamu, atau juga garasi. Kalau kamu memotret dengan kamera lensa wide angle, reflektor dan alat pendukung lainnya, tentunya kamu harus memanfaatkan ruang yang paling besar.

studio foto
Pilih ruang yang pas untuk dijadikan studio. Sumber: The Photo Life

Buat Sumber Cahaya

Kamu bakal butuh sumber cahaya buatan untuk studio kamu. Peralatan lighting profesional bisa sangat mahal lho, dan dengan membuat sumber cahaya sendiri atau memanfaatkan cahaya natural, kamu bisa jauh lebih menghemat biaya. Gimana cara bikinnya? Jangan pusing, kita punya videonya.

Backdrop yang Menarik

Membuat backdrop sendiri dari bahan yang udah ada merupakan proses yang mudah dan menyenangkan. Nggak cuma itu, kamu juga bisa lebih hemat dibanding dengan memesan atau membeli di luar. Menggunakan rol tirai, kamu bisa menggantungkan kain berwarna atau bahan dasar lainnya sesuai keinginan.

studio foto
Backdrop menarik bisa memberi variasi pada foto kamu. Sumber: The Photo Life.

Baca Juga: Imajinasi Liar dalam Toy Photography!


Jangan Lupakan Props

Dengan budget terbatas, terkadang foto-foto yang kamu potret di studio kamu bisa kelihatan sangat mirip. Nah, hal ini bisa dihindari dengan mencoba kreatif dengan menggunakan props.

Kamu bisa aja beli di toko, tapi kalau kamu ingin lebih hemat lagi, kamu bisa menggunakan perabot rumah seperti barang antik, boneka, frame foto yang nggak terpakai, dan masih banyak lagi.

studio foto
Kamu bisa memakai barang di rumah kamu sebagai props. Sumber: Pinterest.

Printer adalah Suatu Keharusan

Kebanyakan fotografer bisa memakan waktu produksi berhari-hari, bahkan hingga berminggu-minggu. Tapi kalau kamu punya printer sendiri, kamu bisa memberikan hasil foto langsung kepada klien setelah sesi foto dan proses retouching selesai.

studio foto
Dengan printer sendiri, kamu bisa langsung kasih hasil jepretan kamu ke klien. Sumber: The Verge.

Buat Ruang Tunggu yang Nyaman

Mungkin aja kamu nggak kepikiran soal ruang tunggu. Tapi mengatur desain ruang tunggu jadi menarik ternyata bisa menambah kenyamanan klien sebelum dan sesudah sesi foto. Kamu bisa memanfaatkan ruang tamu, balkon, bahkan halaman rumah untuk dijadikan ruang tunggu.

studio foto
Ruang tunggu kamu juga bisa jadi tempat yang pas buat meeting dengan klien. Sumber: Pinterest.

 

Ternyata nggak begitu susah dan mahal kan untuk membuat studio foto sendiri?

Kalau kamu adalah fotografer yang pengen nunjukkin portfolio hasil jepretan kamu yang oke, yuk gabung di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga

Langkah-Langkah Menjadi Fotografer Model Profesional!

You might also like