Menangkap Momen Terindah Dalam Fotografi Wedding

fotografi wedding
Momen Kedatangan Pengantin Wanita dalam Pernikahan. Sumber: Unsplash.

Sebagai ‘one moment in a lifetime‘, pernikahan menjadi satu ajang yang perlu direkam dan disimpan oleh pemiliknya, agar setiap jejak kenangannya tidak hilang begitu saja. Fotografi wedding merupakan salah satu cara untuk mewujudkan itu semua. Dan tentunya, tanggung jawab sebesar itu harus dilakukan oleh orang yang tepat.

Dalam fotografi wedding, seorang fotografer harus memahami teknis serta keadaan sekitar untuk menghindari kesalahan dalam memotret momen yang tak terlupakan, yang ternyata nggak berhenti sampai situ aja.

Kamu seorang fotografer dan kepengen ngerti lebih jauh soal fotografi wedding? Intip tips dari HAHO berikut ini!

1. Buat Shot List

Membuat shot list adalah hal yang nggak boleh kamu lupakan dalam fotografi wedding. Buatlah shot list berisi daftar foto apa saja yang kamu perlukan dari awal hingga penghujung acara. Mulai dari momen apa saja yang harus kamu dapatkan, hingga daftar foto dengan keluarga atau relasi lainnya.

2. Koordinator Foto Keluarga

Salah satu bagian yang cukup sulit dalam fotografi wedding adalah sesi foto keluarga, baik dari faktor keramaian atau juga ketidaktahuan akan tamu mana saja yang merupakan keluarga dari pasangan pernikahan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menarik satu atau dua anggota keluarga pasangan sebagai koordinator yang bertugas untuk memanggil tamu-tamu ke lokasi foto keluarga.

fotografi wedding
Foto Keluarga dalam Suatu Acara Pernikahan. Sumber: Kelly in the City.

3. Perhatikan dan Pahami Lokasi Pernikahan

Kunjungilah lokasi pernikahan sehari sebelum Hari-H. Hal ini nantinya akan sangat membantu kamu dalam menentukan angle, posisi, lighting dan lain sebagainya, Dalam hari yang sama, kamu juga bisa melakukan test shot.

fotografi wedding
Pahami Lokasi Acara Pernikahan untuk Membantu Persiapan Kamu. Sumber: Unsplash.

4. Persiapan adalah Kunci Kesuksesan

Kamu bisa saja menghadapi banyak kesulitan selama acara berlangsung, jadi kamu harus mengumpulkan informasi tentang acara pernikahan sebanyak-banyak dan mempersiapkan diri untuk segala kondisi, misalnya dengan membawa baterai penuh beserta cadangannya, memory card kosong, rundown acara.


Baca Juga: Tips Fotografi Landscape yang Harus Kamu Perhatikan!


5. Diskusi dengan Kedua Pengantin

Kamu harus menunjukkan pada pasangan pernikahan seperti apa gaya fotografi kamu. Selain itu, cari tahu atau tawarkan foto atau video apa saja yang mereka inginkan, berapa jumlah shot yang diperlukan, dan momen apa saja yang harus diambil.

6. Jangan Lupakan Hal-Hal Detil

Selain mengambil foto momen secara keseluruhan dalam sebuah acara pernikahan, kamu juga sebaiknya mengambil foto hal-hal kecil, seperti cincin pernikahan, pakaian yang dikenakan pengantin, atau bahkan hiasan yang terdapat dalam lokasi.

fotografi wedding
Objek dalam Acara Pernikahan Bisa Menjadi Sesuatu yang Menarik. Sumber: Pexels.

7. Bawa Fotografer Kedua Jika Perlu

Dengan membawa partner ke dalam acara pernikahan, kamu bisa menghemat waktu dan energi ketika upacara dan pidato berlangsung, Diskusikan dengan partner kamu soal pembagian kerja sebelum acara dimulai.

8. Jangan Buang Foto-Foto yang Kamu Anggap Kurang Bagus

Kalau kamu adalah fotografer yang sering menghapus foto yang kurang disuka secepatnya, cobalah kurangi kebiasaan ini karena bisa saja kamu mengambil foto yang ternyata bernilai dan bisa dimasukkan ke dalam galeri. Ingat, foto-foto kamu nantinya bisa dipotong atau dimanipulasi sedemikian rupa menjadi lebih menarik.

***

Gimana? Udah tau tipsnya dalam fotografi wedding, apakah bikin kamu tertarik untuk nyoba? Kalo kamu tertarik dengan dunia fotografi atau seorang fotografer, yuk, sign up di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: Langkah-Langkah Menjadi Fotografer Model Profesional!