Tips Fotografi Landscape yang Harus Kamu Perhatikan!

Fotografi landscape bisa dibilang sebagai salah satu jenis fotografi yang mudah. Pada dasarnya kamu hanya perlu menemukan pemandangan yang bagus dan pencahayaan yang tepat dan voila! hasil foto kamu akan memukau banyak orang.

Seperti kita tahu objek fotografi landscape memang hal paling indah dan mudah untuk diabadikan, tapi terkadang hal yang terlihat mudah ini perlu mendapat atensi agar hasil fotomu jauh lebih oke lagi.

Misalnya dari hal sederhana seperti meriset tentang lokasi, waktu dan musim yang tepat kapan kita harus datangi, bisa mengubah hasil jepretan-jepretan fotografi landscape kalian.

fotografi landscape
Sumber: Boredpanda

Untuk tahu lebih lanjut, HAHO merangkum tips fotografi landscape yang harus kamu perhatikan sebelum mulai hunting foto!

1. Riset lokasi sebelum datang

Pelajari semua tentang medan yang akan kamu datangi, biasanya sudah banyak blogger atau vlogger yang mengunggahnya ke internet. Mulai dari pelajari letaknya, nama jalannya, dan kendala yang kira-kira yang akan kita hadapi di sana. Riset ini sangat berguna sekali kamu lakukan, kadang kita bisa mendapat informasi seperti letak-letak tersembunyi di sekitar daerah yag akan kita kunjungi dari melihat foto ataupun Google Maps.

2. Jangan terlalu mengikuti plan yang kamu buat

Udah riset, dicatat, kok jangan ngikutin plan banget? Bukan, bukan berarti plan yang kamu buat sia-sia, terkadang kita nggak pernah tahu dengan cuaca yang bakal kita hadapin. Cuaca tidak bisa diprediksi, tapi kita bisa tetap bersenang-senang dengan plan B dan bahkan sikap spontan.

3. Jangan selalu memotret di cuaca yang bagus

fotografi landscape
Sumber: Digital Photography School

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cuaca yang kurang bagus juga bisa menghasilkan mahakarya foto yang bagus. Misalnya saat akan terjadi badai atau saat badai akan membuat hasil foto lebih dramatis. Tapi pastikan kamu dalam posisi yang aman untuk mengambil foto, ya, #DoGeneration!

4. Jangan terlalu bermain dengan filter disetiap jepretan

Kadang filter yang kita gunakan bisa menjadi masalah saat retouch, jadi pelajari triknya. Atau lebih baik, jika kamu hanya menggunakan filter alami yaitu sinar matahari.


Baca juga: Potret Keindahan Dunia Lewat Tips Fotografi Alam Ini


5. Jangan selalu menggunakan angle wide-lense

Hampir 80% fotografer landscape pasti senang dengan angle wide. Hal itu sah-sah saja, karena pemandangan indah sayang jika tidak “ditangkap” semua dalam satu frame. Tapi sedikit kreativitas bisa membuat hasil foto kamu tidak monoton, ada objek-objek yang indah jika ditangkap sedikit lebih di-zoom.

6. Jangan hanya mengambil foto dari satu viewpoint

Rajinlah mengeksplor lokasi yang sedang kamu jelajahi dari banyak angle. Kamu mungkin akan mendapatkan angle dari yang memang ingin dilihat orang lain. Misalnya kita mengambil angle dari refleksi air. Keindahan malam di tengah kota akan lebih indah jika kita capture dengan menggunakan refleksi air.

7. Jangan hanya memikirkan warna

fotografi landscape
Air terjun di Pegunungan Jirisan. Sumber: Digital Photography

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kadang kita terbuai dengan komposisi warna asli dari si objek keindahan alam yang kita bidik. Warna natural dari objek memang cantik diabadikan, tapi tidak ada salahnya jika kita bermain di black and white.

8. Jangan terlalu banyak objek dalam satu frame

Ingatlah less is more, fokus dengan satu objek bisa menghasilkan foto dramatis yang bagus. Namun kadang kita suka kesulitan memilih kompisisi yang penting dalam satu frame dalam fotografi landscape. Perhatikan sekeliling dan pilih satu objek yang akan kamu jadikan “bintang” lalu gunakan foreground. Foreground adalah objek tambahan yang terletak di antara lensa dengan objek utama.

***

Gimana, sudah punya cukup gambaran tentang fotografi landscape? Jangan lupa untuk pamer hasil karya kamu ya di HAHO, tentunya setelah kamu bikin profil sebagai fotografer, ya, #DoGeneration!

 


Baca juga:

Suka fotografi konser? Coba intip tips-nya di sini!