Tips Memotret Makanan Agar Terlihat Menggiurkan

Tips memotret makanan menjadi hal yang perlu dipelajari sejak kebiasaan “foto dulu baru makan” semakin lumrah dilakukan oleh semua orang. Biasanya setelah foto mereka mengunggahnya ke media sosial.

Ya,  perkembangan teknologi banyak mempengaruhi kebiasaan seseorang dan tren. Tren ini tak sepenuhnya buruk, karena jika dulu tak banyak orang yang tertarik menekuni food photography sekarang semua orang melakukannya. Dari yang hanya bermodal smartphone sampai kamera profesional. Dari yang hanya sekedar iseng sampai menghasilkan uang.

Ada beberapa contoh orang yang bermula dari iseng-iseng nge-blog makanan sampai dikenal sebagai fotografer makanan, seperti Stanislaus Hans, Danial Subianto, Fellexandro RubyJulia Veronica dan Marius Tjenderasa.

Dalam food photography membuat makanan sebagai bintang sangat butuh ketelitian, baik dari segi pencahayaan, angle, sampai kreativitas. Berikut beberapa tips memotret makanan agar terlihat menggiurkan yang harus kamu perhatikan:

1. Cahaya Natural

Manfaatkan sumber cahaya alami alias matahari saat memotret makanan, tentunya dengan komposisi cahaya yang pas tidak terlalu panas nyentrik atau mendung. Jika memotret di dalam ruangan pilihlah tempat dekat jendela, karena cahaya yang masuk dari balik jendela sangat bagus untuk kesan natural. Namun jika sinar matahari yang masuk terlalu mentereng kamu bisa mengubah cahaya matahari menjadi soft dengan bantuan kain putih sebagai pantulan.

2. Cahaya lampu ruangan

Kalau memotret saat malam hari dan di restoran yang ruangannya berlampu remang gimana? Jangan khawatir, coba pilih meja yang pencahayaan lampunya paling terang lalu minta tolong temanmu untuk mengarahkan flash kamera handphone-nya ke arah makanan yang ingin difoto.

3. Eksplore angle foto

Tips memotret makanan Sumber foto: Digital Photography School
Tips memotret makanan (Sumber foto: Digital Photography School)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Food photography yang populer adalah top shot atau memotret dari atas. Tapi sebenarnya ada banyak angle yang bisa menghasilkan foto yang bagus. Ambil foto yang kamu inginkan, dan coba amibil dari angle lain karena variasi itu penting. Semakin banyak angle foto yang kamu eksplor, hasil fotomu juga tidak monoton.

4. Libatkan seseorang dalam frame

Orang sedang menuang makanan pada kuah sup, menyuap mie dengan sumpit atau memegang cangkir kopi akan lebih “hidup”.

5. Tampilkan makanan saat dimasak

Pernah lihat foto croissant yang baru matang dari panggangan? Terasa lebih lezat bukan? Yup, memotret makanan saat sedang dimasak juga mempunyai daya tarik yang lebih dengan makanan yang sudah tersaji di meja.

6. Lebih simpel lebih baik

Karena kita ingin menangkap semua “bintang makanan” dalam satu momen, nggak jarang kita menampilkan satu frame dengan padat termasuk dengan elemen-elemen pendukung si makanan. Hati-hati! Simpel lebih baik daripada terlalu heboh. Ruang kosong di sisi piring kadang memberikan contrast yang bagus untuk makanan.

7. Kenali objek makananmu

ramen-sbs

 

 

 

 

 

Makanan yang lezat sering kali disajikan dengan tampilan yang tidak cantik. Beberapa makanan di foto terlihat sangat jelek. Saat itu terjadi, coba mengambil bahan-bahan dari makanan yang kamu ingin foto, tapi pastikan kamu memperlihatkan detailnya. Lalu misalnya kamu ingin memotret mie atau es krim, kenali objeknya dengan baik maka kamu bisa menonjolkan tekstur terbaik dari makanan tersebut. Sama halnya dengan manusia, setiap makanan juga memiliki karakter unik.

8. Kenali gadget yang kamu pakai

Pelajari gadget yang kamu gunakan, atur setting sampai kamu merasa pas saat memotret. Hal ini berlaku dari smartphone sampai kamera profesional. Meskipun hasil foto yang bagus tidak tergantung dari gadget yang kamu gunakan, tapi setting foto yang tepat juga menentukan hasil foto yang bagus.

9. Be creative!

Potong steak dan tunjukkan bagian daging yang tender, remukkan biskuit di samping minuman cokelat dingin, tambahkan pernak pernik dekat dengan makanan, atau apa saja ide kreatifmu. Semua orang pasti punya sisi kreativitas sendiri, maka jangan ragu untuk mengerahkan sisi kreativitasmu. Dari semua tips memotret makanan, unsur kreativitas ini memegang peranan yang sangat penting. So, be creative!

***

Apakah kamu seorang spesialis pemotret makanan atau baru saja menggeluti fotografi makanan? Yuk gabung di HAHO untuk kenal lebih banyak kolegamu di bidang food photography sambil memamerkan hasil karya-karyamu.

 


Baca juga: 

Suka Fotografi Konser? Ini Tipsnya!

You might also like