Toy Photography yang Bikin Liar Imajinasi!

Fotografi dan mainan. Dua hal berbeda ini bisa dikombinasikan dan jadilah fotografi mainan! Kini genre yang kerap disebut sebagai toy photography itu menjadi hobi yang semakin digemari.

Lewat fotografi mainan, kita bisa mengekspresikan imajinasi dan fantasi kita yang paling liar sekalipun. Atur posisi mereka sedemikian rupa dan — jepret! Jadilah satu potret fotografi mainan yang keren!

Beberapa tips di artikel ini bisa kamu jadikan sumber ide untuk berbagai potret fotografi mainan yang menakjubkan. Simak yuk!

Buat mereka bercerita

Semua mainan datang dengan cerita! Action figures, boneka, pahlawan, sampai robot, semua punya latar belakang kisah yang bisa diceritakan. Nah, kamu bisa gunakan cerita itu sebagai tema dalam membuat toy photography yang unik.

HAHO - toy photography cerita
Semua mainan punya cerita. Manfaatkan cerita itu untuk gaya fotografi mainanmu! Sumber: Hotkenobi

Kita ambil contoh yuk! Action figure berupa pahlawan super sepeti Superman dan Batman tentu punya kekuatan masing-masing, bukan? Nah, kita bisa membuat mainan itu telihat bertenaga dengan meletakannya pada posisi yang membuat mereka menunjukan kekuatannya. Lakukan trick ini dan kamu akan temukan kemungkinan gaya yang jumlahnya tidak terhingga!

Memanusiakan mainan

Atur gaya mainanmu sebagaimana kamu memotret manusia. Dengan begitu, mereka bakal terlihat semakin ‘hidup’ dan asyik dilihat dalam foto. Kamu punya kebebasan untuk mengatur pose mereka, jadi atur semenarik mungkin ya!

HAHO - toy photography manusia
Manusiakan mainan dengan buat mereka seolah-olah sedang asyik bercengkerama! Sumber: Hotkenobi

Kamu juga bisa mengombinasikan banyak elemen yang di kehidupan sehari-hari ke dalam satu foto. Kamu bisa memanfaatkan rumput di halaman rumahmu yang terkena sinar matahari untuk memunculkan efek ‘alam liar’ yang eksotis! Di lain waktu, coba gabungkan mereka dalam sofa yang sama dan atur mereka agar terlihat akrab bercengkrama!

Jangan takut bereksperimen!

Satu hal seru dari toy photography adalah enggak ada aturan yang harus kamu ikuti. Artinya, sebagai sang fotografer, kamu bisa bereksperiman dan menemukan gayamu sendiri.

HAHO - toy photography tarung
Pow! Reka adegan pertarungan dua tokoh superhero bisa kamu lakukan dalam toy photography. Sumber: Hotkenobi

Salah satu gaya yang oke adalah dengan mereka ulang adegan pertarungan. Jika baru memulai hobi ini, tidak ada salahnya kamu memfollow akun-akun penggiat toy photography yang karyanya sudah dikenal dunia. Kamu bisa berinteraksi dengan mereka, berbagi tips dan tricks, sampai berkolaborasi untuk bikin karya-karya yang keren!


Baca Juga: Suka Fotografi Konser? Lihat 8 Tipsnya di Sini!


Indoor atau Outdoor

Dalam toy photography, kamu bisa mengambil gambar di dalam maupun luar ruangan. Nah, dua lokasi ini punya karakteristik yang berbeda. Untuk indoor, tempat seperti dapur, ruang tamu, hingga kamar bahkan garasi bisa kamu manfaatkan. Namun, perhatikan pencahayaan di sekitarmu ya! Kamu bisa memanfaatkan light box sederhana sebagai alat untuk membuat cahaya jatuh secara merata.

HAHO - toy photography indoor
Dengan pencahayaan yang pas, fotomu akan nampak lebih cantik. Sumber: Hrjoe Photography

Beda halnya di luar ruangan; cahaya matahari adalah cahaya natural yang oke buat objek fotomu. Di luar ruangan, kamu bisa coba pakai reflector sederhana untuk menghindari sisi bagian gelap objek fotomu. Lensa fixed seperti lensa 50mm f1.8 adalah lensa yang tepat untuk kesempatan ini. Lensa ini cukup murah dan mampu menangkap gambar dengan tajam. Coba deh!

It’s showtime!

Selesai dengan segala persiapan, kini waktunya unjuk kebolehan! Memotret mainan kesayangan tentu saja menyenangkan, tapi membaca respon dari teman-teman juga tidak kalah membahagiakan! Coba buat satu halaman Instagram khusus untuk foto-fotomu dan jadikanlah sebagai halaman karyamu.

HAHO - toy photography share
Sebagai seorang toy photographer, Edy Harjo konsisten membagikan karyanya lewat akun Instagram @hrjoe_photography. Sumber: Hrjoe

Faktor uang barangkali bukan sesuatu yang kamu kejar ketika memulai karier di bidang toy photography. Tapiii, ada kemungkinan karya kamu disukai banyak orang sampai akhirnya kamu mendapatkan tawaran kerja sebagai seorang fotografer mainan. Be consistent, be unique, dan jangan lupa show your great shots, ya, #DoGeneration!

***

Ternyata menjadi seorang toy photographer seru, kan? Kamu bisa menggabungkan dua hobi menjadi satu! Berniat serius di bidang ini? Gabung di HAHO.CO.ID sebagai photographer dan tunjukkan karyamu di sana, yuk!


Baca Juga:

Langkah-Langkah Menjadi Fotografer Model Profesional

You might also like