4 Tips Membuat Collage Art yang Unik!

collage art
Seni Rupa Kolase. Sumber: YouTube.

 

Dari banyaknya kategori seni rupa, apa kamu familiar dengan collage art?

Apa, sih, collage art itu? Secara konvensional, collage art atau seni kolase adalah sebuah bentuk karya seni rupa yang dibuat dengan mengumpulkan dan memposisikan potongan kertas, kain, foto, ataupun material lainnya ke dalam satu bentuk utama.

Bikin collage art memang butuh waktu. Tenang aja, di sini HAHO punya tips untuk membuat prosesnya jadi lebih menyenangkan!

 

Mulailah dengan Kolase yang Simpel

Kamu sebenarnya gak harus bikin collage art dengan materi dan ide yang terlalu kompleks. Yang penting, kamu harus punya ide atau tema yang menjadi gagasan utama kolase yang kamu buat.

Kamu disarankan menggunakan papan dari bahan plastik sebagai background dari kolase. Tapi jika kamu suka hal yang berbau natural, kamu bisa menggunakan papan tripleks. Untuk variasi materi yang akan dijadikan objek-objek utama, kamu bisa menggunakan potongan dari majalah bekas atau foto.

Kolase dari Potongan Halaman Majalah. Sumber: Crafthubs.

 

Tema Utama dalam Kolase

Tema utama yang akan kamu pakai dalam kolase bisa saja sangat simpel, bisa juga serumit mungkin. Kamu bisa menggunakan satu materi saja dalam kolase kamu, atau mengkombinasikan lebih dari satu materi untuk menambah nilai keunikan seni kolase yang kamu buat.

Contohnya, kamu bisa menggunakan unsur-unsur yang hanya berbau vintage dalam kolase kamu, atau menggabungkannya dengan potongan gambar yang terlihat lebih modern.

 


Baca Juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Digital Painting!


 

Menempelkan Materi

Untuk menempelkan materi ke dalam kanvas kolase, kamu sebetulnya nggak harus menyesuaikan dengan bahan dasar kanvas. Misalnya kalau kamu menggunakan lembaran plastik atau kayu sebagai background, maka kamu bisa memakai pin atau lem untuk menempelkan bahan-bahan ke kanvas. Tapi, jangan lupa juga untuk memahami material apa yang akan kamu tempel.

collage art
Collage Art dengan Materi yang Variatif. Sumber: Bored Art.

 

Terus Kembangkan Ide dan Kreasi Kamu

Begitu kamu sudah tahu dan memahami betul konsep dasar dari collage art, inilah saatnya kamu untuk mengembangkan ide dan kreasi.

Coba gunakan material yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya, dan buatlah pola-pola yang jauh lebih unik dan membutuhkan lebih banyak waktu dan keahlian.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba yang sedikit berbeda, kamu bisa juga, lho, bikin kolase versi digital dengan menggunakan Adobe Photoshop atau program grafis lainnya. Bahkan, kamu bisa jadiin karya kamu sebagai koleksi pribadi atau mata pencaharian.

 

Gak susah, ‘kan, buat bikin karya seni kolase?

Kalau kamu punya kumpulan karya kolase kamu banggakan, ayo gabung di HAHO.CO.ID buat pamer kebolehan kamu!

 


Baca Juga: Menggambar Kartun dengan Berbagai Posisi dan Ekspresi!