Newcomer di Dunia Visual Effect? Ini Caranya Biar Jago!

Visual effect dalam film adalah satu hal yang bikin penonton tergila-gila sama film. Nah, gimana kalo ternyata kamulah yang ada di balik pembuatan efek visual ‘gila’ di dalam film!

Nggak hanya dalam film tapi juga serial televisi dan iklan, visual effect pastinya terlihat makin keren dan nyata dari waktu ke waktu. Artinya, makin banyak juga kesempatan kerja buat kamu-kamu yang jago bikin visual effect.

Nah apa aja yang harus kamu lakukan biar bisa jadi kreator visual effect yang oke? Yuk baca artikelnya dari HAHO!

Visual effect adalah integrasi gambar tambahan dalam film yang nggak bisa dibuat dalam tahap produksi. Dengan bantuan komputer, kreator visual effect bisa membuat adegan suatu film jadi jauh lebih seru, mengagumkan, bahkan emosional. Gak percaya? Rasain aja bedanya.

Bakal keren banget kan kalo ternyata kamu yang bikin efek laser dan ledakan di film-film kelas dunia? Ini dia kumpulan tips yang bakal meningkatkan kesempatan kamu buat jadi kreator visual effect!

Coba simak langkah-langkah di bawah ini supaya tahu apa aja yang harus disiapkan sebelum terjun ke dunia visual effect!

1. Cari Ilmu di Sekolah Visual Effect

Ini adalah cara paling oke sebagai langkah pertama kamu menjadi kreator visual effect, dan bakal lebih baik kalau kamu dapet pengajar profesional yang punya pengalaman kerja di dunia film. Selain menambah skill dan pengalaman, kamu juga bakal punya kesempatan dapet kerja di dunia film lebih cepat.

efek visual
Visual Effect dalam film Planet of the Apes. Sumber: YouTube.

2. Jangan Cuma Fokus di Bidang Ini

Selain belajar serba-serbi efek visual, kamu juga harus tahu banyak soal seni, fotografi, dan bahkan alam di sekitarmu. Kenapa? Karena nantinya kamu akan didorong untuk membuat efek yang terlihat realistis. Untuk latihan, kamu bisa coba bikin film pendek dengan efek visual buatanmu.

efek visual
Pelajari juga fotografi, seni, dan fenomena alam. Sumber: Dexigner.

3. Punya Showreel yang Oke

Hal ini penting buat setiap #DoGeneration yang punya karir sebagai pembuat efek visual. Ketika kamu masuk tahap interview kerja, showreel kamu akan menjadi hal pertama yang dilihat. Buat showreel kamu seunik mungkin, dan menggambarkan keunggulan kamu dalam membuat efek visual.

efek visual
Visual effect yang realistis punya nilai sendiri, terutama dalam film action. Sumber: FXGuide.


Baca Juga: Peran Stunt Coordinator dalam Sebuah Film!


4. Terus Cari Inspirasi

Nggak ada salahnya kalau kamu cari inspirasi dengan mencoba adaptasi efek visual dari ahlinya. Selain itu, kamu juga nggak boleh takut bikin efek yang kamu belom pernah coba. Jadilah pembuat efek visual yang orisinil dan penuh passion.

efek visual
Kamu bahkan bisa cari inspirasi dengan menonton film. Sumber: Cinefex.

5. Buat Suasana yang Asik dengan Tim

Dalam industri film, serial televisi, maupun iklan, keselarasan dalam tim adalah segalanya. Terima saran atau kritik dari tim dan sebaliknya, dan coba untuk memberi kritik yang konstruktif. Orang-orang di sekitarmu bisa jadi kunci kesuksesan kamu lho, bahkan mereka bisa juga mengantar kamu ke level yang lebih tinggi di industri kreatif.

efek visual
Kerjasama tim penting dalam produksi film. Sumber: Pinterest.

***

Gimana #DoGeneration? Sekarang udah makin pede dong buat jadi pembuat visual effect yang dipuja dan dipuji pecinta film.

Sekarang gak perlu repot cari website berbayar buat bikin nama kamu naik daun di dunia film. Kamu bisa tunjukkin showreel dan portfolio kamu dengan gampang dan gratis HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: 5 Tips Buat Jadi Filmmaker Sekelas Hollywood!