Ingin Membuat Web Comic? Perhatikan 6 Tips Jitu Ini!

Kalian pasti nggak jarang melihat web comic, bukan?

Memiliki banyak variasi cerita dan gaya gambar, web comic cukup populer di berbagai media sosial. Dengan bentuknya yang singkat dan shareable, perkembangan web comic ini pun cukup pesat, dibantu dengan aktivitas pengguna Internet.

Kali ini, HAHO akan kasih kamu tips dalam membuat web comic yang menarik. Siapa tahu kamu bisa jadi komikus terkenal di dunia maya?

 

Jangan Terlalu Mengutamakan Kualitas

Kamu sebenarnya nggak perlu membuat komik yang terlihat begitu elegan dan penuh warna kalau itu memang bukan gaya kamu. Bahkan, web comic dengan garis-garis sederhana saja bisa terlihat menarik, lho.

web comic
Komik sederhana buatan Cyanide and Happiness. Sumber: Cyanide and Happiness.

Sempurnakan Ide dan Draft Komik Kamu

Jika ingin menggunakan gaya atau karakter tertentu dalam komik kamu, buatlah draft terlebih dahulu sebelum menyebarkannya ke dunia maya. Buat gambar dan pesan dalam komik kamu terlihat unik dibandingkan dengan komik online lainnya. Pastikan kamu memiliki dua unsur tersebut untuk memberikan sesuatu yang terlihat baru di mata pembaca. Misalnya, seperti Mice Cartoon yang selalu mengangkat tema-tema budaya sosial Indonesia dalam komik-komiknya.

web comic
Unsur Budaya dalam Komik Mice Cartoon. Sumber: Instagram Mice Cartoon.

 


Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Digital Painting!


 

Software dan Hardware untuk Membuat Web Comic

Banyak perangkat grafis yang bisa dijadikan sebagai media utama kamu untuk menggambar web comic, misalnya seperti software Adobe Photoshop dan Clip Studio Paint. Berbeda dengan Photoshop yang diciptakan untuk mengedit foto, Clip Studio Paint atau Manga Studio memiliki fitur yang lebih tepat untuk membuat komik, misalnya seperti pilihan brush yang terlihat natural dan tool untuk membuat panel komik sesuai keinginan kamu.

 

web comicTampilan fitur panel komik Clip Studio Paint. Sumber: SmithMicro Blog

Pilihan Cara Pembuatan Web Comic

Kamu akan memamerkan karya komik kamu di dunia maya, tapi kalau kamu merasa lebih ahli menggambar di atas kertas, kamu nggak harus melakukannya secara digital, lho. Kamu bisa kok menggambar secara konvensional, kemudian scan dan upload karya kamu. Tapi kalau kamu memilih metode digital, kamu bisa menggunakan tablet gambar seperti Wacom.

 

web comic
Wacom, salah satu brand tablet untuk menggambar digital. Sumber: Wacom.

 

Perubahan pada Gaya Gambar

Bukan hal yang aneh jika seiring berjalannya waktu, kamu memutuskan untuk mengembangkan atau memperbarui gaya gambar komik buatanmu. Jika demikian, artinya kamu akan mengeluarkan tenaga dan waktu ekstra, jadi buatlah jadwal posting yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika perlu, buatlah pengumuman singkat di website pribadi kamu agar tidak membingungkan pembaca nantinya.

 

Jangan Berhenti Share Komik Kamu di Media Sosial

Baik dalam dunia nyata atau maya, jangan berhenti menyebarluaskan konten kamu agar lebih dikenal oleh banyak orang. Informasikan ke teman-teman kalau kamu telah membuat web comic yang bisa menarik perhatian mereka, dan jangan malu untuk meminta bantuan mereka untuk share konten kamu ke media sosial. Selain itu, aktiflah di berbagai media sosial dan jika kamu memiliki website sebagai galeri pribadi, sediakan tombol share pada setiap komik yang kamu buat.

 

Gimana? Cukup membantu, ‘kan? Untuk kamu yang punya keahlian membuat web comic, ayo gabung sekarang di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: Tips Menggambar Kartun dengan Berbagai Posisi dan Ekspresi!


 

You might also like