6 Cara Membuat Cerita Film Pendek yang Menarik

Buat kamu yang tertarik dengan dunia film, pernah punya keinginan untuk membuat film pendek?

Selain biayanya yang lebih murah dibandingkan film full-length, perkembangan media juga mendorong pesatnya kehadiran film pendek. Hingga kini, banyak bermunculan film-film berdurasi singkat yang berfungsi sebagai media hiburan atau bahkan iklan produk atau jasa suatu perusahaan.

Mau tau saran-saran membuat film pendek yang oke? Ayo simak di sini!

 

Film Pendek, genre film Semakin Populer. Sumber: Pexels

 

Ekspektasi Jangan Terlalu Tinggi, tapi Tetaplah Optimis

Memiliki goal dan aspirasi yang melebihi batas memang bagus, tapi dalam pembuatan film pendek, sebaiknya kamu berpikir realistis terlebih dahulu agar nantinya tidak repot memikirkan pembuatan adegan atau perspektif yang setara dengan film papan atas. Yang penting, fokus pada penyampaian cerita, treatment, dan penyempurnaan film kamu.

 

Cerita yang Bisa Disampaikan dengan Singkat

Keuntungan dari short film adalah kamu bisa memberi impact yang kuat kepada penonton dengan cepat. Kamu memiliki durasi yang terbatas ketika membuat film, jadi pikirkan ide utama film kamu secara matang. Buat isi cerita film kamu singkat, to the point, dan hindari dialog juga adegan yang keluar dari jalur film kamu.

film pendek
Pembuatan Film Pendek. Sumber: Pexels.

 


Baca Juga: Film-film Fashionable yang Harus Kamu Tonton!


 

Ide Visual yang Sesuai untuk Film Pendek

Kamu tidak harus mengutamakan dialog sebagai unsur utama. Ingat ungkapan “Show, don’t tell.” Dalam kebanyakan film yang berdurasi singkat, unsur visual adalah yang paling menarik bagi penonton. Bahkan, kamu bisa membuat film singkat tanpa dialog sama sekali.

film pendek
Visual dalam Genre Film Ini adalah Prioritas. Sumber: Pexels.

 

Perkuat Karakter dalam Film Pendek Kamu

Karakter yang memorable biasanya adalah inti dalam short film. Buat penonton semakin tertarik dengan film kamu dengan menggunakan karakter yang otentik, realistis, dan masuk akal. Buat karakter film kamu sekuat mungkin, karena mereka jugalah yang akan membuat film kamu semakin diingat nantinya.

 

Dengan Durasinya yang Pendek, Jangan Lupakan Inti dalam Cerita

Dari seluruh adegan dalam film kamu, sampaikan inti cerita kamu pada momen yang sempurna agar kamu bisa membuat penonton tetap terhibur dari awal hingga akhir film. Buat penonton merasa menjadi bagian dalam filmnya dan bangun imajinasinya.

 

Twist Sangat Membantu Agar Film Kamu Semakin Mudah Diingat

Jika perlu, gunakan adegan-adegan yang berada di luar dugaan penonton dalam film kamu, terutama di awal dan di akhir film. Bangun ekspektasi penonton, buatlah mereka penasaran dan menunggu kejadian besar apa yang akan terjadi di akhir film kamu.

 

Tenyata nggak begitu sulit, ‘kan, membuat cerita dalam film pendek? Kalau kamu ngerasa jago bikin film pendek, ayo pamerkan karyamu di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: Unsur-unsur Menarik dalam Poster Film!