Ini Dia Kriteria Poster Film yang Mengundang Perhatian!

Kamu telah membuat film, lalu bagaimana caranya memperkenalkan karya visual kamu ke dunia? Ya, salah satunya adalah melalui poster film.

Poster film gak cuma sekedar gambaran judul dan aktor di dalamnya, lho. Ternyata, banyak hal yang harus ditunjukkan dan diperhatikan untuk membuat poster yang bisa mengundang perhatian penonton.

Apa aja, ya, kriterianya? Tenang, di sini HAHO bakal kasih kamu tips untuk membuat poster film yang efektif untuk promosi.

Keep It Simple!

Ya, kamu tak perlu memasukkan segala informasi ke dalam poster film yang kamu buat, selama subjek utama film kamu sampai dengan jelas ke pecinta film. Tonjolkan dengan jelas subjek yang ingin kamu sampaikan, dan jangan sampai terlihat membingungkan.

poster film
Poster simpel film Nagabonar Jadi 2 (2007) garapan Deddy Mizwar. Sumber: Inspirator Freak.

Posisi dan Ukuran Judul

Tentu kamu ingin orang-orang mengingat judul film kamu, ‘kan? Hal itu bisa didapatkan dengan menempatkan judul film kamu di posisi yang paling berpotensi untuk menjadi perhatian utama, dan tidak terkesan mengganggu grafis dalam posternya. Ukuran dan jenis font yang menarik juga sangat membantu agar film kamu mudah diingat.


Baca Juga: Tips Hemat Produksi Film Pendek Buat Kamu!


Tak Harus Menjadikan Protagonis Sebagai Objek Utama

Memang hampir semua film berfokus pada kisah protagonis, tapi sebenarnya karakter utama film kamu tak selalu harus ada dalam posternya. Yang penting, gambaran inti cerita film kamu bisa sampai dengan jelas ke pecinta film. Misalnya seperti poster Rectoverso (2013) di bawah ini.

poster film
Poster Film Rectoverso (2013). Sumber: Gali Sinema.

Kontras

Untuk menonjolkan objek pada poster, kamu bisa memanfaatkan kontras pada poster (misalnya area gelap dan terang) sebagai acuan penempatan judul atau konten grafis dalam poster kamu.

Sesuaikan dengan Genre

Jika film kamu bergenre komedi romantis, akan terlihat menyimpang kalau kamu menggunakan dominasi warna hitam dan unsur grafis mengerikan, misalnya seperti gambar pohon kering atau rumah tua. Jadi gunakanlah elemen yang sesuai dengan film kamu. Misalnya dominasi warna merah muda untuk film romance, atau juga efek ledakan pada film action.

Hindari Penggunaan Warna yang Berlebihan

Poster film harus jelas dan menarik, tapi variasi warna yang berlebihan pada poster film bisa mengganggu fokus utama. Jadi, disarankan untuk mengutamakan keseimbangan warna dalam poster yang kamu buat. Contohnya poster Ayat-Ayat Cinta (2008) yang dominan menggunakan warna biru muda.

poster film
Poster Film Ayat-Ayat Cinta (2008). Sumber: Flixster.

Poster Film Bukanlah Media Seni

Sebuah poster memang memiliki nilai seni bagi sebagian orang, tapi ingat, inti utama dari pembuatan poster ini adalah mempromosikan film kamu. Buat poster yang menarik, tapi diimbangi dengan informasi yang jelas tentang film kamu.

***

Ternyata membuat poster film tidak begitu repot, ‘kan? Dengan pengetahuan teknik yang cukup, kamu bisa membuat poster film dengan penyampaian pesan yang jelas dan menarik untuk penonton.

Kalau kamu adalah desainer poster yang oke, kamu bisa gabung di HAHO.CO.ID buat pamer kebolehan kamu!


Baca Juga:

Inilah Film-Film Indonesia yang Mendunia!

 

You might also like