Suka Desain Editorial? Lihat 7 Tipsnya di Sini!

Kamu yang hobi desain grafis pernah pengen coba main di dunia desain editorial gak sih?

Keahlian dasar yang harus kamu punya dalam desain editorial emang sama dengan bentuk desain grafis lainnya, tapi pastinya kamu butuh keahlian yang lebih spesifik untuk tipe desain grafis yang satu ini.

Penasaran apa yang harus diingat dalam desain editorial? Yuk, kita baca artikelnya!

Audience sebagai Tujuan Desain Kamu

Ketika kamu meluncurkan publikasi atau memperbarui desain yang sudah ada, kamu harus mengenal audience kamu dan buat desain editorial yang sesuai dengan karakter mereka. Kamu harus bisa membuat audience merasa familiar dengan desain kamu, baik dari segi tone and manner dan visual desain kamu.

Buat Cover yang Menarik

Baik publikasi tingkat nasional maupun independen, cover adalah bagian yang paling penting dalam publikasi. Kamu harus membuat cover kamu menarik perhatian dan bisa membuat penasaran tanpa melupakan penyampaian inti dari publikasi yang kamu buat.

desain editorial
Contoh cover yang efektif menarik perhatian. Sumber: Inspirationde.

Gunakan Garis Bantu

Dalam desain editorial, garis bantu adalah hal yang nggak bisa kamu lupain karena sangat berguna untuk membuat isi publikasi kamu terlihat rapi dan terstruktur. Menggunakan garis bantu, kamu bisa menentukan posisi dan ukuran copy dalam majalah kamu, berikut gambar di dalamnya.

desain editorial
Garis bantu (grid) dalam desain halaman editorial. Sumber: Ahmed Alper VA301.

Tipografi

Desain editorial yang baik harus memiliki struktur tipografi yang kuat, mulai dari tampilan headline dan body copy. Pilihan tipografi nggak hanya memberi keunikan pada tampilan visual desain kamu, tapi juga bisa mengarahkan ke mana audience harus membaca.


Baca Juga: 8 Tips Membuat Infografik untuk Para Desainer Grafis!


Jangan Takut dengan Negative Space

Nggak selalu ruang kosong dalam halaman editorial kamu harus diisi. Kadang, foto atau bentuk grafis lain dalam halaman kamu bisa memberi impact yang lebih kuat dengan dukungan negative space. Selain itu, negative space juga berfungsi untuk membuat headline semakin menarik.

desain editorial
Ruang kosong bisa memberi nilai artistik tersendiri. Sumber: Creativebloq.

Buat Untuk Lebih dari Satu Platform

Baik kamu mendesain untuk media cetak atau digital, pastikan desain keduanya tidak terkesan berbeda antara satu sama lain. Kamu bisa berlatih dengan membuat desain untuk media digital terlebih dahulu, kemudian pastikan editorial digital tersebut bisa terbaca secara maksimal di media cetak dengan menggunakan variasi resolusi lain.

desain editorial
Buatlah desain untuk segala platform. Sumber: Creativebloq.

Keunikan adalah Segalanya

Melihat perkembangan industri desain yang berkembang sangat pesat, kamu harus bisa membuat ide dan desain yang unik dan terlihat lebih menarik dibandingkan desain kompetitor. Jadi kamu harus bisa membuat desain yang terkesan berbeda dengan berbagai desain yang sudah ada.

***

Gimana, #DoGeneration? Sekarang udah tau cara bikin desain editorial yang nggak bakal kalah ngetop dong.

Kalau kamu ngerasa pede disebut desainer grafis yang jauh lebih unik dibandingkan dengan yang lain, yuk gabung di HAHO.CO.ID!


Baca Juga:

Tips Manipulasi Foto dengan Adobe Photoshop!

You might also like