Tips Manipulasi Foto dengan Adobe Photoshop

manipulasi foto
Manipulasi Foto Kapal dalam Botol. Sumber: Pinterest.

Buat kamu yang sering ngedit foto dengan Adobe Photoshop, pernah denger teknik manipulasi foto?

Apa, ya, manipulasi foto itu? Manipulasi foto adalah proses di mana kamu menggunakan berbagai teknik dan aplikasi untuk mentransformasi atau menggabungkan beberapa gambar hingga menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda.

Kali ini, HAHO bakal kasih kamu contoh-contoh karya manipulasi foto dan beberapa tips yang pastinya bisa ngebantu kamu!

 

Foto/Gambar dengan Resolusi Tinggi

Karena kamu nantinya akan bermain dengan ukuran foto, sebaiknya kamu siapkan foto-foto dengan resolusi tinggi sebagai “bahan dasar.” Kenapa? Karena tentunya kamu nggak mau hasil akhir manipulasi foto kamu terlihat buram atau pecah, dong. Kalau kamu dapat foto/gambar dengan ukuran yang berbeda-beda, jadikan yang terkecil sebagai acuan utama sebelum memulai.

 

Cahaya dan Bayangan

Kalau elemen-elemen dalam foto/gambar kamu memiliki pantulan cahaya dan bayangan yang berbeda, hasil akhir karya kamu bisa terlihat janggal, lho. Salah satu hal paling penting dalam memanipulasi foto adalah membuat gambar yang mendekati realita, jadi kamu sebaiknya pahami bagaimana sumber cahaya mempengaruhi suatu objek.

manipulasi foto
Contoh Cahaya dan Bayangan yang Tepat dalam Karya Manipulasi Foto. Sumber: Wall Devil.

Perspektif

Jangan sampai objek dalam karya kamu terlihat memiliki skala yang nggak pas. Cara terbaik untuk memastikan tiap elemen memiliki skala yang tepat adalah memahami unsur perspektif dalam foto. Untuk melakukannya, kamu bisa membuat garis bantu atau menggunakan fitur Perspective pada Photoshop.

manipulasi foto
Perspektif adalah Hal yang Harus Diperhatikan dalam Manipulasi Foto. Sumber: Alpha Coders.

Fitur Dodge dan Burn

Karya manipulasi foto yang bagus nggak selalu harus terlihat realistis. Kadang, suatu karya manipulasi foto bisa dibilang bagus ketika hasilnya memiliki gaya dan warna yang kuat, juga pantulan cahaya dan bayangan yang masuk akal. Nah, untuk mendapatkan hal itu, kamu bisa menggunakan Dodge pada bagian cahaya yang ingin diperkuat, dan Burn pada bagian yang ingin kamu gelapkan.

 


Baca Juga: Tips 3D Modeling yang Oke untuk Pemula


Gunakan Tekstur yang Terlihat Nyata

Menambah tekstur dalam proses memanipulasi foto adalah cara tercepat untuk menambahkan unsur-unsur detil seperti kayu dan objek berbahan kulit. Selain itu, hal ini juga lebih praktis dibandingkan menggambar tekstur pada berbagai objek dalam karya kamu.

manipulasi foto
Berimajinasi dalam Karya Manipulasi Foto. Sumber: Unisci24.

Jangan Malu Menggunakan Photoshop Actions

Photoshop Actions bisa bikin proses manipulasi foto kamu jadi lebih cepat dengan mengerjakan bagian-bagian yang memakan waktu secara otomatis. Selain itu, Photoshop Actions juga bisa digunakan untuk membuat efek-efek menarik dan lebih cepat dibandingkan membuat secara manual.

manipulasi foto
Efek yang Bisa Didapat Menggunakan Photoshop Actions. Sumber: Design Tutsplus.

Belajar Menggunakan Drawing Tablet

Kalau kamu masih menggunakan mouse untuk menyelesaikan karyamu, kamu disarankan untuk menggunakan drawing tablet. Kenapa? Setiap tool di Photoshop yang berbasis brush dapat dimanfaatkan secara maksimal menggunakan fitur pressure pada drawing tablet.

Artinya, kamu nggak perlu repot mengatur ukuran brush setiap kali mau mengerjakan objek-objek kecil.

manipulasi foto
Drawing Tablet Wacom Intuos. Sumber: B&W.

Terus Cari Inspirasi dan Berlatih!

Supaya tambah jago dalam memanipulasi foto, kamu harus terus berlatih dan mendedikasikan diri untuk membangun skill yang oke. Salah satu caranya adalah membuat dirimu terus tertarik dan termotivasi dengan membuat satu folder yang berisi conton-contoh karya manipulasi foto dan seni digital lainnya yang menginspirasi kamu.

Kamu bisa cari inspirasi di berbagai website seni seperti ArtStation atau DeviantArt, atau juga menonton tutorial yang ada di YouTube.

 

Gimana, #DoGeneration? Sekarang bisa makin jago bikin karya manipulasi foto, dong.

Kalau kamu desainer grafis yang oke dan pengen nunjukkin karya-karya kamu, ayo gabung di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: 8 Tips Membuat Infografik untuk Para Desainer Grafis!