8 Tips Membuat Infografik untuk Para Desainer Grafis!

infografik
Contoh Komposisi Infografik yang Baik. Sumber: Infographic List.

Kamu yang suka eksplorasi di Internet pastinya kenal dengan infografik, dong.

Melihat ngebutnya perkembangan bentuk informasi yang satu ini, pasti kamu pengen tahu gimana caranya bikin infografik yang enggak kalah keren dengan yang lain.

Mungkin kamu pikir cukup sulit untuk membuat desain infografik yang sempurna, tapi jangan panik, karena HAHO punya tips yang oke di sini!

 

Buat untuk Target Audience yang Tepat

Buatlah info yang spesifik di dalamnya. Posisikan dirimu sebagai target audience, lalu tentukan tema desain utama seperti apa yang tepat untuk mereka. Visual infografik dan informasi yang kamu buat harus menarik perhatian, dibantu warna dan gambar yang sesuai dengan target audience.

infografik
Infografik Tentang Fakta di Balik Harga Makanan. Sumber:

 

Keep It Simple

Keuntungan menggunakan media yang praktis ini adalah kamu bisa menjelaskan informasi rumit ke dalam bentuk visual. Meski begitu, kamu sebaiknya membuatnya sesimpel mungkin, jadi tampilkan informasi secara singkat namun menarik dan bisa membuat audience tetap membaca hingga akhir.

 

Jangan Keluar Jalur

Simpel juga berarti terfokus. Jangan menjadikan gambaran informasi yang kamu buat hanya berisi tentang fakta dan tampilan statistik semata. Info dalam media ini nggak hanya berisi tentang data, tapi juga harus tetap harus relevan dengan tema inti informasi utama.

 

Tampilkan Info Secara Visual

Infografik yang baik punya keseimbangan antara visual dan informasi yang tertulis. Misalnya kamu menggunakan font dengan warna yang terlihat mencolok untuk hal-hal yang paling kamu anggap penting. Dengan begitu, audience nggak akan merasa kamu hanya menampilkan informasi.

infografik
Infographic Pengguna Google Chrome. Sumber: eLearning Infographics.

 


Baca Juga: Kriteria Poster FIlm yang Mengundang Perhatian!


 

Buat Ukuran yang Sesuai

Karena banyaknya informasi yang dimasukkan, terkadang kamu harus mengecilkan ukuran awal infografik yang kamu buat dan artinya, tulisan di dalamnya akan kecil pula. Jadi, jangan gunakan ukuran font yang terlalu kecil untuk dibaca.

 

Buat Headline yang Menarik

Sama seperti proses membuat artikel atau bentuk berita lainnya, sangat penting untuk mendapatkan perhatian audience menggunakan headline yang menarik. Headline yang kamu buat harus menjelaskan inti dari informasi yang akan kamu sampaikan dan mudah dipahami pembaca.

 

Periksa Ulang Fakta di Dalamnya

Terdapat data dalam hampir setiap infografik, jadi pastikan data-data di dalamnya sudah akurat atau sesuai dengan realita, mulai dari statistik, sumber yang terpercaya, dan data yang kamu cantumkan disampaikan dalam grafis yang menarik dan mudah dipahami.

infografik
Infografik World Octopus Day. Sumber: Eric Rettberg

Jangan Lupa untuk Mencantumkan Sumber

Hanya karena kamu menyampaikan informasi berbasis visual, bukan berarti kamu bisa melupakan tampilan sumber dari mana kamu mendapatkan informasi. Gunakanlah data yang akurat dan terkini, jangan sampai pembaca menganggap info kamu sudah ketinggalan jaman hanya karena kamu mencantumkan sumber lama.

 

Jadi makin paham cara membuat infografik yang oke, ‘kan? Kalau kamu adalah desainer yang juga jago, yuk, join HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: 4 Sekolah Animasi Terbaik di Indonesia!