Tips 3D Modeling yang Oke untuk Pemula

3d modeling
3D Modeling Mobil Sport. Sumber: Pluralsight.

 

Setiap pelaku 3D Modeling profesional pasti pernah bertualang menjalani proses panjang hingga benar-benar memiliki skill yang dirasa pantas dipamerkan.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam 3D Modeling, kamu pastinya harus punya passion yang tinggi dengan dunia komputer, paham dengan penempatan objek dalam satu ruang, dan kreatif.

Begitu kamu ngerti dasar 3D Modeling, kamu bisa mendapatkan banyak peluang kerja di berbagai industri, lho, mulai dari arsitektur hingga creativetainment. Apa aja, ya, skill yang harus dimiliki seorang 3D Modeler? HAHO bakal jelasin ke kamu di sini!

 

Pahami dan Kuasai Software 3D Modeling

Software 3D Modeling adalah alat yang pasti kamu gunakan untuk bekerja, tapi, jangan lupa kalau kamu juga harus mempelajari dan menguasai fitur-fitur yang dimiliki software tersebut secara maksimal. Kalau kamu adalah seorang pemula, kamu disarankan untuk menggunakan software 3D Modeling berbasis open-source untuk belajar yang juga hemat biaya, misalnya Sketchup, Blender, Netfabb Basic, Tinkercad, dan masih banyak lagi.

3d modeling
Tampilan SketchUp, Software 3D Modeling. Sumber: ArchDaily.

Jangan Terburu-buru

Bagi beberapa orang, membuat objek 3D nggak bisa dipelajari semudah itu. Jadi janganlah terburu-buru. Yang penting, pahami tiap langkah dalam prosesnya, dan jangan nyerah kalau menemukan kebuntuan. Selain itu, jangan langsung membuat project yang menurut kamu terlalu kompleks.

 

Belajar Melalui Berbagai Tutorial

Banyak tutorial yang bisa kamu temukan di Internet, mulai dari video, guideline, manual, hingga forum di mana kamu bisa menemukan informasi seputar dunia 3D Modeling yang ingin kamu tahu. Terkadang seorang 3D Modeler profesional menemukan kesulitan juga, lho, jadi jangan malu untuk bertanya pada orang yang ahli. Dan banyak-banyaklah menonton video panduan yang kamu butuhkan.

 


Baca Juga: 4 Sekolah Animasi Terbaik di Indonesia!


 

Mulai dari Objek yang Simpel

Sebagai tahap awal pembelajaran, kamu bisa mulai dari membuat objek-objek yang simpel, seperti bentuk kotak, lingkaran, dan piramid agar kamu paham dengan dasar-dasarnya. Kalau sudah merasa paham, barulah kamu bisa membuat objek-objek 3D yang lebih kompleks. Hal ini akan mengajari kamu pendekatan dan proses yang tepat.

 

Ketahui Area Cetak 3D Printer Kamu

Kamu harus tahu ukuran area cetak 3D printer untuk memastikan objek yang kamu buat sesuai ketika dicetak. Selain itu, kamu juga harus mengetahui ukuran objek yang akurat kalau kamu berencana untuk memotongnya membagi beberapa bagian.

3d modeling
Proses 3D Printing. Sumber: PCMag.

 

Pastikan Format File 3D Kamu Bisa Dicetak

Ada variasi format file model 3D, misalya seperti .STL dan .OBJ. Begitu model yang kamu buat telah dikonversi, periksa kembali apakah terdapat error atau kejanggalan lainnya. Netfabb adalah salah satu software yang memiliki fitur error checking.

 

Nah, udah paham dasar-dasar 3D Modeling setelah baca artikel ini, dong. Kalo udah ngerasa jago dan pengen mamerin keahlian kamu, ayo gabung di HAHO.CO.ID!

 


Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Digital Painting yang Tidak Kamu Sadari!