5 Rahasia Sportscaster Bikin Pertandingan Makin Seru

Tau gak sih apa yang bikin event olahraga jadi makin menarik ditonton? Ya, jawabannya adalah sportscaster.

Selain ngejelasin hal menarik apa yang terjadi dalam suatu event olahraga, tentunya seorang sportscaster harus tetap membuat penonton tetap fokus dan ngerasain serunya permainan.

Nah, apa aja sih rahasia di balik kehebohan para sportscaster? Tenang, HAHO bakal kasih bocorannya buat kamu!

Persiapkan Diri

Selalu siapkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum permainan dimulai. Dengan begini, kamu bisa lebih lancar dalam “menceritakan” perjalanan permainan kemudian tanpa melupakan hal detil, misalnya seperti nama pemain, nomor punggung dan julukan. Semakin familiar kamu dengan pelaku dalam permainan, semakin lancar kamu berbicara.

sportscaster
Pahami pelaku permainan sebelum prakter menjadi sportscaster. Sumber: YouTube.

Tunggu Momen, Jangan Jelaskan Semuanya

Kamu nggak perlu nyebutin semua hal yang terjadi dalam sebuah permainan. Kenapa? Karena penonton bisa melihat semuanya. Jadi, sebagai sportcaster kamu harus bisa memilih momen mana saja yang bisa kamu bikin tambah seru dengan suaramu.

sportscaster
Pilih momen yang pas untuk dikomentari. Sumber: YouTube.

Ucapkan Apa yang Kamu Tahu

Sebagai sportscaster, kamu harus bisa memberi gambaran informasi yang menarik yang terkait dengan permainan, misalnya seperti kota kelahiran pemain atau seberapa besar kesempatan masing-masing tim untuk memenangkan pertandingan. Tapi ingat, jangan sampai kamu kedapetan salah ucap karena kamu bakal kelihatan kurang persiapan.

sportscaster
Selalu buat dirimu terdengar meyakinkan. Sumber: Daily Gazette.

Baca Juga: 4 Sekolah Presenter yang Oke di Jakarta!


Bawa Passion ke Dalam Permainan

Kamu harus bisa membuat penonton merasakan emosi momen-momen menarik dalam permainan, tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kamu menyampaikannya. Misalnya seperti menggunakan suara yang terdengar lebih seru ketika seorang pemain berlari menggiring bola, mendekati gawang lawan.

sportscaster
Buat penonton merasakan emosi permainan. Sumber: Chicago Tribune.

Biarkan Suaramu Terus “Mengalir”

Kamu nggak perlu khawatir jika kedapetan salah ucap nama pemain, skor, atau fakta soal salah satu pemain di lapangan. Hal ini bisa saja terjadi, tapi ada juga kemungkinan penonton nggak terlalu memperhatikan. Inilah kenapa kamu nggak perlu khawatir kalau melakukan kesalahan, yang penting, jangan sampai alur komentar kamu mendapat gangguan.

***

Gimana #DoGeneration? Udah tau kan apa aja yang bisa bikin kamu jadi sportcaster seru?

Kalau kamu ngerasa punya skill yang oke sebagai sportscaster, ayo gabung di HAHO.CO.ID dan tunjukin kebolehan kamu!

 


Baca Juga:

Tertarik Jadi Penyiar Radio? Perhatikan 5 Unsur Ini!